Kelemahan Investasi Emas



Kelemahan Investasi Emas
The image is Pixabay property

Tak lagi menjadi rahasia jika investasi emas begitu memikat rasa antusiasme masyarakat dalam erat kaitnya sebagai aksi memperkokoh kekayaan. Dengan besar kepercayaan dibenak khalayak investasi emas diyakini tak akan menyeret anda terjerumus pada lubang kerugian. Jangan terlalu yakin karena semua jenis investasi selalu berdampingan dengan resiko dan kelebihannya masing-masing, begitu pula investasi emas ini.


Sebelum anda ingin menjajal menukarkan uang anda dalam bentuk investasi emas batangan, emas perhiasan atau bentuk investasi emas lain bukan sebuah langkah yang salah jika anda melirik temuan kelemahan investasi emas berikut.

Sisi negatif selalu tetap ada pada hal yang positif tak terkecuali dalam berinvestasi emas, bagian negatif atau kelemahan yang dimiliki investasi logam mulia ini adalah rawan kemalingan. Siapa yang tak meneteskan air liur jika dirumah anda menjadi gudang penyimpanan emas maka dari itu investasi jenis ini sangat berpotensi menyulut tindakan kriminal yang mengundang banyak maling dan rampok. Sehingga untuk menghindari musibah seperti itu banyak disarankan emas haruslah disimpan pada tempat yang memiliki pengamanan super ketat seperti dititipkan pada bank atau dimasukan brangkas khusus. 

Kelemahan dan Kekurangan investasi emas lain yang harus anda tahu yakni bahwa investasi ini tak menjanjikan anda menjadi lebih kaya. Jika anda ingin cepat kaya maka investasi ini tak cocok untuk anda karena jika anda menimbun emas selama beberapa waktu dan kemudian dijual besar kemungkinan nominal uang yang ditawarkan tak jauh berbeda dari nominal ketika anda membelinya alias memiliki harga yang stabil dan tak kunjung mudah berubah. Sehingga emas dinilai mampu mempertahankan harta anda tapi susah untuk menambah harta kekayaan anda. 

Memang perlu bagi anda untuk melihat dan menimbang keuntungan dan kerugian dari setiap investasi termasuk investasi emas dan kelemahan investasi emas ini perlu anda pikirkan sebelum anda mengorbankan uang anda. Karena bisnis investasi ini sedikit seret untuk menyumbang kenaikan pada kekayaan tak ada salahnya jika anda mencari tahu ide investasi yang bisa membuat uang anda semakin memiliki nyawa. Karena itu jika andapun masih nekat ingin berinvestasi emas baiknya mengambil tak lebih dari 30 % dari keuangan anda.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai poin-poin penting dalam investasi yang harus diperhatikan. Investasi adalah cara yang sering dilakukan oleh banyak pengusaha untuk memperoleh penghasilan atau keuntungan dalam jangka panjang.

Umumnya, ada 2 macam cara yang bisa dilakukan untuk berinvestasi yakni investasi pada aset riil dan juga investasi pada aset keuangan. Investasi pada aset riil bisa dilakukan dengan membeli aset bisnis langsung seperti pembelian emas, properti yang meliputi: tanah, rumah dan sebagainya. Investasi pada aset keuangan bisa dilakukan dengan membeli saham, deposito, reksadana dan lain-lain.

Investasi tidak hanya memiliki resiko besar namun tetap sebanding dengan keuntungan yang bisa diperoleh. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting dalam berinvestasi yang perlu dipertimbangkan diantaranya tujuan, jangka waktu dan sumber dana.

Tujuan investasi harus diketahui dengan jelas terlebih dulu baik itu investasi untuk suatu benda atau investasi jenis keuangan. Menentukan tujuan investasi merupakan langkah terbijak sebelum melakukan langkah-lamgkah investasi lebih jauh.

Jangka waktu investasi harus dipertimbangkan karena akan menentukan besaran keuntungan yang akan didapat dalam berinvestasi. Selain itu, jangka waktu investasi akan mempengaruhi instrumen yang digunakan dalam seluruh kegiatan investasi yang dilakukan.

Dengan memahami jangka waktu investasi, tentunya Anda bisa menentukan instrumen apa saja yang bisa melancarkan semua upaya investasi demi meraih tujuan dan keuntungan yang diinginkan.

Sumber dana yang digunakan untuk investasi sebaiknya menggunakan dana tabungan dan bukan dana untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. 

Demikian artikel mengenai investasi ini says bust. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.


Penulis: Dorar Info
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://id.keuangan.dorar.info


2 comments:

  1. kalau menurut saya, investasi yang terbaik saat ini adalah investasi properti... harganya pasti naik terus

    ReplyDelete