Cara Membasmi Kecoa Dan Semut



Cara Membasmi Kecoa Dan Semut
The image is Pixabay property

Kecoa adalah salah satu hewan paling banyak dibenci oleh manusia karena kecoa termasuk salah satu hewan yang bisa menyebarkan penyakit. Kecoa biasa tinggal di tempat gelap yang kotor, lembab dan bau. Kecoa hewan yang juga mempunyai nama lain lipas atau coro ini dianggap sebagai salah satu pembawa penyakit. Ada banyak penyakit yang bisa diakibatkan oleh kecoba, mulai dari penyakit tipus, toksoplasma, hingga penyakit SARS yang mematikan. Oleh karena itu kecoa harus dijauhkan dari tempat tinggal kita.


Untuk mengusir kecoa, selain menggunakan obat serangga, bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa bahan dari alam yang bisa bermanfaat untuk mengusir kecoa. Anda mungkin bisa mencoba salah satu atau beberapa bahan berikut ini untuk mengusir kecoa dari rumah.

1. Daun Lada
Iris kecil-kecil daun lada segar. Selanjutnya letakkan di daerah-daerah yang biasanya ada kecoanya. Bau yang ditimbulkan oleh daun lada akan membuat kecoa merasa tidak nyaman dan akan meninggalkan rumah anda.

2. Daun Salam
Sama seperti daun lada, iris kecil-kecil daun salam segar. Selanjutnya letakkan irisan daun salam di tempat-tempat kecoa biasa berkumpul. Aroma yang muncul dari daun salam akan menyebabkan kecoa merasa tidak nyaman.

3. Bunga Melati
Selain sebagai bahan minyak wangi, bunga melati bisa kita manfaat untuk mengusir kecoa. Iris kecil-kecil bunga melati lalu letakkan di tempat kecoa berada. Harum yang muncul dari bunga melati ternyata memberikan efek berbeda bagi kecoa. Hal ini akan membuat mereka tidak nyaman.

4. Bunga Lavender
Letakkan biji bunga lavender pada tempat-tempat dimana biasanya kecoa muncul. Selain bisa mengusir kecoa dengan aroma khasnya, bunga lavender juga bisa mengharumkan ruangan.

5. Daun bay
Daun bay mempunyai bentuk yang mirip seperti daun salam, meskipun asal tanaman yang menghasilkannya berbeda. Caranya haluskan daun bay kemudian sebar di bagian-bagian tertentu dalam rumah. Kecoak tidak suka aroma yang ditimbulkan daun bay dan pasti akan segera kabur dari sarangnya di rumah anda.

6. Lada
Haluskan lada, kemudian campur dengan air sampai menjadi pasta. Selanjutnya pasta lada anda oleskan di tepat-tempat yang ingin diamankan dari gangguan kecoa.

7. Kapur barus
Selain untuk mengharumkan lemari, kapur barus ternyata juga punya manfaat untuk mengusir kecoa. Letakkan kapur barus di daerah tempat dimana kecoa biasa berkumpul. Bau segarnya akan mengusir kecoa.

8. Sabun batang
Anda potong kecil-kecil sabun batang, masukkan ke dalam mangkok berisi air. Aduk sampai bercampur dengan air. Selanjutnya letakkan di daerah yang lembab tempat biasanya kecoa bersarang.

Tak hanya kecoa, semut pun sering mengganti kita. Semut, hewan ini seringkali membuat kita kesal karena banyak berkeliaran di sekitar rumah. Terkadang, selain menyakitkan, gigitan semut juga bisa menyebabkan gatal-gatal hingga bentol.

Meski saat ini sudah ada banyak obat serangga atau insectisida yang di jual di pasaran, namun tentunya akan lebih baik bila kita menggunakan yang alami saja. Pasalnya, insectisida adalah bahan beracun yang penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati. Alih-alih bisa mengusir semut, teledor dalam menggunakannya, semisal terkena makanan atau kita lupa mencuci tangan sehabis bersentuhan dengan insectisida justru bisa membuat kita keracunan. Karena itulah, penggunaan bahan alami untuk mengusir semut lebih dianjurkan.

Untuk mengusir semut, ada beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan. Selain cara ini lebih aman, bahan-bahan tersebut pun bisa dengan mudah kita temukan, dan bahkan mungkin selalu tersedia di dapur.

1. Baking soda
Aroma yang dikeluarkan oleh baking soda bisa mengganggu penciuman semut. Maka dari itu, anda bisa coba menaburkan baking soda pada daerah yang sekiranya banyak semut berkeliaran.

2. Air perasan jeruk nipis
Semprotkan air dari perasan jeruk nipis pada jalan yang biasa dilalui semut.

3. Garam dan lada
Taburkan ramuan dari campuran garam dan lada pada pojok rumah, bawah meja makan, atau tempat lainnya dimana semut biasanya berada.

4. Daun sirih
Remas daun sirih, lalu letakkan pada bagian rumah yang ingin anda bebaskan dari semut.

5. Kayu manis
Taburkan bubuk kayu manis pada daerah dimana banyak semut berkeliaran.

6. Bubuk kopi
Taburkan bubuk kopi atau ampas kopi sisa minuman anda pada tempat-tempat yang diinginkan.

7. Cengkeh
Anda bisa menghaluskan cengkeh untuk kemudian anda taburkan pada lokasi yang ingin anda sterilkan dari gangguan semut

8. Kulit telur ayam
Kulit telur tidak hanya bisa kita manfaatkan sebagai pestisida alami, namun juga bisa untuk mengusir semut. Caranya adalah dengan menghancurkan kulit telur dan sangrai hingga berwarna kehitaman. Taburkan pada tempat-tempat yang sekiranya banyak semut.

9. Cuka
Semprotkan cuka pada sarang semut atau tempat yang banyak dilalui oleh semut.

10. Bedak bayi
Selain menghaluskan dan mengharumkan bau si kecil, bedak bayi juga bisa untuk mengusir semut pengganggu. Anda bisa menaburkan bedak bayi di bahwa atau sekitar tempat tidur bayi anda untuk mencegah semut mendekati dan menggigit kulit bayi.

Namun dari sekian cara di atas, yang perlu juga untuk anda perhatikan adalah menjaga kebersihan lingkungan. Tujuan dari keberadaan semut di sekitar kita adalah untuk mencari makan, yaitu berupa remah-remah makanan. Karenanya, pastikan lingkungan rumah kita selalu terjaga kebersihannya. Rajin-rajinlah menyapu lantai rumah dan menbersihkan sisa makanan agar tidak mengundang selera semut untuk mendekatinya.


Penulis: Admin
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://kabarimbo.com


No comments:

Post a Comment