Cara Mengatasi Cantengan



Cara Mengatasi Cantengan
The image is Pixabay property

Perlu diketahui bahwa kuku bisa hidup tumbuh meskipun bila kita gunting atau kikir, memang tidak menimbulkan rasa sakit saat shipping, tapi kuku itu hidup, buktinya kuku dapat memanjang. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk mendapatkan kuku yang kuat dan cantik :
  1. Memperpendek kuku dengan menggunakan kikir kuku, jangan dengan menggunakan gunting kuku. Karena kuku kita itu, bila kita lihat penampang melintangnya terlihat seperti bawang (terdiri dari lapisan–lapisan). Jadi bila kita gunting, maka kuku akan menjadi mudah patah karena ada lapisan yang terlepas .
  2. Bersihkan kuku dengan air hangat dan sikat halus untuk membersihkan kuku.
  3. Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin C.

Setelah Anda menjalani tips diatas, maka kuku Anda menjadi lebih kuat dan cantik. Apalagi bila Anda menambahkan pewarna kuku bisa menjadi lebih indah. Beberapa masalah umum yang umum terjadi pada kuku, adalah cantengan. 

Mengalami cantengan pada kuku dapat sangat menjengkelkan karena dapat mengganggu aktivitas dan mempengaruhi penampilan. Bila Anda mengalami cantengan (paronikia) maka terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjang penyembuhan dan mencegah kekambuhan.

Cantengan atau dalam dunia medis disebut dengan paronikia merupakan infeksi bakteri pada daerah kuku dan sekitarnya yang menyebabkan bengkak, nyeri, nanah, kerusakan kuku dan peradangan. Masalah ini dapat sangat mengganggu karena mempengaruhi kenyamanan beraktivitas. Cantengan ini dapat terjadi pada kuku kaki maupun tangan.

Cantengan (paronikia) dapat terjadi secara akut maupun kronik. Paronikia yang akut terjadi karena adanya trauma atau manipulasi berlebihan pada daerah kuku dan sekitarnya seperti menggigiti kuku, perawatan manikur yang salah, penggunaan kuku  palsu, atau menggunting kuku terlalu dalam. 

Sedangkan paronikia kronik merupakan paronikia yang terjadi selama 6 minggu atau lebih dan seringkali terjadi  setelah terpapar air atau lingkungan yang lembab. Terkadang juga hal ini terjadi pada mereka yang memiliki penyakit seperti diabetes, obesitas, hiperhidrosis (tangan yang terlalu berkeringat), sistem imun yang buruk, kelainan hormon, dan konsumsi obat-obat yang menekan sistem imun.

Beberapa tips pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah:
  • Gunakan alas kaki yang melindungi dan nyaman.
  • Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit ukurannya atau yang ujungnya terlau sempit.
  • Jangan berlebihan menggunting kuku tangan maupun kaki. Sebaiknya kuku digunting tidak terlalu dalam, dan jangan sampai terlalu melengkung. Akan lebih baik jika kuku digunting mendatar.
  • Jangan biarkan kuku terlalu pendek ataupun terlalu panjang. Rawatlah kuku dengan baik dan pastikan panjangnya normal dan cukup melindungi.
  • Bersihkan kaki secara rutin, dan jagalah senantiasa kering. Jika bekerja di daerah yang mengharuskan kaki atau tangan menjadi basah, gunakanlah alat pelindung, misalkan: sarung tangan atau sepatu bot pada pekerja cuci.

Bila Anda mengalami cantengan (paronikia) maka terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjang penyembuhan dan mencegah kekambuhan:
  • Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.
  • Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.
  • Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku).
  • Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).
  • Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi).

Jika cantengan tidak kunjung membaik setelah penanganan diatas, berikut langkah penanganannya:
  1. Jika cantengan Anda tidak membaik juga dalam beberapa hari dan infeksi semakin parah, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada penyebab lain seperti jamur atau alergi.
  2. Pembedahan kuku untuk mengangkat kuku yang rusak dan terinfeksi serta pengeluaran nanah juga mungkin diperlukan jika infeksi yang terjadi cukup parah. Anda tidak perlu kuatir mengenai pembedahan kuku, karena tindakan ini diperlukan agar infeksi tidak meluas dan menyebar. Jika kuku Anda diangkat maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6 bulan.


Lihat artikel menarik lainnya dalam httpss://www.klikdokter.com/


No comments:

Post a Comment