Cara Menghadapi Orang Keras Kepala



Cara Menghadapi Orang Keras Kepala
The image is Pixabay property

Sifat dan cara berfikir yang berbeda lazim dimiliki setiap orang. Hal inilah yang sering menjadi pemicu kesalahpahaman. Keadaan akan semakin rumit bila Anda bertemu dengan seseorang yang memiliki watak keras kepala. Karena orang berwatak keras kepala adalah orang yang berpegang teguh pada prinsipnya.

Apabila belum mampu memahami jalan pikirannya, mereka akan mudah tersinggung dan marah kepada kita. Orang keras kepala pada dasarnya memiliki emosi yang meledak-ledak. Ini terjadi karena mereka bersikeras akan prinsip yang dipegangnya. Sayangnya sifat seperti ini akan memicu keegoisan sehingga mereka terlihat lebih mementingkan diri sendiri. Kesabaran jadi kunci utama jika berhadapan dengan mereka yang keras kepala. Selain itu masih ada cara lain untuk menghadapi mereka.

1. Menenangkan Diri

Saat mereka melontarkan kata-kata yang sekiranya menyinggung perasaan kita, abaikan saja. Kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk berdebat ataupun membela diri. Karena mereka seperti itu bukan karena menghina kekurangan kita, namun mereka sedang membicarakan kelemahan mereka sendiri.

2. Memahami Mereka

Saat dia berbicara panjang lebar di depan kita, cukup dengarkan saja. Terkadang mereka hanya ingin mencurahkan curahan hatinya. Cari tahu apa yang mereka butuhkan dan apa yang tidak mereka inginkan.

3. Menghargai Pendapatnya

Mengungkapkan bahwa dirinya kerasa kepala bukanlah solusi yang tepat, sebab dia justru bertambah keras serta tidak mau mengubah sikapnya itu. Dia akan semakin mempertahankan sikapnya atau bertambah egois dan mementingkan dirinya sendiri. Keras kepala membuatnya merasa selalu disalahkan, dia akan memilih untuk diam tak mau bicara dengan kita lagi nantinya. 

Dia merasa tak ada orang yang mau mendengarkannya maupun menghargai pendapatnya. Pemahaman seperti itulah yang ada di hati orang keras kepala, sehingga hindari menghakimi dia maupun menyalahkannya. Pokoknya jangan sampai si keras kepala emosi lalu berbuat sesuatu yang merugikan dirinya sendiri dan banyak orang.

4. Memberikan Rasa Humor

Humor ringan bisa saja mencairkan suasana dan menghibur mereka. Ini juga merupakan cara terbaik untuk meredakan dan menghadapi mereka.

5. Mencoba Empati

Tak semua orang berwatak keras kepala itu buruk. Terkadang, di balik jiwa yang keras bisa saja lantaran mereka terluka dan butuh kasih sayang. Jadi hadapi mereka dengan lembut dan penuh perhatian.

6. Mencari Kesamaan

Setiap orang setidaknya memiliki kesamaan. Cari tahu apa kesamaan atau bidang yang mungkin sama-sama disukai, mungkin hobi, olahraga, tempat liburan dan genre film. Gunakan ini sebagai cara aman untuk melakukan percakapan.

7. Mempertahankan Pandangan Positif

Semakin sering kita bergaul dengan mereka, tidak menutup kemungkinan kita akan terbawa dengan mereka. Jangan biarkan sikap antagonis orang lain melekat pada diri kita. Tetap pertahankan pandangan positif yang kita miliki.

8. Menyikapi dengan Tegas

Ketegasan kadang diperlukan untuk menghadapi orang keras kepala, alasan orang bersikap keras kepala karena orang disekitar lebih memilih mengalah kepada mereka. Jika orang tersebut mulai menunjukkan kemarahannya bersikaplah tenang dan utarakan alasan logis dan rasional mengapa ide kita penting. Saat mengutarakan alasan kita, hindari menyebutkan nama dan berkata-kata dengan suara keras.

9. Menggabungkan Pendapat

Setelah masing-masing ide diutarakan, mungkin kita belum mendapatkan sepenuhnya apa yang menjadi ide terbaik kita namun dengan begitu kita sudah mendapatkan jalan tengah. Dengan kompromi dan negosiasi ide masing-masing pihak bisa dikolaborasikan.

10. Meninggalkan Mereka

Tidak semua orang dapat kita hadapi. saat kita sudah tidak mampu lagi mengatasi mereka, itu artinya kita perlu menjauh dan berhenti berhubungan dengan mereka sampai akhirnya mereka menyadari bahwa dirinya memang keras kepala.

Begitulah cara ampuh menghadapi orang yang berrwatak keras kepala. Apabila dia tidak ada hubungan secara dalam dengan kita, cukup menghiraukannya saja. Namun, bagaimana kalau itu ayah, ibu, pasangan, keluarga, saudara, sahabat, atasan dan kaitan penting lainnya dengan kita. Apakah tetap kita tinggalkan saja orang itu? Tentu tidak bukan? Kita perlu menghadapinya dengan 9 cara ampuh saja yang telah dipaparkan di atas. Semoga Anda berhasil menaklukkan orang yang keras kepala di sekitar Anda.


Penulis: Mardiana
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.ideamardiana.com


No comments:

Post a Comment