Tampil Percaya Diri Dengan Rambut Sehat dan Bebas Botak



Tampil Percaya Diri Dengan Rambut Sehat dan Bebas Botak
The image is Pixabay property


Memiliki rambut indah, hitam dan berkilau akan memancarkan pesona kecantikan wanita sehingga akan menambah rasa percaya diri atau dengan kata lain akan  tampil  percaya diri dengan rambut sehat dan bebas botak.

Namun untuk mewujudkan harapan tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, karena dibutuhkan perhatian khusus dan tak jarang orang rela menghabiskan banyak uang, apalagi ketika rambut bermasalah seperti mudah rontok, gatal, bahkan rambut semakin menipis sehingga lama-kelamaan akan mengakibatkan kebotakan, hal ini akan semakin merepotkan, semakin minder dan akhirnya membuat tidak yakin akan tampil percaya diri dengan rambut sehat dan bebas botak. Ternyata pemakaian shampoo dan vitamin rambut yang berlebihan juga bisa menjadi biang keladi kerusakan pada rambut.

Rambut merupakan mahkota bagi kaum hawa. Semakin indah rambutnya, aura dan pesona kecantikannya akan semakin terpancar. Jika Anda ingin mendapatkan rambut sehat dan terbebas dari masalah rambut rontok dan botak,  sehingga Anda akan tampil percaya diri dengan rambut sehat dan bebas botak, maka artikel ini cocok dan direkomendasikan buat Anda.

Dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan pakar rambut profesional di dunia, menunjukkan bahwa penyebab terjadinya rambut rontok bisa karena beragam etiologi atau penyebab, diantaranya:

1. Kekurangan Asupan Vitamin B12 dan Zat Besi

Vitamin B12 Plus Zat Besi  merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, termasuk pada kesehatan rambut, Anda bisa lihat pada anak yang mengalami malnutrisi (Gizi buruk) salah satu cirinya adalah rambut mudah rontok dan bisa tercabut bila dipegang, ini menunjukkan kekurangan nutrisi termasuk vitamin B12  akan memicu rambut rontok.

2. Penggunaan Alat Pengering Rambut Berlebihan

Alat pengering rambut (Hair Dryer) terkadang  sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pengeringan rambut setelah keramas, terutama bagi kaum wanita, apalagi jika termasuk wanita yang sangat sibuk, sehingga semua harus berkejaran dengan waktu dan harus serba cepat. Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan hair dryer yang terlalu sering dan juga terlalu panas akan memicu kerontokan rambut dan kesehatan rambut pada umumnya.

3. Faktor Genetik (keturunan), Hormonal

Menurut hasil penelitian pakar rambut, kebotakan dan rambut rontok juga dipengaruhi faktor genetika atau keturunan dimana jika orang tua menderita kebotakan, maka salah satu anak atau anggota keluarga akan mengalami hal yang sama, termasuk juga faktor hormonal sperti pada ibu hamil dan pasca melahirkan (post partum) dimana konsentrasi hormon estrogen yang cenderung tidak stabil akan menyebabkan rambut Ibu hamil menjadi rontok, namun biasanya hanya bersifat sementara (reversible).

4. Perawatan dan Nutrisi Rambut Yang Tidak Adekuat

Rambut juga memerlukan nutrisi yang cukup seperti halnya kita memerlukan makan dan minum, dan asupan vitamin agar tetap sehat, nutrisi bisa di dapatkan, baik itu dari makanan yang kita makan seperti sayuran tertentu dan buah-buahan, bahkan suplemen dan vitamin B12 dan lain-lainnya.

5. Pemakaian catok rambut yang berlebihan

Catok rambut merupakan alat yang biasa digunakan untuk meluruskan rambut yang biasa digunakan di salon untuk rebonding dan lain-lain, dimana alat ini bekerja dengan mengeluarkan suhu panas (sama dhair dryer), penggunaan alat ini secara berlebihan juga akan memicu kerontokan rambut.

6. Pemakaian penutup rambut terlalu lama saat berkeringat

Misalnya topi atau kerudung (hijab), bagi yang menggunakan kerudung, jilbab atau topi hendaknya memilih bahan-bahan tidak terlalu tebal sehingga tidak mudah menyebabkan rambut berkeringat, karena kondisi ini lama-kelamaan akan meicu kerontokan pada rambut.

7. Penggunaan bahan kimia berlebihan

Terlalu sering mengecat rambut, bagi yang suka ke salon untuk ganti-ganti warna rambut, sebaiknya kebiasaan ini dikurangi karena efeknya kurang baik dan menyebabkan rambut rontok.

8. Stres atau berpikir terlalu keras ( urang relaks)

Jangan terlalu serius berpkir nanti botak, selingi pekerjaan Anda dengan hal-hal yang menyenangkan, misalnya bersantai sejenak, liburan bersama keluarga tercinta biar bisa lebih relaks. karena terlalu serius dan stress akan memicu rambut rontok dan kebotakan.

9. Penyakit tertentu, Obat-Obatan dan Lain-lain

Pada kondisi tertentu seperti dalam keadaan sakit bisa menyebabkan rambut rontok yang bersifat masif, prosedur kemoterapi (tindakan untuk mematikan sel-sel kanker) dan efek samping pemakaian jenis tertentu seperti obat jantung, obat artritis (radang sendi) dan sebagainya akan menyebabkan rambut rontok.

Dengan memiliki rambut yang indah dan hitam berkilau maka rasa Percaya Diri Dengan Rambut Sehat dan Bebas Botak akan semakin meningkat.

Dibawah ini saya akan memberikan sedikit tips singkat bagaimana cara mengatasi rambut rontok dengan  benar berdasarkan rekomendasi para pakar rambut profesional:

  • Gunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut anda. Jika rambut Anda  tebal, ikal dan kasar, sebaiknya pilihlah sisir dengan gerigi yang jarang.
  • Kurangi pemakaian catokan rambut dan pewarna rambut.
  • Biarkan rambut terurai ketika sedang tidur.
  • Biasakan menggunakan vitamin yang bersumber dari bahan-bahan alami seperti bawang putih, lidah buaya, buah alpukat dan air perasan jeruk nipis dan lain-lain.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tampil percaya diri dengan rambut sehat dan bebas botak, semoga Anda semakin confident dengan rambut sehat berkilau dan bebas dari masalah rambut rontok dan kebotakan.


Penulis: Diabetesi 
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.diabetesi.biz.id



No comments:

Post a Comment