Cara Mendongkrak Kualitas Diri



Cara Mendongkrak Kualitas Diri
The image is Pixabay property

Apakah Anda seseorang yang menyukai perubahan untuk tumbuh? Atau apakah Anda selalu berusaha untuk memperbaiki nilai diri hingga menjadi pribadi yang lebih baik? Jika memang demikian, itu tandannya kita memiliki kesamaan untuk terus tumbuh dan bergerak maju. Saya orang yang selalu bersemangat membicarakan topik pengembangan diri.

Hal ini bermula sekitar 3 tahun yang lalu ketika saya mengalami sesuatu kejadian pahit yang mengharuskan saya untuk tumbuh dan berkembang. Saat saya berpikir tentang arti kehidupan, saya menyadari tidak ada yang lebih berarti dari pada mengejar kehidupan itu sendiri serta kepribadian yang baik.

Hal ini tentu saja tidak bisa dilepaskan dari perbaikan diri kita sendiri agar kita mendapatkan hasil maksimal dari kehidupan. Semakin saya tumbuh, semakin saya menyadari bahwa begitu banyak hal di luar sana yang tidak saya ketahui, sehingga saya harus terus belajar. Namun yang pasti, selalu ada sesuatu tentang diri kita yang bisa perbaiki.

Banyak studi menulis bahwa potensi setiap orang tak terbatas, sehingga mustahil untuk mencapai titik dimana tidak ada lagi pertumbuhan. Setiap kali kita berpikir kita baik, kita bisa menjadi lebih baik lagi. Sebagai bahan pertimbangan berbagai kiat pengembangan diri, saya terus menerus mencari cara untuk meningkatkan kapasitas diri.

Saya telah mengumpulkan 45 cara meningkatkan kualitas diri, yang mungkin saja bisa membantu dalam proses pengembangan diri Anda. Beberapa diantaranya merupakan langkah sederhana yang dapat Anda lakukan dengan segera.

Namun, sebagian lagi merupakan langkah yang lebih besar yang tentunya memerlukan usaha keras dan kesadaran tinggi untuk melakukannya. Berikut ulasan selengkapnya:

#1. Melahap Buku Setiap Hari
Buku merupakan jendela ilmu dan sumber informasi serta kebijaksanaan. Semakin banyak buku yang Anda baca, semakin bijaksana Anda mengekplor diri Anda. Buku apa saja sih yang telah Anda baca hingga tuntas dalam upaya memperkaya kemampuan Anda?

Salah satu buku favorit saya yaitu The Secret Behind The Secret. Buku lainnya adalah Happiness dan Cara Menghadapi Kenyataan Mimpi Tak Terwujud. Hampir setiap hari saya membaca artikel tentang pengembangan diri baik yang berhasa Indonesia maupun terjemahan bahasa inggris.

#2. Mempelajari Bahasa Baru
Sebagai orang Indonesia, bahasa utama saya adalah bahasa Indonesia. Sedangkan keseharian saya menggunakan bahasa ibu dan bahasa gaul di tempat saya tinggal. Dimana saya berada saya selalu berusaha mempelajari bahasa didaerah tersebut.

Saya dulu dan hingga kini masih mempelajari bahasa inggris baik tulisan maupun lisan. Saya sangat menyadari bahwa belajar bahasa adalah keterampilan baru bagi saya, dan proses aktualisasi diri dengan bahasa serta budaya sungguh membuka lembaran baru kehidupan.

#3. Mempelajari Hobi Baru
Menjalani hobi favorit itu sudah biasa, namun ada sesuatu yang lebih dari itu yaitu mempelajari hobi baru ataupun mempelajari olah raga baru. Contohnya adalah  golf, panjat tebing, sepak bola, mengayuh kano, atau skate board.

Sebenarnya, hobi baru juga bisa dijadikan alternatif hiburan dan rekreasi. Misalnya, tembikar, memasak, belajar menari, desain blog, dan lainnya. Belajar sesuatu yang baru pasti mengharuskan Anda untuk meregangkan diri dari berbagai aspek baik secara fisik, mental, emosional atau sipritual.

#4. Mengikuti Kursus yang Baru Sama Sekali
Apakah ada program kursus baru Anda ikuti? Kursus yang baru adalah cara yang sangat bagus untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru.

Anda tidak harus mengikuti program jangka panjang, seminar atau workshop untuk mencapai tujuan ini. Saya sendiri pernah mengikuti kursus internet marketing di AB yang telah membantu saya mendapatkan wawasan baru yang tidak saya pertimbangkan sebelumnya.

#5. Pertimbangkan untuk membuat Ruang Inspiratif
Lingkungan Anda menentukan suasana hati dan alunan nada untuk Anda. Jika Anda tinggal di lingkungan yang inspiratif, Anda akan terinspirasi setiap hari. Di masa lalu, saya tidak suka kamar saya sama sekali karena saya pikir itu pengab, berantakan dan sangat membosankan.

