Berwisata Di Karawang



The image is Pixabay property

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tempat wisata di Karawang yang bisa Anda kunjungi, saya menulis artikel ini karena daerah ini merupakan tempat kelahiran saya dan salah satu kota yang saya cintai. Inilah beberapa tempat wisata di Karawang yang sudah saya kunjungi yaitu: 


#1. Pantai Tanjung Pakis

Kita mulai dari Pantai di Karawang, yang pertama yaitu ada pantai Tanjung Pakis, pantai ini terletak di ujung utara karawang, memiliki angin yang sepoy-sepoy dan juga obak yang rendah. Ketika saya kecil, semasa SD sampai SMP, saya sering main ke pantai ini, namun yang sedikit menjadi kendala yaitu jarak tempuh yang lumayan cukup jauh dari rumah saya.

Apalagi jika hari libur tiba biasanya pantai ini akan sangat padat sekali oleh pengunjung baik lokal maupun dari luar kota, dan biasanya kemacetan parahpun sering terjadi di jalan akses menuju pantai pakis ini. Akan tetapi rasa lelah anda akan terbayarkan jika sudah sampai di Pantai Tanjung Pakis Karawang karena pantai ini sangat indah. Rute menuju pantai ini jika anda dari luar kota anda dapat melalui tol Jakarta-Cikampek kemudian keluar Gerbang Tol Karawang Barat, sehabis dari situ anda tinggal menuju arah terminal tanjung pura, setelah itu ambil arah menuju Rengasdengklok, dari jalanan rengasdengklok nanti akan ada banyak, banner yang akan menunjukan atau membawa anda ke arah pantai tanjung pakis karawang.

#2. Pantai Tanjung Baru Karawang

Lokasi pantai ini segaris dengan pantai utara karawang yaitu tanjung pakis. Namun ada yang membedakan antara ke-2 pantai ini, diataranya yaitu jarak tempuh yang lebih jauh ke tanjung pakis, di bandingkan dengan tanjung baru yang tidak begitu jauh. Dipantai ini anda akan menemukan sejumlah pasar atau nelayan yang banyak sekali menjual ikan hasil buruannya langsung pada mengunjung pantai. Tidak hanya itu banyak juga tepat wisata kuliner yang harus anda kunjungi yang berderet di pantai tanjung baru ini.

#3. Pantai Samudera Baru

Pantai samudera baru merupakan pantai ke-3 yang ada dikarawang, merupakan objek wisata yang terkenal dengan hidangan atau wisata kuliner ikan bakarnya. Lokasi pantai samudera baru juga masih satu garis dengan pantai utara di karawang yaitu dengan pantai tanjug pakis dan pantai tanjung baru. Ketiga pantai ini pasti memiliki perbedaan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, di pantai samudera baru karawang, anda akan menemukan pantai yang cukup indah untuk dinikmati bersama keluarga, jaraknyapun lebih dekant dibandingkan dengan pantai tanjung pakis dan pantai tanjung baru.

Ada banyak tempat makan yang bisa anda kunjungi disini, kemudian ada sedikit wahana yang bisa anda nikmati seperti perahu, dan lainnya. Pantai ini juga sangat cocok untuk berenang karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi, dan airnya yang cukup bersih.

#4. Danau Cipule

Setelah kita tadi membahas berbagai tempat lokasi wisata pantai di Karawang, kali ini saya akan mengajak anda ke lokasi Karawang Bagian Timur. Ada apa aja di Karawang Bagian Timur? yang pertama yaitu ada Danau Cipule, danau ini terletak di Cipule, kecamatan Ciampel. Danau ini cukup indah, udaranya masih sangat sejuk, dan biasa digunakan warga karawang untuk latihan dayung, maupun yang lainnya. Anda hanya akan dipungut tiket untuk parkir jika berkunjung ke Danau Cipule ini.

#5. Bendungan Parisdo (Walahar)

Lanjut yang ke-5 kita masih di karawang bagian timur, yaitu ada Bendungan Parisdo atau Bendungan Walahar. Ini merupakan lokasi wisata yang sering sekali saya kunjungi bersama teman-teman maupun keluarga, terdapat aneka macam hidangan kuliner yang dapat anda temukan disini. Biasanya saya serig menikmati sate maranggi di Walahar ini, karena lokasi dan suasananya yang masih asri, tidak hanya itu jika anda hobi memancing, bendungan Walahar ini sering merupakan tempat yang cocok bagi yang suka memancing.

Jika anda dari luar kota karawang ingin mengunjungi bendungan ini, ada bisa keluar gerbang tol Karawang Timur atau tepatnya di Klari, dan lokasi bendungan Walahar inipun tidak jauh dari gerbang tol karawang timur, sekitar 15 menit anda sudah bisa sampai.

#6. Curug Cigentis

Sekarang saya akan membawa anda ke lokasi pegunungan di Karawang yaitu tepatnya di kecamatan Loji, kabupaten karawang. Disini anda akan banyak menemukan beberapa curug yang menjadi target incaran para traveling untuk mengunjunginya, diantanya yaitu ada curug cigentis. Curug cigentis merupakan salah satu curug yang terdapat di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru sekitar 44 km dari Ibukota Kabupaten Karawang.

Dulu ketika saya masih SMP, setiap tahun saya mengunjungi tempat ini, karena udaranya yang masih sejuk karena merupakan daerah pegunungan di karawang. Tiket masuk untuk ke Curug Cigentis sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 10.000 per-orang, disana ada banyak objek wisata yang bisa anda temukan. Bagi anda yang dari luar kota dan ingin mengunjugi curug ini, anda bisa masuk tol Jakarta-Cikampek kemudian keluar tol karawang barat, setelah keluar dari gerbang tol tidak jauh dari situ ada perempatan yang menunjukan anda ke arah Loji atau tempat wisata curug cigentis ini.

Dari situ anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam untuk sampai di curug cigentis, dengan keadaan jalan yang cukup bagus, walau terkadang masih ada yang berlubang. Tapi tentunya dengan perjalanan yang cukup jauh, rasa lelah anda akan terbayarkan ketika sampai dicurug cigentis.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Karawang. Semoga bermanfaat.


Penulis: Rudi Nazar
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.rudinazar.com


No comments:

Post a Comment