Cara Menghilangkan Bau Badan Yang Super Bau



Cara Menghilangkan Bau Badan Super Bau
The image is Pixabay property

Dalam beberapa kasus, mandi terlalu sering dan deodoran yang berlebihan yang tidak cocok menyebabkan bau badan. Bau badan dapat terjadi sebagai akibat dari berkeringat, namun tidak semua keringat memiliki bau yang tidak sedap, menurut Mayo Clinic. Ketika keringat terjadi di kulit Anda, itu dapat membuat bereaksinya bakteri di permukaan kulit Anda, yang menyebabkan bau badan.


Jika bau badan terus menerus dan tidak dilakukan pengobatan, maka konsultasikan dengan dokter untuk meyakinkan bahwa bau badan ini bukan merupakan gejala dari kondisi yang lebih serius, seperti hipertiroidisme atau hipoglikemia. Berikut ini berbagai cara menghilangkan bau badan yang super bau secara alami, silakan pilih yang cocok dengan anda :

1. Daun Kemangi

Daun kemangi dapat digunakan untuk mengurangi bau badan, karena pada daun kemangi ini, terdapat minyak atsiri dan bahan antiseptik yang dapat membantu mengurangi bau badan anda. Cara pengobatannya cukup mudah, yaitu anda hanya perlu masak dengan sayuran ataupun ikan, kemudian makan (dikonsumsi). Tidak ada efek samping yang dihasilkan jika anda memakan daun kemangi. Usahakan dilakukan secara sering, lebih sering lebih baik agar bau badan anda bisa cepat atau segera hilang.

2. Hindari Mengkonsumsi bawang Putih

Bawang putih memang baik untuk dikonsumsi, akan tetapi dapat membuat mulut atau napas kita menjadi tidak segar. Selain napas, ternyata bawang putih ini adalah penyebab timbulnya juga bau badan yang tidak sedap. Jadi, jika anda ingin bau badan anda berkurang, maka kurangilah mengkonsumsi bawang putih.

3. Mentimun.

Dengan menggunakan mentimun, ternyata dapat mengurangi bau badan anda. Cara penggunaannya itu sangat mudah, anda hanya perlu mengupasnya lalu menggosokkan pada bagian-bagian tertentu yang mengeluarkan bau tak sedap. Lakukan secara berulang, jika anda ingin memperoleh hasil yang maksimal.

4. Mengkonsumsi Jahe

Dengan mengkonsumsi jahe, dapat membantu anda untuk menghilangkan bau badan, karena manfaat dari jahe ini sangat banyak bagi tubuh dan salah satunya ialah dapat menghilangkan bau badan secara alami. Lakukan secara berulang, jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Batu tawas

Dengan menggunakan batu tawas, dapat menghilangkan bau badan anda secara alami. Batu tawas ini, bukan baru sekarang saja digunakan, akan tetapi sudah digunakan sejak dulu. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu gosokkan pada ketiak anda seusai mandi. Lakukan sesering mungkin, setiap setelah mandi, jika anda ingin memperoleh hasil yang maksimal.

6. Daun Sirih

Menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau badan merupakan hal yang sering dilakukan oleh orang-orang. Cara penggunaannya ialah hanya dengan memasak daun siri dengan air minimal beberapa gelas, setelah itu masak hingga 1 gelas saja. Ambil airnya terus minum air tersebut. Lakukan secara berulang dan rutin jika anda ingin bau badan anda cepat hilang.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bermanfaat untuk menghilangkan bau badan yang tidak enak, yaitu dengan cara memeras jeruk nipis, kemudian air jeruk nipis telah diperas tadi dicampur sedikit dengan kapur sirih. Setelah itu gosokkan pada bagian yang dapat menimbulkan keringat, seperti ketiak.

8. Jeruk Purut

Jeruk purut mempunyai kandungan minyak asiri yang terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan bau badan. Anda dapat mencobanya dengan cara mencampurkan kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dan air secukupnya. Setelah itu haluskan dan minum sari campuran tersebut.

9. Baking Soda

Baking soda dapat bermanfaat untuk mengurangi keringat yang berlebih saat melakukan aktifitas di luar ruangan. Anda dapat menggunakannya dengan cara memakai baking soda pada ketiak dan kaki sehingga dapat mengurangi keringat yang keluar dari dalam tubuh.

10. Rimpang Temulawak

Temulawak mempunyai kandungan zat saponim, flavoinoida dan minyak asiri yang dapat mengatasi bau badan. Anda apat mencobanya dengan cara meminum air rebusan rimpang temulawak yang sudah dipotong-potong. Selain itu anda juga dapat menggunakan sisa parutan termulawak dengan cara dibalurkan keseluruh badan dan diamkan hingga kering.

