Cara Membuka Kunci Pola Layar Android Yang Terblokir atau Lupa Password



Cara Membuka Kunci Pola Layar Android Yang Terblokir atau Lupa Password
The image is Pixabay property

Lock Screen atau biasa disebut kunci layar android merupakan fitur paten atau bawaan dari setiap smartphone. Fitur ini berfungsi untuk menjaga privasi smartphone dari orang-orang yang super kepo. Nah kalo bicara soal teman yang kepo, pernah gak sih sobat punya temen yang super kepo dengan modus meminjam Hp dengan dalil minta file seperti mp3, video tapi ada maksud terselubung seperti misalnya membuka inbox sms atau yang paling parah membajak akun sosmed yang sedang login di Hp kita. Kalo sobat pernah mengalami hal diatas berarti teman kita sama-sama genius bin koplak, wkwk..

Kunci Layar android merupakan solusi untuk sobat yang ingin privasinya terjaga dari orang-orang yang kepo bin jahil atau dari anak kecil sekalipun. Tapi tau gak sob kalo sebenarnya mengaktifkan fitur kunci pola juga gak seaman yang sobat kira. Maka saya lebih tepat menyebutnya sebagai bom waktu, loh kok bom waktu sih? hehe.. gini loh, fitur kunci pola layar android sebenarnya sangat rentan dan rawan jika sobat meletakan smartphone sobat secara sembarangan, jika kita mengaktifkan fitur lock screen ini dan meletakan secara sembarangan bisa saja Hp sobat untuk mainan anak kecil atau orang-orang yang kepo dengan memasukan pola kombinasi secara asal dan berakibat Hp sobat mati. Pada umumnya jika pola kunci kombinasi ini salah 10 kali berturut-turut ya sudah tidak ada ampun lagi deh, Hp sobat akan mati dan tidak bisa masuk ke menu seperti semula.

Memang setelah memasukan kombinasi kunci pola 10 kali berturut-turut dan gagal akan menyebabkan Hp sobat mati, tapi yang saya maksud mati disini bukan mati total tetapi Hp sobat hanya tidak bisa masuk ke menu utama jadi hanya muncul simbol OS android saja. Nah dengan demikian jika sobat mengaktifkan kunci pola layar sebaiknya lebih waspada dan hati-hati, jauhkan dari jangkauan orang-orang super kepo dan anak kecil.

Nah jika Hp sobat terlanjur dan sudah mengalami hal diatas maka tenang saja, karena Hp sobat masih bisa ditolong dan caranya juga mudah. Sobat tidak perlu repot-repot membawanya ke konter Hp untuk di flash ulang karena cuman buang-buang uang saja. sebaiknya sobat prektekan tutorial yang akan saya berikan ini. dijamin manjur sob, yuk simak.

Cara yang saya berikan ada dua macam, tapi meskipun dua ini cara yang paling ampuh sob. Ya walaupun di internet ada banyak cara tapi menurut saya cara inilah yang paling jitu, simple dan pastinya gak terlalu ribet. nah silakan sobat butikan sendiri ya.

1. Menggunakan Recovery Account

Cara yang pertama ini dengan menggunakan recovery account google pada Hp sobat. cara ini terbilang sangat mudah karena hanya perlu satu buah akun gmail yang aktif untuk memulih smartphone sobat. Silakan simak sob caranya dibawah supaya lebih jelas dalam mempraktekanya.

Hal pertama yang wajib sobat siapkan yaitu satu buah Account Google (Account Palystore) untuk syarat merecovry akun. Cara yang satu ini sangat aman karena sobat hanya perlu memasukan email saja tanpa kehilangan file-file penting di smartphone sobat. Caranya sobat hanya perlu menekan tombol "Forgot Patern" yang muncul ketika sobat salah memasukan kombinasi pola kunci layar. selanjutnya sobat masukan email dan password secara benar.

Cara Membuka Kunci Pola Layar Android Yang Terblokir atau Lupa Password
The image is Yayankurniawan.com property

Nah jika cara yang pertama ini berhasil maka sobat tidak perlu lagi melanjutkan ke cara yang kedua. karena cara kedua akan membuat file-file di smartphone android sobat terhapus seperti keluaran dari pabrik. Jika cara yang pertama ini berhasil sobat bersukur karena masalahnya tidak terlalu parah, nah jika tidak berhasil apa boleh buat, sobat lanjutkan ke cara yang kedua walaupun beresiko.

2. Menggunakan Hard Reset Android

Sebagai Catatan : Cara ini akan mereset semua file dan akun yang ada di Hp android sobat sehingga kembali seperti bawaan pabrik. Sebelum sobat memulai cara yang kedua ini sebaiknya sobat membackup terlebih dahulu file-file yang sobat kira penting ke SDCard, dan sebelum melakukan hard reset copot terlebih dahulu SDCard dari hp sobat.

1. Pastikan baterai hp sobat tidak dalam keadaan "Low"
2. Kemudian matikan Hp sobat.
3. Lalu lepaskan SDCard dan SimCard yang masih menempel pada Hp.
4. Untuk langkah selanjutnya sobat tekan dan tahan tombol kombinasi "Tombol Home+Power+Volume Atas" secara bersamaan dan tahan terus sampai muncul logo android dan merek Hp sobat.
5. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuka Kunci Pola Layar Android Yang Terblokir atau Lupa Password
The image is Yayankurniawan.com property

6. Kemudian Pilih Menu "Recovery", sobat bisa menggunakan tombol volume untuk scrool keatas dan kebawah.
7. Setelah muncul seperti gambar diatas, kemudian pilih "Wipe Data/Factory Reset" kemudian tekan tombol Home untuk Yes.
8. Lalu pilih menu "For All User".
9. Kemudian Pilih "Reboot Now".
10. Lalu tunggu beberapa saat hingga sistem selesai mereboot.
11. langkah terakhir sobat hanya perlu memasukan Account gmail yang baru untuk mengaktifkan Hp android sobat.
12. Selesai... Selamat mencoba..

Nah dari kedua cara diatas, cara pertama lah yang menurut saya paling mudah. selain itu cara yang pertama juga tidak ada resiko dan mudah dipraktekan. Nah untuk cara yang kedua, tidak usah sobat praktekan jika cara yang pertama berhasil.

Dari kedua cara diatas merupakan solusi untuk membuka kunci pola layar android yang terblokir atau lupa password, nah untuk artikel ini saya akhiri terlebih dahulu karena saya kira tutorialnya sudah jelas. Sekian dan terimakasih.


Penulis: Yayan Kurniawan
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.yayankurniawan.com


5 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sort for deleting your comments. It isn't relevant with the article.

      Delete