Sehat Dengan Mengkonsumsi Cokelat



Sehat Dengan Mengkonsumsi Cokelat
The image is Pixabay property

Ada banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi cokelat, baik itu buat kecantikan maupun kesehatan. Salah satu manfaat cokelat ialah mampu mencegah stres, karena cokelat mengandung antioksidan alami yang bersifat menenangkan.

Cokelat mengandung antioksidan alami yang disebut flavanoid serta epicatechins yang bertindak sebagai polifenol yang membantu menjaga kelancaran sirkulasi darah. Makan cokelat mampu mengurangi risiko tekanan jantung dan stroke, dan mengurangi tekanan darah.

Berikut ini beberapa tips makan coklat yang harus Anda ketahui :

1. Pilih dark chocolate yang setidaknya memiliki kandungan 70% cokelat atau kakao karena mengandung banyak flavonoid.

2. Jangan mencampur secangkir minuman cokelat dengan susu skim. Serta jangan tambahkan gula.

3. Jangan pilih cokelat yang banyak memiliki kandungan susu sebab cokelat susu mungkin juga mengandung tambahan gula dan susu.

4. Waktu yang tepat makan cokelat adalah sebagai cemilan di malam hari. Serta makan cokelat tidak lebih dari satu ons sehari.

5. Mengkonsumsi cokelat setiap hari baik untuk kesehatan jantung, kulit serta mengurangi stres. Makan cokelat secukupnya dan rasakan hari anda menjadi lebih menyenangkan.

6. Hindari cokelat yang telah melalui banyak proses. Jika cokelat anda mengalami proses dialkalisasi, maka sebaiknya tidak dikonsumsi. Dialkalisasi merupakan proses pada pembuatan cokelat yang secara substansial mengurangi kandungan alaminya yang dapat menyehatkan jantung. Sebuah penelitian dalam journal of agriculture food chemistry mengatakan kandungan flavanol yang ada dalam cokelat alami sembilan kali lebih banyak dibanding dalam cokelat yang sudah mengalami berbagai macam proses.

7. Semakin pahit semakin baik. Dark chocolate mengandung flavanols dan polyphenols yang lebih tinggi diabndingkan dengan cokelat putih atau cokelat susu. Flavanols dan polyphenols merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam jenis penyakit.

8. Atur cara makan cokelat. Makanlah beberapa bar coklat di pagi hari sehingga anda akan kenyang 50% pada saat makan siang. Cara lain yaitu konsumsi coklat secukupnya 20 menit sebelum makan serta lima menit setelah makan siang dan malam. Langkah tersebut dipercaya dapat menurunkan 50% nafsu makan anda.

9. Tidak berlebihan. Akan tetapi jangan lupa bahwa sesuatu yang berlebihan tidak akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun penelitian menyebutkan bahwa cokelat bisa menurunkan berat badan, tetapi tetap harus dibatasi jumlah untuk dikonsumsi. Makan cokelat setiap hari boleh, namun dalam porsi kecil. Selain buat diet, coklat juga dapat mencegah oksidasi kolesterol pada tubuh seseorang, sehingga membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti jantung dan stroke.

10. Masukkan dalam sereal. Potong kecil-kecil dark chocolate dan masukkan pada oatmeal panas, atau masukkan cokelat parut pada cereal dingin bersama buah stroberi atau pisang. Mengkonsumsi sereal untuk sarapan bisa membantu mengurangi rasa lapar sehingga anda tidak ingin ngemil menunggu makan siang.

11. Campur dalam smoothie atau jus. Smoothie atau jus buah mungkin sudah cukup manis untuk dinikmati. Tapi green smoothie yang bahan utamanya sayuran hijau seringkali agak lebih sulit dinikmati. Cokelat serbuk tawar (tanpa gula) mampu membantu mengurangi rasa pahit jus sayuran, dan untuk menambah rasa segar anda pula memasukkan beberapa butir buah ceri yang aromanya cocok dengan rasa cokelat.

12. Lelehkan sepotong dark chocolate menggunakan air panas secara bertahap sambil diaduk perlahan. Masukkan cokelat meleleh ini di atas snack favorit, misalnya buah-buahan hingga popcorn. Cokelat meleleh untuk menambah aroma, dan bisa juga taburkan serbuk kayu manis atau pala.

Itulah beberapa tips memakan cokelat supaya membuat tubuh menjadi sehat.


Penulis: Zonainformasi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://zonainformasi.net


No comments:

Post a Comment