Pola Pikir Mengemudi



Pola Pikir Mengemudi
The image is Pixabay property

Pernahkah anda melihat pengemudi mobil yang membawa mobilnya secara ugal-ugalan? atau melihat pengemudi terkesan terburu-buru dan dengan emosi? type pengemudi seperti itu kalo saya pribadi sering menyebutnya sebagai pengemudi yang lagi kebelet. Mengemudi dengan ugal-ugalan,terkesan terburu-buru serta dengan emosi seperti itu biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor. 

Mulai dari faktor terlambat beraktifitas (telat ke kantor jadi buru-buru), bisa juga sebelum mengemudi tadinya habis bertengkar dengan istri atau orang lain (sebab itu jadi emosi ketika nyetir). Tapi tahukah anda? Pola pikir Kita besar pengaruhnya dalam hal mengemudi.

Kenapa saya bilang begitu? sejak 2 tahun menjadi instruktur mengemudi di sebuah lembaga kursus,   harinya saya menjumpai banyak orang dan secara tidak langsung berhadapan dengan banyak karakter yang berbeda dari setiap orang yang saya ajarkan. Dari situ, saya pribadi mendapat pelajaran dan menyimpulkan bahwa setiap orang dalam mengemudi mobil 80% tergatung dari seting pola pikir atau perasaan dan 20% dari tenaga tubuh.

Dari kesimpulan di atas, maka sangatlah perlu kita harus belajar cara merubah pola pikir mengemudi khususnya bagi anda pemula yang baru mulai belajar mengemudi mobil. Mengemudi caranya? Perhatikan hal-hal berikut:

1. Berpikirlah untuk mengemudi

Sebelum belajar mengemudikan mobil lebih dalam, pertama yang perlu di siapkan adalah niat kita. "Berpikirlah untuk Mengemudi" sebelum mulai mengemudi. Pada dasarnya, setiap orang akan merasa ragu apabila akan mempelajari sesuatu yang baru. Contohnya, kita akan merasa takut/ragu ketika di suruh membawakan sebuah acara padahal kita tidak pernah menjadi pembawa acara sebelumnya. Seperti itulah rasanya. 

Begitu pun waktu pertama kali kita pegang stang kemudi mobil, pasti akan merasa ragu/takut seperti itu tadi. Takut nabrak, takut nyerempet, takut mati mesinnya dan sebagainya, tapi hal itu wajar. Jadi, tugas kita adalah menghilangkan perasaan takut semua itu tadi dan mulai berpikirlah untuk mengemudi.

2. Seting pikiran untuk fokus

Setelah perasaan anda tenang, maksudnya berkurang rasa takut atau ragu karena grogi. Selanjutnya ketika belajar mobil setinglah pikiran agar fokus. Jika anda belajar dengan panduan tutor/pelatih, maka fokuslah pada semua instruksi dari pelatih. Namanya pelatih pasti sudah berbekal ilmu dan pengalaman yang cukup tentang mengemudi jadi anda tidak perlu khawatir dengannya. Tahukah anda? biaya pelatihan resmi untuk menjadi seorang instruktur mengemudi saat ini berkisar antara 1,5-2,5 juta.

3. Tenangkan Pikiran

Seperti yang telah di jelaskan di tadi bahwa mengemudi mobil 80% tergantung dengan perasaan kita. Jadi, tenangkan pikiran anda. Kalo perasaan kita tenang pasti dalam mengemudi juga akan tenang, dan sebaliknya kalo perasaan sedang kacau maka mengemudinya juga akan kacau. Dengan kata lain, Mengemudilah menggunakan perasaan anda yang terbaik.

Seting pola pikir untuk bisa. Hal inilah yang paling terpenting ketika akan mulai belajar mengemudi. Dengan belajar merubah pola pikir untuk bisa maka anda akan benar-benar bisa. Pikiran sangat besar pengaruhnya terhadap tindakan kita. Anda saat ini sedang mencari referensi tentang belajar mengemudi. Anda mencarinya lewat internet dan membaca artikel saya yang membahas tentang belajar mengemudi mobil. Setelah anda membaca besok mungkin akan anda praktekkan. Dan besoknya lagi anda sudah bisa mengemudikan mobil. Anda tahu? Yang membuat anda bisa mengemudi bukan karena tulisan di dalam artikel saya ini melainkan anda telah "berpikir untuk bisa" karena telah mempraktekkan yang anda dapatkan dengan usaha anda sendiri. Itulah kehebatan dari pikiran kita miliki semua.

Dari keterangan di atas, bisa disimpulkan bahwa benar dengan kita seting pola pikirsebelum mengemudi akan sangat bermanfaat sekali dalam belajar mengemudi mobil. Untuk itu, bagi anda yang sedang belajar mengemudi teruslah semangat dalam belajar dan hilangkanlah rasa takut/ragu dengan berfikir untuk bisa. Seting pola pikir mengemudi anda,di imbangi dengan latihan rutin maka anda akan bisa.

Selamat Mengemudi.


Penulis: Sidiq Gunawan
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.latihannyetirgratis.tk


No comments:

Post a Comment