Perbedaan Orang Cerdas Dengan Orang Licik



Perbedaan Orang Cerdas Dengan Orang Licik
The image is Pixabay property

Menurut anda bagaimana karakteristik dan perilaku orang cerdas dan orang licik? Kedua jenis ini pasti sangat berbeda bukan? Kita tahu bagaimana seekor kancil, menurut anda bagaimana karakteristiknya? Kita melihat seekor trenggiling, bagaimana juga karakteristiknya? Apakah sifat karakteristik mereka masing-masing? Apakah cerdas atau licik? Menurut survei yang saya temukan dari luar dan dalam sosial, ternyata orang cerdas dan orang licik juga mempunyai persamaan.

Point persamaan mereka memang mirip dan punya akal yang sama, sama-sama pintar, dan sama-sama jenius, dan sama-sama ingin beruntung. Namun jika dilihat dari perbedaan mereka, mereka memiliki sifat yang sangat berbeda. Apalagi dari segi hasil terakhir yang akan mereka dapatkan, dan resiko yang berbeda, serta bagaimana pendapat dan penilaian atau pemikiran orang lain kepada orang licik dan orang cerdas.

Menurut pantauan saya melalui yahoo answer, para koresponden mempunyai pikiran yang logis dan baik tentang perbedaan orang licik dan orang cerdas. Berikut ini karakteristik mereka masing-masing:

1. Orang cerdas akan mengatakan: "sebenarnya hal itu sulit, tetapi saya ingin mencobanya".
Orang licik: "sebenarnya saya bisa melakukannya, tetapi itu sulit".

2. Orang Cerdas: "saya yakin Tuhan menolong saya".
Orang Licik: " sekiranya Tuhan menolong saya".

3. Orang cerdas akan memecahkan persoalan dari permasalahan yang dihadapi.
Orang Licik akan menimbulkan permasalahan dari persoalan yang di hadapi.

4. Orang Cerdas akan selalu tersenyum menghadapi permasalahan yang di hadapi, (meskipun tidak punya uang).
Orang Licik akan mengerutkan dahinya didalam setiap problem (meskipun dompet tebal).

5. Orang cerdas akan melihat bagai padang rumput yang menghijau yang menggembirakan.
Orang Licik akan melihat bagai anak tangga yang tinggi dan menunggu untuk di panjat.

Dari kelima survei ini, tentunya orang licik adalah bodoh, kelima hal diatas memang faktanya orang licik. Dan orang yang cerdas adalah seorang yang tidak pernah menunggu namun selalu bersiap.

Dan masih banyak beberapa karakteristik orang cerdas dan orang licik, yaitu:

Pada awalnya orang licik akan berhasil menang untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, (copet, menipu, mengelabui, merugikan, berbohong). Sampai-sampai dia menemukan banyak berbagai cara cerdas untuk mendapatkan keinginannya. Namun dia tidak pernah tahu apa akibat dari kelicikan itu. Jika anda memang orang yang bijak dan cerdas, anda pasti tahu apa akibatnya untuk orang licik.

Akan tetapi orang cerdas akan lebih memilih untuk mengaku, meminta, jujur, tidak egoisme, tidak sombong, sifat yang rendah hati, kuat dan gagah, serta memiliki pribadi yang kreatif. Sehingga kebanyakan orang cerdas, apapun persoalan yang dihadapi tidak akan mengharapkan bantuan orang lain. Karena orang cerdas tidak ingin ada tuntutan dari orang tersebut. Orang yang pernah membantu orang lain kebanyakan mengharapkan bantuan juga atau imbalan. Itulah kriteria khas orang cerdas yang selalu kreatif.

Sifat orang cerdas biasanya tidak punya banyak kata, kelihatan tertutup akan tetapi dia sama tidak tertutup, karena orang cerdas tidak ingin mendapat opini tentang dirinya oleh orang lain. Banyak orang yang pandai bicara jujur ataupun tidak jujur, kebanyakan dari mereka akan mudah untuk ditaklukkan dan mudah untuk di racuni. Sehingga orang cerdas pandangan hidupnya adalah BERWIBAWA.

Lain halnya dengan orang licik, dia punya banyak alasan, tentang dirinya dan tentang orang lain, ketika persoalan datang, dia akan memberikan 1000 alasan, dan tidak tahu untuk menyelesaikan, namun menutup akibat dari kesombongan dan sebagian ada yang menyusutkan orang lain. Sehingga ketika persoalan datang, masalah akan timbul dan semakin rumit. Dimata orang lain orang licik adalah orang bijak, jangan tertipu dengan orang ini. Biasanya dia perayu yang sangat hebat. Namun bagi orang cerdas dan bijak mereka pasti tahu siapa dirinya.

Itulah sedikit tentang perbedaan dari karakteristik orang licik dan orang cerdas. Semoga kita berada dalam golongan orang cerdas dan dijauhkan dari golongan orang licik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Lihat artikel menarik lainnya dalam http://sibolga-kolang-hubu.blogspot.co.id


1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete