Manfaat Hidup Mandiri



Manfaat Hidup Mandiri
The image is Pixabay property

Ketika kuliah atau bekerja (merantau) ke kota lain tentunya sangat menyenangkan bagi seorang remaja. Yang membuatnya senang adalah merasa bebas, mau melakukan apapun tidak ada yang melarang, tidak ada lagi yang memarahinya saat pulang terlambat, keuangan pun diatur sendiri, dan sebagainya. Namun, level masalah yang dihadapinya pun semakin tinggi. Karena harus melakukan semuanya sendiri, tak ada lagi orang tua yang biasa mengurus. Dan saat merantau banyak belajar tentang kehidupan. Berikut manfaat merantau:


1. Menjadi orang yang mandiri

Jauh dari orang tua membuat anda menjadi orang yang mandiri, setiap hal yang akan anda lakukan, akan anda lakukan sendirian. Ini yang membuat anda tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Bagi mereka yang tinggal dengan orang tua kemungkinan jarang mampu melakukannya.

2. Menjadi orang yang bertanggung jawab

Anda dipercaya untuk tinggal berjauhan dengan orang tua adalah sebuah tanggung jawab yang besar dan ini harus dijaga. Hanya orang perantau yang tahu bagaimana menjaga kepercayaan tersebut.

3. Mudah beradaptasi dengan lingkungan

Pada saat merantau anda akan merasakan dan mengalami banyak perbedaan budaya, seperti logat bahasa, gaya hidup, cara bergaul, dan sebagainya. Apalagi jika jarak tempat asal dengan tempat anda merantau terpaut sangat jauh, pasti budayanya sangat berbeda. Mungkin awalnya akan terasa aneh saat berada di lingkungan baru dengan budaya seperti itu. Saat itulah anda akan mengerti bahwa di setiap lingkungan ada budaya yang harus dipahami. Tentunya anda akan belajar untuk bisa beradaptasi dengan sebuah lingkungan baru. Dan saat pergi ke lingkungan yang berbeda lagi, anda sudah bisa beradaptasi dengan cepat. Pastinya anak perantau sudah tau caranya beradaptasi dengan baik.

4. Bisa survive (bertahan hidup)

Saat uang mulai menipis, persediaan beras pun hampir habis. Sementara kiriman dari orang tua baru datang 2 minggu lagi. Cara yang sering dilakukan adalah meminjam uang pada teman yang punya uang lebih dari kita atau menjalin silaturahmi ke teman yang punya beras masih banyak. Saat jauh dari orang tua, anda akan melakukan segala hal untuk bisa bertahan. Dan inilah yang membuat anda menjadi lebih tahan terhadap halangan dan rintangan karena terbiasa melakukan segala hal dengan sendiri, tanpa bergantung sepenuhnya pada orang tua.

5. Menyukai tantangan

Tinggal di sebuah lingkungan baru akan mempertemukan anda dengan berbagai macam halangan dan rintangan. Tak ada orang tua, mungkin hanya teman atau tetangga yang dapat membantu. Sehingga cepat atau lambat anda akan mampu mengatasi halangan dan rintangan tersebut karena sudah terbiasa menghadapinya.

6. Berani mengambil risiko

Saat orang-orang mengambil keputusan dengan keraguan dan terlalu banyak pertimbangan, anda akan menjadi karakter yang lebih berani dalam memutuskan sesuatu. Karena selama di perantauan anda sudah terbiasa dengan hal tersebut dan mempertimbangkan segala risiko yang akan anda hadapi.

7. Lebih mudah mengikhlaskan sesuatu

Selama menjalani kehidupan di tanah rantau, pasti banyak hal yang berjalan tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Saat anda berada bersama orang tua mungkin anda bisa mencari jalan pintas dengan memanfaatkan relasi yang dimiliki orang tua. Tapi di tanah rantau anda akan belajar makna dari sebuah keikhlasan ketika hal yang tidak anda harapkan terjadi.

8. Memiliki manajemen diri yang lebih baik

Uang yang dikirim orang tua harus dapat anda perhitungkan hingga kiriman selanjutnya. Anda akan mengelola keuangan dan waktu sendiri. Ini akan menjadikan anda manajer terbaik untuk dirimu sendiri.

9. Lebih percaya diri dari sebelumnya

Jika sebelum merantau anda adalah orang yang pemalu dan tidak percaya diri, dijamin setelah merantau anda akan menjadi lebih 'PeDe'. Mungkin sebelumnya anda tidak 'Pede' saat berkomunikasi dengan orang baru, bertanya alamat pada orang yang tidak dikenal, menyetor uang di Bank, mengurus surat tilang, mengurus surat-surat yang anda perlukan, dan sebagainya. Maka diperantauan mau tidak mau, suka tidak suka, anda harus melakukan itu. Mungkin awalnya akan ada teman yang memandu dan setelah itu anda mulai terbiasa. Sehingga hal yang sebelumnya membuat anda tidak 'Pede' akan menjadi hal biasa anda lakukan di perantauan.

10. Melihat sesuatu dari berbagai sisi

Bagi mereka yang belum pernah merantau, mereka akan terbiasa melihat hanya dari satu sisi saja. Tapi bagi anda yang sudah lama merantau akan melihat sesuatu dengan sisi yang berbeda. Karena anda sudah terbiasa hidup dengan berbagai budaya dan pemahaman, terbiasa bergaul dengan banyak pola pikir dan watak yang berbeda. Hal-hal yang seperti itu akan membuat anda dapat memahami sesuatu dari berbagai sisi.

11. Tidak menjadi sosok yang arogan

Mungkin saat berada di tempat asal, semua orang mengenal anda karena orang tua anda adalah orang terpandang. Akan tetapi di tanah rantau anda memulai semua dari nol, tidak ada latar belakang yang membangun penilaian terhadap diri anda. Semuanya anda sendiri yang memulai. Di saat itulah anda akan belajar membangun relasi dengan teman atau tetangga di perantauan. Dan sosok arogan yang terbawa dari tempat asal perlahan akan mulai terkikis. Karena teman akan menjauh bila anda masih menonjolkan sifat arogan.

Berbahagialah yang diberi kesempatan untuk bisa merantau. Tidak banyak orang yang bisa merasakan hal tersebut dan sebagaian besar hal diatas pasti anda rasakan. Sedangkan bagi anda yang saat ini masih bersama orang tua, tidak ada salahnya mencoba hal yang baru. Keluar dari zona nyaman untuk membangun karakter menjadi lebih baik.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Seduhkopi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.seduhkopi.com


1 comment:

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete