Manfaat Riset Pasar Sebelum Memasarkan Produk


Manfaat Riset Pasar Sebelum Memasarkan Produk
The image is Pixabay property

Sebelum memulai bisnis kita harus menentukan pangsa pasar untuk produk yang akan kita jual nantinya, apakah telah tersedia dan benar-benar ada atau tidak? Disinilah letak pentingnya sebuah marketing research dikerjakan secara profesional dan terukur untuk melakukan riset pasar sebelum memasarkan produk agar bisnis bisa berjalan optimal dikemudian hari.


Namun tidak sedikit dari pebisnis melewati langkah penting melakukan riset pasar hanya karena karena mereka tidak ingin mendapatkan sebuah umpan balik yang tidak ingin mereka dengar. Hal ini bisa jadi disebabkan mereka telah berpengalaman dalam menentukan arah bisnisnya sehingga langkah-langkah marketing yang bersifat teknikal sudah dikesampingkan, disini para pengusaha berpengalaman telah menerapkan insting bisnis yang boleh dikatakan “feeling so good” apapun yang mereka lakukan bisa menjadi “uang”.

Tetapi bagi pemula yang akan menekuni bisnis, mem-bypass cara dengan meniadakan riset pemasaran bisa berdampak “kerugian didepan mata” mengapa demikian? Jawabannya dapat bervariasi tergantung konteksnya namun dari beberapa kasus bisa diambil kesimpulan seperti:
  • Tidak punya pengalaman berbisnis
  • Feeling mereka tidak so good
  • Terburu buru

Oleh karena itu seyogyanya para pemula lebih mementingkan untuk melakukan dan menentukan riset pasar sebelum memasarkan produk terlebih dahulu karena manfaat dari research marketing akan sangat berdampak positif bagi bisnis anda kedepannya.

Cara Dan Manfaat Riset Pasar Sebelum Memasarkan Produk

Riset pasar yang optimal dan profesional menyediakan informasi yang relevan dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pasar, target bisnis dan kompetisi. Informasi yang komprehensif dan terperinci mengenai target pasar dapat memberikan gambaran jelas dan informasi penting tentang pelanggan setia dan bakal calon pelanggan yang berasal dari hasil kompetisi bisnis itu sendiri. Pengumpulan data dapat dilakukan melalui survei atau diskusi produk yang anda kelola secara berkala.

Mempelajari riset pemasaran memerlukan pengamatan mendalam yang dapat diambil dari calon klien. disini pebisnis bisa mengadakan polling atau wawancara kepada pelanggan pada waktu melakukan survey untuk mendapatkan data. Menggunakan daftar hasil riset pasar memungkinkan kita untuk mengenali kebutuhan pelanggan atau konsumen secara detil.

Selain itu manfaat riset pasar juga juga dapat menghasilkan deskripsi yang jelas tentang trending bisnis yang sedang diminati, pengumpulan data aktual dengan mendengarkan langsung dari orang-orang yang kita ambil pendapatnya kemudian kita kumpulkan sebagai informasi penting untuk jadi bahan analisa dan membantu membuat keputusan yang lebih baik dan menjadi salah satu acuan untuk mengurangi risiko bisnis yang dapat dihindari karena kita telah mempunyai gambaran nyata dari data dilapangan.

Riset pemasaran ini adalah cara untuk menganalisis dan menafsirkan data yang sudah diambil sebagai sampel berharga untuk digunakan dalam memprediksi masa depan bisnis anda yang meliputi minat pasar, jenis produksi dan fluktuasi prilaku pasar yang disebabkan oleh aneka ragam permintaan pelanggan.

Dengan mengetahui informasi dari manfaat riset pemasaran maka bisnis yang anda kelola baik itu usaha offline maupun bisnis online yang berupa online shop bisa menjadi lebih berkembang dan kompetitif setiap hari, anda sebagai pelaku usaha telah mempunyai cukup pengetahuan dan pemahaman serta referensi pelanggan yang menjadi faktor integral dalam upaya meningkatkan kinerja bisnis melayani dan mendapatkan kepuasan pelanggan.

Manfaat riset pasar ini adalah sarana untuk mencari informasi mengenai klien potensial, pesaing bisnis, pergeseran minat pangsa pasar dan tren pasar saat ini serta perilaku pengeluaran belanja uang dari pelanggan anda. Data penting dari hasil melakukan riset pemasaran dapat membantu kita dalam merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan, selain itu juga dapat menyediakan infromasi penting kepada anda sebagai pebisnis tentang kelayakan segmen pasar tertentu lainnya yang bisa anda bidik kedepannya.

Mempelajari riset pasar membantu kita dalam melacak kemajuan usaha serta pertumbuhan bisnis para pesaing anda. Kita dapat merancang dan berinovasi tentang strategi bisnis sebagai cara efektif untuk mendapatkan keuntungan, kita juga dapat dengan mudah mengidentifikasi kekuatan dan peluang bisnis yang kita perjuangkan selama berjalan bahkan dapat menemukan cara dan tips alternatif untuk mengatasi ancaman pesaing bisnis anda dengan merevisi strategi pemasaran.

Kesimpulan

Manfaat riset pemasaran bagi seorang wirausahawan sebelum memasarkan produksinya harus dilakukan setiap waktu dalam rangka mendapatkan informasi dengan tren pasar terbaru. Kita perlu mengambil strategi bisnis yang dihitung secara terukur sebelum mengambil keputusan. Melakukan interaksi dengan konsumen dan pelanggan anda memungkinkan kita untuk bisa memastikan bahwa anda adalah pebisnis yang terus-menerus beradaptasi dan memodifikasi produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Manfaat dari riset pasar bisa membuat calon pebisnis fokus kepada pangsa pasar yang tepat, kita dapat memprediksi hasil lebih cepat dengan melakukan peningkatan efisiensi dan kinerja secara keseluruhan, hal ini lebih besar manfaatnya daripada promo iklan produk sekalipun bila dipandang dari segi promosi pemasaran. Selain itu, melakukan penelitian atau marketing research memungkinkan kita untuk lebih fokus pada strategi marketing penjualan produksi untuk meraih manfaat yang optimal dari hasil usaha produk dan jasa anda.

Dengan demikian, melakukan riset pasar ini sangat penting untuk meraih sukses dalam setiap usaha bisnis. Demikian artikel mengenai manfaat riset pasar sebelum memasarkan Produk, semoga dapat memberikan tips tentang cara untuk meningkatkan produktivitas bisnis yang Anda kelola dengan melakukan penelitian tentang manfaat riset pemasaran bisnis sebelum berinvestasi terutama pada trend pasar yang berkembang dan meihat perilaku pelanggan.


Penulis: Dan Andry
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://omediapc.com


2 comments:

  1. Wah artikel nya keren membuka wawasan, kebetulan saya bar memulai usaha sebagai supplier bata expose batu alam, marmer dan batu granit. terima kasih min atas hasil ide ide terbaik nya semoga bermanfaat amin...

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete