Insomnia Dan Cara Menguranginya



Insomnia Dan Cara Menguranginya
The image is Pixabay property

Kurang tidur, secara perlahan tanpa tidak kita ketahui akan dapat menyabotase kesehatan dan berat badan.  Tidur yang dianjurkan adalah tujuh sampai sembilan jam setiap malam bisa meningkatkan kesehatan dan mengurangi ukuran pinggang Anda. Bahkan penelitian telah membuktikan bahwa orang yang kurang tidur mengonsumsi lebih dari 500 kalori lebih banyak per hari rata-rata daripada mereka yang mendapat tidur malam yang cukup itu.


Hubungan antara diet dan tidur dapat dibandingkan dengan pertanyaan ayam atau telur? Anda perlu makan secara sehat untuk tidur nyenyak, sementara mendapatkan cukup tidur juga mendorong diet sehat dan gaya hidup. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda tidur lebih mudah tidur atau mengunjungi insomnia dan mungkin bahkan dapat menurunkan beberapa kilogram berat tubuh anda.

1.    Konsumsi variasi makanan

Sebuah studi dari University of Pennsylvania Perelman School of Medicine menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi berbagai macam makanan (indikator diet sehat) lebih mudah untuk tidur sehat Selamat tujuh sampai delapan jam setiap malam. Mereka  juga menemukan bahwa tidur sangat pendek (kurang dari lima jam setiap malam) dan minum sedikit yang air bisa Menyebabkan lebih banyak makan kalori.

2.  Perbanyak konsumsi protein dan gandum

Kombinasi makanan ini akan mencegah kadar gula darah Anda naik. Coba oatmeal dan buah untuk sarapan, salad yang penuh dengan sayuran  dan kacang untuk makan siang, dan daging tanpa lemak atau ikan dengan sayuran untuk makan malam.

3. Santaplah makan malam beberapa jam sebelum tidur

Mengkonsumsi protein dan vitamin B (daging tanpa lemak, sayuran dan biji-bijian ), membutuhkan waktu lama untuk mencernanya. Oleh  sebab itu jangan tidur dahulu karena perut penuh akan membuat sistem pencernaan Anda tetap bekerja.

4. Selektif terhadap cemilan malam

Hindari karbohidrat sederhana dan gula, yang lambat dicerna, sehingga sulit untuk tertidur. Pilihlah karbohidrat kompleks dan biji-bijian yang dapat merangsang pelepasan serotonin, zat kimia dalam otak Anda yang membuat Anda merasa santai. Cobalah semangkuk  kecil oatmeal yang kaya karbohidrat serta melatonin, penambah tidur alami.

5.    Menghirup aroma teh

Teh chamomile bisa menenangkan Anda dan teh peppermint dapat menenangkan sakit perut. Menghirup aroma teh pada gelas hangat dapat memberikan kenyamanan sebelum tidur serta bisa mencegah makan terlalu banyak dan ngemil dengan cara alami.

6.   Jauhi dunia maya

Ini mungkin yang langkah terbaik untuk mematikan email, posting Facebook dan tweet satu atau dua jam sebelum Anda tidur. Jika tidak, maka bisa menghambat waktu tidur. Plus, semakin lama Anda terjaga, semakin banyak waktu yang membuat Anda tergiur untuk makan ! 

7.  Meringankan stress

Sebelum beranjak tidur, buatlah daftar apa yang Anda capai hari ini dan membuat catatan dari apa yang akan Anda lakukan untuk besok. Hal  ini dapat membantu mentransfer pikiran Anda dari kepala Anda ke kertas. Setelah Anda menuliskannya, akan membantu Anda tidur melayang dengan nyenyak.

8.  Peduli diri sendiri

Waktu yang baik untuk  beristirahat adalah di malam hari, jika Anda bekerja di waktu tidur anda dapat membuat anda tidak optimal dan sangat kelelahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyadari tentang rutinitas yang terjadi pada siang hari.

Jadi, siapkah anda tidur nyenyak malam ini?? Silahkan coba cara-cara diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Referensi: Huffingtonpost.com


Penulis: Riski Dwi
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://kerdusmaning.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment