Tips Berhemat Saat Travelling



Tips Berhemat Saat Travelling
The image is Pixabay property

Traveling merupakan kegiatan yang paling digemari khususnya oleh orang yang suka tantangan. Waktu yang pas untuk traveling adalah waktu libur panjang, karena anda bisa leluasa mengatur perjalanan dan budget yang keluar. 

Masalah budget memang perlu diperhitugkan untuk menghindari traveling yang serba pas-pasan. Nah kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana supaya bisa menghemat biaya saat melakukan traveling. Simak ya !

1.  Persiapkan dari jauh-jauh hari

Yang pasti, persiapan untuk melakukan traveling harus sudah direncanakan dari jauh-jauh hari sebelumnya, jika anda mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Hal ini demi kenyamanan dan kehematan nantinnya. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan. 

2. Cari informasi seluk beluk tempat yang akan dikunjungi

Biasanya mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika anda ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta enggak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.

Hal ini akan mempengaruhi bugdet yang akan anda keluarkan nantinya. Anda juga bisa memprediksi dan mengatur keuangan supaya tidak boros. 

3. Cari program promo

Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika anda bisa mendapatkan paket promosi, baik promo tiket ataupun hotel. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Anda bisa menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar. 

4. Cari tempat yang unik dan bagus

Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi. Karena pada akhirnya akan merugikan anda sendiri dan anda tidak akan nyaman untuk menikmati travelling. Lebih baik sederhana tapi menyenangkan daripada mahal tapi ribet.

5. Siapkan Budget yang sesuai

Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan atau restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika anca memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula. 

6. Cermat, cermat dan cermat

Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan atau pabriknya bisa menghemat uang anda.

Dalam hal ini anda bener-bener dituntut hemat dan bisa mengontrol ambisi untuk ngeluarkan uang yang lebih gede. 

7. Bawa bekal

Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, anda pun terhindar dari jajan yang tidak perlu. Ini memang agak sedikit memberatkan tas dan koper bawaan, tapi setidaknya anda bisa lebih irit dan bisa disave untuk keperluan lainnya.

Sekian tips berhemat saat travelling, selanjutnya saya akan share alasan mengapa travelling bisa membuat anda menjadi lebih keren.

Traveling merupakan kegiatan mengasyikan sekaligus dapat membuat kita jadi pribadi yang keren. Hal ini karena dalam traveling anda bisa menemukan kejutan-kejutan yang akan membuat anda berlatih kepribadian dan pola pikir.

Alasan mengapa traveling bisa membuat anda menjadi keren adalah:

1. Bisa lebih bahagia

Saat kita melakukan traveling, hal yang bakal kita rasakan adalah hati yang lebih tenang dan merasa nyaman akan diri kita sendiri. Jika traveling dilakuin rame-rame tentunya akan membuat mood kita jadi lebih baik dan akan mengurangi tingkat stress yang anda alami.

Hal ini tentunya akan membuat kita lebih bahagia dan bergairah menjalani hari-hari yang anda lewati. Saat bahagia itulah, anda adalah orang yang paling keren.

2. Membuat anda tidak matrealistis

Selama traveling, anda akan menyadari betapa sederhananya kebutuhan anda dan tidak senyaman saat anda berada di rumah atau di suasana kota yang serba ada. Sebuah benda bisa digunakan untuk beberapa hal, tidak semua benda harus dibeli dan akan dibawa ke mana-mana. Hal ini yang membuat anda hidup lebih sederhana dan tidak materialistis. 

Traveling juga akan membuat anda sadar, jika hidup tidak selamanya mengumpulkan harta, uang dan tahta. Melainkan bagaimana caranya berbahagia dengan apa yang ada. Nah pada saat inilah anda adalah orang yang keren.

3. Punya jiwa pemberani dan petualang

Memberanikan diri untuk traveling ke daerah dengan bahasa berbeda, atau menjelajah kota hanya dengan bermodal peta akan mengasah jiwa petualang anda. Anda akan bertemu dengan hal-hal baru yang lebih menantang dan membuat mental anda teruji.

Jadi, petualangan tidak hanya bisa didapat dengan kegiatan yang berhubungan dengan adrenalin saja, namun juga dengan tantangan. Banyaknya pengalaman seperti ini akan membentuk jiwa anda menjadi lebih petualang. Anda dengan mudah akan mencoba hal baru tanpa terlalu banyak berpikiran buruk. Di mana, kebanyakan orang lain malas mencoba hal baru karena akan keluar dari zona nyaman mereka.

4. Anda akan mudah beradaptasi 

Kegiatan Traveling, memungkinkan kita untuk bertemu dengan orang baru sangat sering, hampir setiap hari malah. Orang-orang baru dengan berbagai macam karakter yang dimiliki. Hal ini juga yang mempengaruhi kita menjadi cepat beradaptasi. Cara pandang kita juga akan cepat berkembang karena bertemu dengan orang-orang asing tadi. Bahkan kita dapat menilai sifat seseorang hanya dengan melihatnya saja. 

5. Percaya diri akan meningkat

Secara tidak langsung, traveling bakal menambah pengetahuan, setidaknya pengetahuan geografis. Jika anda banyak mendatangi destinasi sejarah dan budaya, pengetahuan tentang ilmu itu pun jadi makin bertambah. 

Masih banyak lagi pengetahuan yang bisa didapat, hanya dengan traveling. Hal itulah yang dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri, karena banyaknya ilmu pengetahuan yang di dapat. Dan orang yang kaya pengetahuan biasanya lebih mudah disukai banyak orang.

6.  Anda akan mudah bersosialisasi

Bagi sebagian orang, berbicara atau bertemu dengan orang baru adalah hal yang menakutkan. Tetapi dengan Traveling, seseorang yang pemalu dapat berubah menjadi seorang yang terbuka dan dapat memulai percakapan dengan orang asing. Karena dengan traveling, intensitas kita bertemu dengan orang baru sangatlah besar dan mau tidak mau efeknya mendapat banyak teman baru. 

Nah itulah yang bisa saya sampaikan. Semoga anda makin menikmati bertraveling dan bisa memetik hikmah dari apa yang anda alami dalam traveling. 


Penulis: Doni Nurdiansyah
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.cuculutus.com


No comments:

Post a Comment