Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda



Cara Membangun Sikap Positif Dalam Diri Anda
The image is Pixabay property

Sikap positif sangat berperan penting untuk menentukan apakah seseorang bisa menjalani hidup dengan menyenangkan atau bahagia. Sikap positif juga sangat mampu untuk mengenali dan mengungkapkan emosi.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa sangat membantu anda untuk mengembangkan dan menanamkan sikap positif dalam diri, yaitu sebagai berikut.

1. Pahami arti pentingnya bersikap positif

Ketahuilah bahwa sikap positif sangat mampu mengendalikan emosi-emosi yang negatif. Dengan bersikap positif, akan banyak sekali emosi-emosi positif yang akan anda rasakan dengan tidak membiarkan diri anda dikendalikan oleh berbagai emosi negatif. Selain itu, kepuasan dalam hidup akan jauh lebih leluasa untuk anda rasakan.

2. Ketahui hubungan antara emosi positif dengan kondisi fisik

Stres dan emosi-emosi negatif lainnya bisa menimbulkan penyakit yang cukup berbahaya seperti jantung koroner. Dengan membangun sikap dan emosi positif, bisa meminimalisir kemungkinan datangnya penyakit dan memperlambat timbulnya emosi yang negatif.

3. Hubungkan antara kepositifan, kreatifitas dan perhatian

Selain bermanfaat secara fisik, sikap positif juga menciptakan penggabungan kognitif yang fleksibel dan kemampuan memadukan berbagai materi secara luas. Berbagai efek tersebut berkaitan dengan kadar Dopamin Neura yang akan memperbaiki perhatian, kreatifitas serta kemampuan belajar.

4. Pulihkan diri secepatnya dari peristiwa negatif yang pernah dialami

Dengan membangun dan menjaga sikap positif dalam rangka pemulihan diri dari peristiwa-peristiwa negatif, anda akan jadi lebih tabah dalam menghadapi peristiwa hidup yang negatif seperti trauma ataupun kehilangan.

5. Ubah cara anda memandang momen negatif menjadi positif

Carilah momen-momen negatif dalam daftar anda, buka kembali dan siasati dengan baik lagi. Lalu pahami dan nilailah dengan pandangan serta sikap yang positif, atau setidaknya Netral.

Itulah beberapa cara dalam membangun dan menanamkan sikap positif dalam diri. Lakukan dengan baik, maka manfaat besar yang terkandung didalamnya akan kita dapatkan. Selanjutnya saya akan membahas alasan kenapa harus punya banyak teman.

Kenapa kita harus memiliki banyak teman? apa alasannya? Kita memang tidak akan pernah bisa untuk hidup sendiri tanpa yang namanya seorang teman di dunia ini. Manusia adalah makhluk sosial. Banyak sekali hal yang akan kita dapatkan dari seorang teman, baik itu hal yang berunsur positif maupun negatif.

Berikut ini adalah beberapa Alasan kenapa harus punya banyak teman.

1. Membuat anda lebih peka

Memiliki jalinan sosial yang baik dengan rekan atau para kerabat akan menolong anda untuk lebih tahu atau lebih sensitif terhadap beberapa hal yang tengah berlangsung di sekitar anda. Bahkan juga apabila anda terus-menerus dalam keadaan seperti ini, anda akan tahu bagaimanakah anda harus berlaku. Selain itu, memiliki banyak teman akan membuat anda terhindar dari stres.

2. Menurut penelitian, memiliki banyak teman akan membantu anda tidur lebih nyenyak.

Penelitian membuktikan bahwa memiliki banyak teman akan membantu anda untuk bisa tidur lebih nyenyak. Memiliki banyak teman akan membuat anda berpikiran kalau anda tidak hidup sendirian di dunia ini. Anda juga akan merasa lebih tenang, karena ada tempat dimana anda bisa berbagi rasa yang anda miliki seperti perasaan bahagia dan duka cita.

3. Tidak mudah terserang penyakit

Riset telah membuktikan bahwa memiliki banyak teman akan membantu anda untuk lebih kuat terhadap serangan penyakit. Disaat anda bertemu dengan teman-teman anda, anda pasti akan bersosialisasi dan tertawa bersama sehingga akan mengurangi gejala flu. Semakin sering anda bertemu dengan rekan atau teman anda, akan membantu meningkatkan produksi endorphin dalam otak yang membuat pikiran anda akan kembali fresh. 

Memiliki banyak teman memang akan membuat anda lebih baik. Tapi akan lebih baik lagi jika selalu melakukan hal-hal yang positif dan terpuji di mata kita dan masyarakat sosial. Untuk apa juga memiliki banyak teman jika hanya akan membuat dan mendatangkan kesusahan pada orang banyak.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Ky Cules
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://lobanggelap.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment