Parfum, Cara Bijak Memilihnya



The image is Pixabay property

Kehidupan bersosial dan gaya hidup saat ini menuntut setiap orang tampil segar dan wangi tentunya. Sungguh tidak nyaman jika seseorang yang aktif tapi bau badannya tidak sedap. Parfum sudah ada dari jaman nenek moyang manusia di muka bumi ini, dan seiring perkembangan zaman parfum menjadi semakin beragam. Banyak orang yang ingin membeli parfum tapi bingung memilih parfum yang cocok. Parfum yang nyaman dipakai. Sebenarnya tidak ada peraturan tentang cara memilih parfum yang sesuai. Tapi memang banyak artikel mengenai tips memilih parfum berdasarkan zodiak, berdasarkan pekerjaan, berdasarkan usia dan sebagainya. Menurut saya semua teori itu tidak begitu perlu. 


Faktanya banyak orang memilih parfum hanya karena ikut-ikutan. Mungkin karena mencium parfum orang lain,  lalu ingin mencari aroma yang sama sehingga memilih berbagai parfum. Tahukah anda bahwa parfum yang sama tapi dipakai orang yang berbeda akan menimbulkan efek aroma yang berbeda juga. Walaupun dominan beraroma sama, tapi efek aromanya bisa berbeda. Karena ada kemungkinan bercampur antara keringat yang tiap orang berbeda itu dengan parfum yang dipakai.

Ada yang menyatakan bahwa parfum itu urusan rasa dan selera, selayaknya masakan. Gunakan rasa dan selera anda, jangan percaya pada orang lain atau penjual parfum. Bagaimana cara memilih parfum yang sesuai? Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan:
  1. Penjual parfum akan merekomendasikan kepada anda parfum-parfum baru. Tipsnya: jangan terlalu percaya, sambil senyum tetap gunakan rasa dan selera anda sampai menemukan aroma yang disukai. Karena parfum itu urusan rasa dan selera, tidak berpengaruh apakah parfum baru atau lama.
  2. Penjual parfum akan menyemprotkan sampel parfum ke paper scent atau paper strip atau paper test atau kertas kecil-kecil yang bisa menahan aroma parfum, sehingga bisa dicium baunya. Tipsnya: jangan terlalu percaya dengan bau parfum di kertas, karena parfum yang akan kita pakai akan bercampur dengan keringat kita dan menghasilkan aroma yang lain. Jika sudah menemukan parfum yang sesuai aroma dengan rasa dan selera kita, semprotkan di kulit anda atau baju anda. Di baju boleh disemprotkan karena baju akan terkena keringat, dengan jarak semprot sekitar 15 cm supaya tidak meninggalkan bekas pada baju.
Jika ada dua atau tiga macam parfum yang berhasil ditemukan dengan pencarian sesuai rasa dan selera tadi, semprotkan di tiga titik yang berbeda juga. Disemprotkan di kulit anda atau baju anda. Lalu keluarlah dari toko parfum itu, pakailah jalan-jalan dulu jika memungkinkan. Sesekali ciumlah di tempat yang disemprot parfum tadi.

Kenapa harus berlama-lama dulu? Karena aroma parfum itu akan muncul setelah tiga proses perubahan, yaitu top notes (aroma ketika pertama kali disemprot), middle notes (aroma kedua selang sekitar 2 jam setelah disemprot), based note (aroma terakhir, aroma yang paling lama nempel, yang paling enak). Jika kita hanya mencium dari kertas tester, lalu langsung membelinya, kita tidak akan bisa mencium ketiga aroma dalam ketiga proses tadi. Dan kita pun tidak bisa menguji long lasting atau ketahanan aroma parfum.

Jika sudah melewati proses 1 dan 2, sehingga menemukan aroma yang cocok, silahkan kembali ke toko parfumnya dan belilah parfum tersebut. Selanjutnya saya akan membahas cara menggunakan parfum. Tapi sebelum itu, mungkin sebaiknya kita mengenal dulu cara memakai parfum yang standar yang sering dilakukan orang-orang adalah seperti ini:

1. Semprotkan parfum di nadi tangan sebelah kiri atau kanan, lalu tempelkan kedua nadi selama beberapa detik, 3-5 detik, lalu kedua nadi tempelkan di leher bagian bawah telinga. Ditempel bukan digosokkan. Dengan cara seperti ini parfum anda akan lama habisnya dari botol parfum atau menghemat parfum. Satu semprot 4 titik lokasi di tubuh kita sudah terkena parfum. Cara seperti ini efektif bagi anda yang beraktifitas di dalam ruangan ber-Ac. Tapi untuk yang beraktifitas di luar ruangan tidak efektif, karena butuh parfum lebih banyak.

2. Semprotkan parfum di leher anda, nadi anda dan bagian dada anda. Bau yang akan tercium akan fantastis, wangi sekali. Penggunaan parfum yang berlebihan seperti ini sebenarnya kurang bagus.

3. Semprotkan di baju anda. Langkah ini bisa anda lakukan, bahkan ini yang paling lazim dilakukan oleh kebanyakan orang. Tapi tidak lazim untuk orang luar Indonesia. Tapi hal ini sah-sah saja, karena bisa tampil wangi dan segar seharian.

Selanjutnya saya akan memberikan rahasia bagaimana caranya agar parfum kita tidak boros tapi juga bisa tampil wangi setiap hari dengan trik pemakaian parfum yang sederhana tapi efektif, hanya dengan dua semprotan saja, yaitu:

1. Semprotan pertama di nadi, tempel kedua nadi lalu tempel di bawah telinga. Tidak perlu digosok, hanya ditempelkan selama 3-5 detik saja. Cara ini persis seperti poin nomor satu pada cara memakai parfum standar.

2. Semprotan kedua di balik kerah bagian belakang. Sisi bagian dalamnya. Spot inilah rahasianya. Baju kena, kulit bawah leher kena dan terlindung dari angin. Di bagian ini parfum bisa bertahan lama.

Itulah artikel mengenai parfum dari mulai cara pemilihan sampai cara pemakaiannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.


Penulis: Irfan Ro
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.irfanro.com


No comments:

Post a Comment