Cara Mengatur Keuangan Dan Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari



Cara Mengatur Keuangan Dan Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari
The image is Pixabay property

Hidup sekarang serba uang, uang bisa membuat kita bahagia, tetapi uang tidak bisa menjamin kebahagian seseorang. Artinya apa? Uang merupakan penunjang kebahagiaan seseorang bukan penjamin kebahagiaan. Banyak sekali orang yang salah dalam memperlakukan uang mereka dengan baik, sehingga membuat kondisi keuangannya tidak stabil atau uang merusak kehidupannya.


Satu hal yang harus anda ketahui bahwa kondisi keuangan kita sekarang merupakan cerminan dari perilaku atau kebiasaan berulang-ulang yang kita lakukan sebelumnya. Uang itu bisa berdampak positif bagi kehidupan kita dan uang juga bisa berdampak negatif. Pada artikel ini kami akan membahas tentang dampak negatif tentang uang jika kita tidak bisa memperlakukan uang kita dengan baik. Berikut ini adalah kebiasaan buruk tentang uang yang sering kali dilakukan seseorang tanpa mereka sadari dan dampak kedepannya.

1. Pengeluaran

Yang membuat seseorang bisa bankrut atau memiliki hutang dalam jumlah banyak adalah mereka mempunyai kebiasaan mengeluarkan uang dengan mengikuti kata hati atau yang disebut dengan berlebihan. Yang dimaksud dengan pengeluaran berlebihan adalah pengeluaran yang sebenarnya tidak anda butuhkan, melainkan mengikuti kata hati saja atau kemauan semata. Cobalah untuk membuat rencana tentang keuangan anda, dengan mengeluarkan uang sesuai yang dibutuhkan, jangan pernah tergoda dengan trik-trik para penjual.

2. Menabung

Sangat jarang sekali orang mempunyai kebiasaan menabung, apalagi pada usia muda. Terkadang kita berfikir bahwa keuangan atau gaji kita hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Kebiasaan yang berulang ulang ini lah yang kondisi keuangan anda bermasalah dimasa yang akan datang, meskipun persentasenya cukup kecil. Tetapi alangkah lebih baiknya, jika kita membiasakan diri untuk menabung dari sekarang meskipun dalam jumlah kecil. Biasakan untuk menyisihkan uang anda 10% dari gaji atau penghasilan anda tiap bulannya.

3. Kekayaan Bukanlah Tujuan Hidup

Sepertinya kita lupa akan tujuan hidup kita didunia ini. Hampir 80% orang berfikir bahwa kekayaan adalah tujuan hidup. Uang adalah segala-galanya. Bukankah uang sebagai alat penunjang kehidupan? Sangat banyak sekali para milyarder-milyarder meiliki sifat seperti ini, sehingga mereka tidak pernah puas dengan apa yang mereka dapatkan.

4. Persahabatan

Uang bisa membuat sahabat kita banyak, tetapi uang juga bisa menghancurkan persahabatan, bahkan hubungan kekeluargaan bisa hancur oleh uang. Jangan sampai hubungan persahabatan anda hancur karena uang.

5. Tidak Memiliki Catatan Keuangan Yang Jelas

Sangat banyak orang yang tidak mengatahui seberapa banyak uang yang sudah mereka keluarkan perbulannya, tanpa ada catatan keuangan yang jelas. Terkadang kondisi inilah yang membuat timbulnya perselisihan didalam rumah tangga. Ada baiknya anda membuat catatan tentang keuangan anda perbulannya, apalagi bagi anda seorang karyawan yang mengandalkan gaji perbulan, hal ini sangat diperlukan.

Itulah kebiasaan buruk yang harus kita hindari tentang uang. Jadi kesimpulannya adalah uang bukan sesuatu yang buruk, uang adalah alat penunjang kehidupan dan kebahagian. Jangan sampai kita mencintai uang melebihi segala-galanya. Hidup ini bukan hanya tentang mengumpulkan uang semata. 

Selanjutnya kami akan memberikan tips mengatur keuangan anda dengan baik. Hemat pangkal kaya, kata-kata ini mengajak kita untuk berhemat agar kondisi keuangan kita membaik. Kebanyak orang merasa tidak cukup dengan penghasilan perbulannya, padahal penghasilannya bisa dikatakan cukup bahkan sudah besar. Namun sering juga merasa kurang, apalagi di akhir bulan. Mengapa penghasilan kita selalu kurang bahkan habis sebelum tanggal tua? Tips mengatur keuangan anda dengan baik agar bisa merasa cukup, dan jika anda sudah berhasil menjalankan beberapa tips mengatur keuangan ini, maka kami rasanya keuangan anda akan membaik.

Tips mengatur keuangan ini kami kutip dari berbagai sumber dan merupakan cara orang-orang terkaya di dunia mengatur keuangannya, salah satunya adalah pengusaha dari Asia yang sudah sukses menerapkan prinsip ini semenjak masih muda, dan pada saat itu penghasilnya masih kecil. Berikut ini beberapa tips mengatur keuangan anda dengan baik :

1. 10% Untuk Kegiatan sosial

Kegiatan sosial itu sangat perlu, jangan sampai anda jauh dari kegiatan social. Oleh karena itu anda sebaiknya harus menyisihkan sebagian dari penghasilan perbulan untuk keperluan kegiatan social, yaitu 10 % untuk kegiatan sosial. Seperti, mentraktir teman, mungkin ada sebagian orang yang berkata “Apa sih keuntungan mentraktir teman? Tetapi kegiatan sosial seperti ini sangat baik untuk perkembangan hidup anda, salah satunya adalah untuk menarik teman sebanyak-banyaknya. Keuntungan dari mempunyai teman yang banyak adalah bisa menguatkan jaringan bisnis anda. Meskipun sekarang belum mempunyai bisnis, tapi siapa yang tahu nasib seseorang. Mungkin suatu saat anda mempuyai bisnis dan menjadi pengusaha, dari sekian banyak teman bisa membantu anda dalam melancarkan bisnis.

2. 35% Untuk Kebutuhan

Seperti yang sudah dikatakan pada awal artikel ini, yaitu hemat pangkal kaya. Ingin anda keuangan membaik? Ya, hemat kuncinya. Artinya gunakan uang anda dengan tepat sesuai yang dibutuhkan bukan menuruti keinginan semata. Cukup menyisihkan 35% dari penghasilan untuk kebutuhan hidup seperti makan, sandang, dan yang lainnya.

3. 10 % Untuk Pengetahuan

Ilmu pengetahuan sangat penting untuk perkembangan pribadi anda, mulai dari perkembangan karir, bisnis. Sebab ada pepata yang mengatakan “tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina” dan ada juga yang lain “ Tuntutlah ilmu dari ayunan hingga liang lahat”. Artinya apa? Ilmu itu sangat penting dan mencari ilmu itu tidak ada batasnya. Sebaiknya anda harus menyisihkan 10% dari penghasilan untuk pengembangan pengetahuan anda, seperti jika anda seorang IT, maka anda harus membeli buka tentang IT. Jika anda seorang petani maka anda harus mencari informasi atau membeli buku tentang pertanian yang modern, dan juga yang lainnya. Sehingga ilmu pengetahuan kita terus bertambah dari hari ke hari.

4. 15 % Untuk Investasi

Jangan lupa untuk menginvestasikan 15% dari penghasilan anda. Sebab tidak ada satu orang pun yang tahu nasibnya kedepan, kita itu hanya bisa berencana yang terbaik untuk masa depan, baik itu untuk kita sendiri ataupun untuk keluarga. Apalagi jika anda seorang karyawan, investasi sangatlah penting.

5. 20 % untuk Bersedekah

Sebagian dari harta kita ada milik harta orang lain. Sedekah dengan iklas dengan mengharapkan ridha tuhan akan membawa kebaikan untuk kita. Dan setiap agama pasti menganjurkan untuk bersedakah, oleh karena itu, sebaiknya sisihkan 20% dari penghasilan anda untuk sedekah.

6. 10 % Untuk Petualangan

Tubuh kita membutuhkan terapi rohani, salah satunya adalah melihat keindahan dengan bertualang atau berwisata, sekedar untuk melepas penat dan menghilangkan stress dari pekerjaan sehari-hari. Jika anda tidak mempunyai modal yang cukup untuk berwisata atau bertualang, maka sebaiknya anda bisa menabung dengan menyisihkan 10% dari penghasilan. Jika merasa sudah cukup uang tersebut bisa anda manfaatkan untuk bertualang atau berwisata dengan keluarga tercinta.

Itulah tips mengatur keuangan dengan baik. Meskipun anda berpenghasilan besar, jika anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, maka anda tidak akan merasa cukup, apalagi jika anda seorang karyawan kantoran atau seorang PNS.

Semoga bermanfaat.


Penulis:  Ell Brandy KA
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://wirabisnis.com


No comments:

Post a Comment