11. Cuka Apel

Cuka apel merupakan deodoran alami yang dapat mengurangi pH kulit, anda dapat mencobanya untuk menghilangkan bau ketiak yang menganggu dengan cara menggunakan sari cuka apel setiap hari sebagai penggangi deodoran. Anda dapat menggunakannya dengan cara memasukkan cuka apel ke dalam segelas air, kemudian pakailah untuk membilas ketiak setiap mandi.

12. Minyak astiri

Usapkan minyak astiri pada ketiak, astiri ini adalah deodoran alami yang perlu anda pakai kalau ingin bebas dari ketiak yang berbau. Cara yang satu ini memang terdengar asing akan tetapi memang ampuh.

13. Cengkeh

Beberpa kuntum bunga cengkeh direndam sehingga mengembang kemudian airnya diminum. Campurkan air rebusan beberapa kuntum cengkeh dengan gula merah. Selain menghilangkan bau badan minuman ini dapat pula menjadi minuman segar dan menghangatkan dikala hujan.

14. Daun Beluntas

Tanaman yang biasa digunakan sebagai pagar hidup ini mempunyai sifat khas berbau langau dan berasa getir. Daun dan bunganya mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptik. Kandungan kimianya antara lain asam amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi vitamin A & vitamin C. Untuk menghilangkan bau badan, daun beluntas biasa dimakan mentah atau dikukus terlebih dahulu. Daun beluntas yang telah direbus juga lezat disantap sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui).

Jika biasanya menyantap daun beluntas, bau badan akan hilang. Selain itu, bau mulut yang kurang sedap pun akan hilang. Bagi yang tidak suka, bisa dengan meminum air rebusan daunnya setiap pagi dan sore. Beluntas juga bermanfaat menurunkan suhu tubuh untuk mendinginkan tubuh karena setelah minum air beluntas maka banyak keringat yang keluar dari tubuh dan suhu tubuh menjadi turun.

15. Bunga Kecombrang

Zat aktif yang terkandung didalamnya yang dapat menghilangkan bau badan adalah sapomin, flavoinoida dan polifenol. Kecombrang dapat dimanfaatkan dengan memasak daun muda dan bunganya dimakan sebagai teman makan nasi. Didaerah tertentu kecombrang biasa dimasak sebagai sayur lodeh.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai makanan-makanan yang harus dikurangi karena akan menambah bau badan, yaitu :

1. Rempah-rempah

Rempah-rempah dengan aroma kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau badan. Contoh makanan tersebut adalah bawang putih, bawang merah, dan kari.

2. Daging Merah

Butuh waktu lama untuk mencerna daging merah. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang merupakan penyebab bau keringat. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Chemical menyimpulkan, wanita menilai pria yang tidak mengkonsumsi daging lebih menyenangkan, lebih menarik, dan sedikit mengalami bau badan daripada pria yang makan daging.

3. Alkohol & Kafein

Meskipun mengonsumsi alkohol dan kafein (kopi, teh, cokelat, soda, dll) telah menjadi kebiasaan, dengan membatasi minuman tersebut, badan anda akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau.

4. Gorengan

Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.

5. Tembakau

Asap rokok yang bercampur dengan unsur-unsur lain dan keluar melalui kelenjar keringat akan menimbulkan bau tak sedap yang khas. Bahkan setelah berhenti merokok, bau ini akan tetap tinggal di badan Anda dalam waktu berminggu-minggu.

6. Trimetilamina

Beberapa orang memiliki kelainan genetik yang dikenal sebagai trimethylaminuria. Dalam kondisi ini, tubuh tidak mampu untuk memecah asam amino, trimetilamin, yang lagi-lagi menghasilkan bau badan amis. Ada banyak makanan yang mengandung asam amino, seperti seafood, minyak ikan, telur, hati, susu sapi, kacang-kacangan, produk kedelai, brokoli.

7. Kolin

Makanan yang kaya kolin bisa membuat keringat Anda seperti bau ikan. Beberapa orang, yang tidak bisa mencerna makanan ini mudah, “berbau amis.” Contoh makanan tersebut adalah telur, hati, ikan, dan kacang-kacangan.

8. Produk Susu

Produk susu juga kaya protein, yang ketika dipecah dalam perut Anda, menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merupakan pemicu bau busuk.

9. Makanan Olahan & Junk Food

Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam atau gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan sebagainya, cenderung akan membusuk di perut, sehingga memproduksi bau napas yang tidak diinginkan dan bau badan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Beni Eko S
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://berbagi-ilmu-terlengkap.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment