Jagung Muda, Kandungan Dan Manfaatnya



Jagung Muda, Kandungan Dan Manfaatnya
The image is Pixabay property

Jagung adalah serealia yang menjadi andalan sebagian petani. Buah jagung tidak hanya bermanfaat ketika dipanen atau ketika setengah matang, tetapi jagung muda yang belum berbiji ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bentuknya boleh kecil, namun ternyata manfaatnya tidak kecil bagi kesehatan. 

Jagung di Indonesia bukan lagi tanaman langka, karena tanaman ini adalah termasuk salah satu yang tumbuh subur di khatulistiwa atau di negara beriklim tropis. Jagung dimasa lalu tidak hanya sebagai makanan makanan ringan tetapi juga menjadi makanan penting atau makanan pokok bagi sebahagian orang, bahkan hingga di beberapa daerah di Indonesia masih menggunakan jagung sebagai maakanan pokok pengganti beras. 

Jagung muda adalah jagung yang di ambil dari pohon jagung biasa juga, namun jagung ini dipanen lebih awal sebelum bijinya mengeras. Lantas apa saja manfaat jagung Muda bagi Kesehatan. Berikut ualsannya

1. Membantu menurunkan berat badan

Jagung adalah makanan sehat yang rendah lemak, ini sangat nampak jelas pada jagung muda. Jadi jagung muda lebih sehat sebenarnya ketimbang jagung besar baisa. Kandungan lemak yang rendah, kaya asam folic, potassium dan memiliki indek glikemik rendah menjadikan jagung muda lebih sehat kalau dibandingkan dengan jagung tua. Ini bisa menjadi alsan kenapa manfaat jagung muda bagi kesehatan lebih baik dibandingkan yang telah besar. 

Begitu juga, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan sangat disarankan untuk mengkonsumsi jagung muda yang rendah lemak namun kaya potasium dan serat, serta indek glikemik rendah.

2. Melancarkan pencernaan

Selanjutnya, manfaat jagung muda bagi kesehatan adalah melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Ini dikarenakan dalam jagung muda banyak mengandung vitamin B yang berperan dalam melancarkan kegiatan pencernaan, tidak hanya itu dalam jagung muda juga banyak mengandung serat yang bagus untuk melancarkan pencernaan tubuh dan mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. 

3. Mencegah diabetes

Manfaat jagung muda bagi kesehatan dalam mencegah diabetes. Kandungan serat yang tinggi serta sedikitnya kandungan karbohidrat dalam jagung muda membuat buah ini sehat dikonsumsi dan bisa mencegah diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

4. Sebagai sumber energi yang sehat

Kandungan lemak jenuh yang sedikit dalam jagung muda menjadikan jagung ini masih sehat dikonsumsi. Selain itu, dalam jagung muda juga banyak protein. Protein inilah yang akan menjadi sumber enrgi, karena protein bekerja dalam mengatur dan memulihkan jaringan otot dalam tubuh. 

5. Mencegah Penyakit Alzeimer

Manfaat jagung muda bagi kesehatan dalam mencegah Alzeimer. Alzeimer adalah penyakit kepikunan yang menyebabkan seseorang hilang ingatan, biasanya terjadi pada orang lanjut usia, namun tidak tertutup kemungkinan penyakit Alzeimer terjadi pada orang muda. 

Kenapa jagung muda, karena jagung muda banyak mengandung folat, inilah zat yang bekerja mencegah terjadinya kepikunan pada seseorang. Folat adalan unsur yang bermanfaat dalam memberikan nutrisi bagi otak. 

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi (high blood pressure)

Dalam jagung muda mempunyai kadar postasium hingga 17 mg. Inilah yang akan mengatur dan menstabilkan darah sehingga mencegah seseorang dari tekanan darah tinggi. Potasium adalah mineral yang penting untuk tubuh, karena bekerja dalam mengatur darah dan melancarkan aliran darah.

7. Mencegah Kerusakan Paru-Paru

Selanjutnya, manfaat jagung muda bagi kesehatan adalah mencegah kerusakan paru-paru. Hal ini bisa terjadi karena dalam jagung muda mengandung cryptoxanthin, zat ini nantinya akan di ubah menjadi vitamin A, ini akan mencegah terjadinya kanker pada paru-paru.

Demikianlah beberapa manfaat jagung muda bagi kesehatan. Dengan mengetahui informasi sederhana ini, semoga anda bisa menyukai jagung muda, untuk mengkonsumsinya kita bisa membuat berbagai masakan dengan jagung muda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Lihat artikel menarik lainnya dalam http://buahbuahanbermanfaat.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment