Manfaat Lain Cangkang Telur



Manfaat Lain Cangkang Telur
The image is Pixabay property

Telur merupakan hasil ternak ayam yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Mudahnya mengolah telur menjadi berbagai menu masakan, atau pelengkap dalam membuat kue, menjadikan telur banyak di butuhkan. Selain untuk di jadikan menu makanan atau pelengkap resep kue, telur juga banyak dikonsumsi  untuk dijadikan sebagai jamu oleh beberapa orang Indonesia.


Cangkang telur sudah pasti merupakan barang yang sangat mudah kita temukan disekeliling kita. Akan tetapi tidak semua orang memahami manfaat yang di bawa oleh cangkang telur ini.

Kandungan Cangkang Telur

Cangkang telur unggas pada umumnya memiliki tiga lapisan atau tiga layer, yaitu lapisan kutikula, lapisan stratum, dan lapisan bagian dalam yaitu lapisan membran dan masing-masing lapisan memiliki kandungan kimia yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda juga.

Lapisan terluar cangkang telur yaitu lapisan kutikula yang memiliki ketebalan 10 mikro meter dan didalamnya terdapat pori-pori yang nantinya berfungsi untuk masuknya suplai oksigen yang di butuhkan oleh embrio. Lapisan kutikula ini berfungsi untuk melindungi telur dari mikro organisme dan dari kelembaban udara yang berada di luar cangkang telur. Cangkang telur dibentuk oleh lapisan kapur sebanyak 9-12% dari total berat telur.

Kandungan yang terdapat pada cangkang telur adalah:
  • Kalsium karbonat sebanyak 94%
  • Magnesium karbonat sebanyak 1%
  • Kalsium fosfat sebanyak 1%
  • 4% sisanya adalah bahan organik terutama dari protein

Manfaat Cangkang Telur

Mungkin masih banyak yang belum tahu manfaat dari cangkang telur, sehingga ketika memasak telur, cangkangnya akan di buang begitu saja ke dalam tempat sampah dan bercampur dengan sampah yang lain. Inilah manfaat cangkang telur yang perlu Anda ketahui:

1. Sebagai obat iritasi

Cangkang telur dapat dijadikan sebagai obat iritasi kulit. Cara membuatnya adalah dengan cara melarutkan cangkang telur dengan menggunakan cuka apel. Campur cangkang telur dengan cuka apel, biarkan selama 2-3 hari sehingga cuka apel melarutkan cangkang telur. Setelah cangkang telur larut, campuran dari cangkang telur dan cuka apel ini dapat di jadikan sebagai obat iritasi kulit, dengan cara mengoleskan larutan tersebut pada kulit yang mengalami iritasi.

2. Untuk mengurangi tingkat ke asaman pada kopi

Untuk beberapa orang, kopi dapat menyebabkan sakit perut. Hal ini disebabkan oleh tingkat keasaman pada kopi yang tidak dapat ditoleransi oleh lambung. Bagi Anda yang menyukai kopi akan tetapi sering merasakan sakit perut setelah mengkonsumsi kopi, dapat menggunakan cangkang telur untuk menurungkan tingkat keasaman pada kopi. Sehingga kopi yang di konsumsi tidak akan menimbulkan sakit perut karena kadar asamnya sudah berkurang. Tingginya kandungan kalsium karbonat pada cangkang telur, dapat mengurangi tingkat ke asaman yang terdapat pada kopi.

Untuk menggunakannya, Anda harus menumbuk cangkang telur sampai halus, ketika akan di gunakan, campurkan bubuk cangkang telur ini dengan kopi yang akan diseduh. Selain dapat mengurangi tingkat keasaman pada kopi, mencampurkan cangkang telur juga dapat membuat kopi jadi lebih nikmat di konsumsi karena rasa asamnya akan berkurang. Sekarang Anda dapat menikmati kopi tanpa harus khawatir merasakan sakit perut akibat asam yang terdapat pada kopi.

3. Cangkang Telur Sebagai Bubuk Pembersih Peralatan Dapur

Biasanya untuk membersihkan peralatan dapur, banyak ibu rumah tangga yang menggunakan abu gosok untuk menghilangkan noda yang membandel pada peralatan rumah tangganya. Cangkang telur yang di tumbuk halus, juga dapat menjadi pengganti abu gosok untuk menghilangkan noda di peralatan memasak. Bahkan menggunakan cangkang telur ini akan lebih efektif, karena abu gosok yang dibuat dari cangkang telur ini teksturnya lebih kasar dan tidak mudah larut dalam air.

4. Sebagai Pupuk Kompos

Siapa sangka ternyata cangkang telur sangat baik di gunakan untuk di jadikan sebagai pupuk kompos. Kandungan kalsium karbonatnya yang dapat mengurangi tingkat keasaman, dapat juga digunakan untuk mengurangi tingkat keasaman pada tanah. Bagi Anda yang gemar memelihara banyak tanaman, dapat menjadikan cangkang telur ini sebagai pupuk kompos yang murah meriah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan cangkang telur ini dengan ampas kopi.

5. Dapat Dijadikan Sebagai Pot Pembibitan

Manfaat cangkang telur yang dapat dijadikan sebagai kompos, tentu akan sangat baik kalau cangkang telur ini Anda gunakan sebagai media pembibitan tanaman. Setelah bibit tumbuh, pindahkah bibit tersebut pada media pembesaran yang sudah disiapkan.

6. Cangkang Telur Untuk Mengusir Siput Dan ulat

Siput dan ulat adalah salah satu binatang hama yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang sedang Anda pelihara. Akibat gangguan binatang hama ini, tanaman yang Anda pelihara akan terganggu pertumbuhannya, pada tanaman yang masih kecil, dapat juga menyebabkan kematian. Untuk mengusir siput dan ulat pengganggu, dapat dilakukan dengan menyebarkan cangkang telur yang sudah di pecah kecil-kecil dibawah tanaman.

7. Sebagai Bahan Baku Kerajinan Tangan

Cangkang telur dapat dijadikan sebagai bahan baku kerajinan tangan dengan nilai yang sangat tinggi. Tingginya nilai jual kerajinan dari cangkang telur ini di sebabkan oleh tingkat kesulitan dalam membuat kerajinan cangkang telur. Banyak yang sudah menekuni kerajinan dari cangkang telur, dan mereka dapat menikmati hasilnya. Akan tetapi dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam membuat kerajinan cangkang telur.

Kalau kita mau menggali, bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan peluang usaha yang bagus dari cangkang telur ini. Setiap hari ada ribuan cangkang telur yang dihasilkan. Baik itu dari rumah tangga ataupun dari sampah yang dihasilkan oleh para pengusaha dimana usahanya berkaitan dengan telur. Mengingat peluang usaha di bidang cangkang telur ini adalah peluang usaha yang masih sangat sedikit orang yang meliriknya.

Demikianlah artikel tentang manfaat lain cangkang telur. Semoga bermanfaat untuk Anda.


Penulis: Arjuna Ireng
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.burung.in


No comments:

Post a Comment