Akhirnya saya bersama isteri memutuskan untuk merombaknya. Kami kini memiliki kamar yang tergolong luas dan nyaman. Didalam kamar tersebut saya benar-benar menikmati dan selalu menginspirasi saya untuk berada di puncak imajinasi saya setiap hari.

#6. Jadilah Lebih Berani
Setiap orang tentu memiliki rasa takut dalam dirinya. Takut ketidakpastian, takut berbicara di depan umum, takut risiko. Semua ketakutan kita menjaga kita dalam posisi yang sama dan mencegah kita untuk maju.

Mengakui bahwa ketakutan Anda mencerminkan posisi di mana Anda dapat sukses. Saya sendiri selalu beranggapan bahwa ketakutan sebagai kompas untuk kesuksesan saya. Jadi apabila saya memiliki rasa takut tentang sesuatu, itu tandanya sesuatu yang saya belum pernah lakukan. Menghadapi dan menyikapi hal ini kemudian membantu saya untuk tumbuh.

#7. Tingkatkan Terus Keterampilan Anda
Saat Anda memainkan video game seperti COC, Anda akan tahu konsep next level yaitu memperoleh pengalaman sehingga Anda dapat menjadi lebih baik dan lebih kuat.

Sebagai seorang blogger paruh waktu, saya terus meningkatkan keterampilan menulis saya. Sebagai seorang karyawan saya juga tentunya terus meningkatkan kemampuan saya untuk menjawab tantangan kerja. Nah, keterampilan apa saja yang telah Anda dapatkan dan terus Anda tingkatkan saat ini?

#8. Bangun Lebih Pagi
Bangun lebih pagi telah diakui oleh banyak orang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup Anda. Saya merasa ketika Anda bangun lebih pagi, pola pikir Anda sudah diatur untuk melanjutkan momentum dan proaktif menjalani hari.

Beberapa saat yang lalu saya sempat memposting artikel tentang 11 Kiat Praktis Agar Bisa Bangun Pagi. Artikel ini wajib Anda baca untuk membantu menumbuhkan kebiasaan ini.

#9. Latihan Fisik
Akan jauh lebih baik jika Anda mulai dengan membentuk fisik yang lebih baik. Saya pribadi membuat latihan untuk Push Up minimal 4 kali seminggu sebelum mandi. Anda mungkin ingin melakukan olahraga fisik lain, seperti joging dan berenang untuk variasi.

#10. Membuat Buku Ide
Sebuah buku ide untuk pegangan hidup adalah ide yang saya mulai 2 tahun yang lalu. Pada dasarnya, buku yang berisi tentang ide penting yang terlintas dalam benak saya.

Selain itu buku ini sebagai pegangan mengenai bagaimana Anda dapat menjalani hidup Anda sepenuhnya, seperti tujuan Anda, nilai-nilai dan tujuan. Semacam panduan Anda untuk hidup Anda. Saya sendiri memiliki buku ide untuk pegangan saya sejak tahun 2014.

#11. Menulis Surat kepada Diri Sendiri di masa depan
Apa yang Anda lihat dalam diri Anda setelah tahun dari sekarang?
Apakah Anda akan sama seperti ini atau berbeda?
Orang seperti Anda kelak Anda di masa depan?

Tulislah sebuah surat untuk masa depan Anda, 1 tahun dari sekarang akan menjadi awal yang baik dan tutup rapat surat itu. Selanjutnya buat tanggal di kalender Anda untuk membukanya 1 tahun lagi. Kemudian mulailah bekerja dan menjadi orang yang Anda inginkan ketika membuka surat itu kelak.

#12. Beranjak Zona Nyaman
Kemajuan riil datang dengan kerja keras dan keringat. Berada pada zona yang terlalu nyaman tidak akan membantu kita untuk tumbuh bahkan menjadikan kita stagnan.
Apa zona nyaman Anda saat ini?
Apakah Anda menghabiskan sebagian besar waktu?
Apakah Anda menjaga ruang itu ketika Anda bersama orang lain?

Lakukan perubahan secara rutin, dan lakukan sesuatu yang berbeda. Dengan mengekspos diri Anda untuk konteks baru, Anda benar-benar tumbuh saat Anda belajar untuk bertindak dalam situasi yang baru.

#13. Menempatkan Seseorang Sebagai Tantangan
Persaingan adalah salah satu cara terbaik untuk terus maju. Menetapkan tantangan  seperti penurunan berat badan, olahraga, pengelolaan keuangan, dll serta bersaing dengan teman Anda untuk melihat siapa yang mencapai target paling awal.

Melalui proses ini, Anda berdua tentunya akan mendapatkan lebih banyak tantangan dan pengalaman dari pada jika Anda tidak menetapkan target.

#14. Mengidentifikasi “Blind Spot” Anda
Ini sesuatu yang Ilmiah, titik buta bukan semata mata merujuk pada daerah mata yang tidak mampu melihat. Dalam hal pengembangan diri, titik buta adalah hal-hal tentang diri kita sendiri yang terkadang tidak kita sadari.

Menemukan titik buta tentu akan membantu kita dalam menemukan sesuatu yang perlu diperbaiki dalam diri kita. Satu latihan yang saya gunakan untuk menemukan titik buta adalah dengan mengidentifikasi semua hal / peristiwa / orang yang memicu saya dalam sehari/ pemicu yang membuat saya merasa terganggu / aneh / terpengaruh.

Hal ini merupakan blind spot yang ada dalam diri saya. Kegiatan ini selalu menyenangkan terutama melakukan latihan ini membantu saya menemukan hal-hal baru tentang diri saya. Bahkan jika saya mungkin sudah berpikir saya tahu apa saja titik buta saya sendiri (tapi kemudian itu bukan titik buta). Setelah saya mengetahuinya, saya langsung memperbaiki dan jika perlu lakukan langkah-langkah untuk mengatasinya.

#15. Minta Masukan dari Orang Lain
Semakin banyak kita mencoba untuk maju, kita selalu akan memiliki titip buta. Akan lebih baik meminta saran berupa umpan balik yang memberi kita perspektif lain.

Beberapa orang terdekat seperti teman, keluarga, kolega, atasan, atau bahkan kenalan, karena mereka tidak akan memiliki bias yang ditetapkan dan dapat memberikan umpan balik secara objektif.

#16. Tetap Fokus pada Daftar
Saya selalu memulai hari dengan daftar tugas yang ingin saya selesaikan dan hal ini membantu saya tetap fokus. Sebagai perbandingan, hari-hari ketika saya tidak membuat listing pekerjaan hingga menjadi sangat tidak produktif.

Misalnya, daftar wajib saya untuk hari ini adalah untuk menulis posting di www.danzierg.com dan untuk hal inilah mengapa saya menulis ini. Karena pekerjaan mengharuskan saya menggunakan komputer sepanjang hari, akhirnya saya membuat Notes pada hape untuk mengelola list pekerjaan hari ini. Ini sungguh mudah digunakan dan gratis lagi, jadi saya sarankan Anda segera menggunakannya.

#17. Mindset Big Hairy Audacious Goals (BHAG)
Sesungguhnya saya bukan penggemar berat dari BHAG. BHAG bukan sekedar visi dan misi melainkan gagasan spektakuler yang mampu melampaui kapasitas normal Anda karena mereka besar dan berani.

Anda tidak akan berpikir mencoba sesuatu secara normal. Mengatur BHAG dalam pikiran kita kelak membuat Anda akan merasa benar-benar di puncak dunia setelah Anda menyelesaikan mereka. Buatlah ini dalam pikiran Anda dan mulailah bekerja dengan pedoman ini.

#18. Mengekui Kelemahan
Setiap orang tentu memiliki kelemahan. Namun yang paling penting adalah untuk memahaminya, mengakui kelemahan, dan mengidentifikasinya.

Apa yang Anda pikirkan tentang kekurangan Anda? Apa kelemahan Anda dapat menghambat Anda sekarang, lalu bagaimana Anda ingin mengatasinya?

#19. Melakukan Tindakan
Cara terbaik untuk belajar dan meningkatkan kemampuan diri adalah untuk melakukan tindakan dengan segera. Apa sesuatu yang telah lama ingin Anda lakukan? Bagaimana Anda bisa melakukan tindakan tersebut sesegera mungkin?
Menunggu membuat Anda tidak mendapatkan apa-apa. Melakukan tindakan bahkan sekecil apapun pasti memberikan hasil dan kita bisa belajar sambil mencoba.

#20. Belajar dari Orang-orang yang Menginspirasi Anda
Sekarang pikirkan orang-orang yang paling Anda kagumi atau orang-orang yang menginspirasi Anda. Orang-orang ini tentu mencerminkan kualitas tertentu yang ingin Anda miliki dalam diri Anda.

Apa saja kualitas yang ada padanya yang ingin Anda miliki untuk diri sendiri? Bagaimana Anda bisa memperoleh sifat-sifat ini? Dengan menjawab pertanyaan ini, kelak Anda menjadi tumbuh lebih baik.

#21. Lakukan Kebiasaan Baik
Apakah ada kebiasaan buruk Anda yang ingin dihilangkan? Oversleeping? Malas berolahraga? Terlambat? Bungkuk? Menggigit kuku? Merokok?

Selanjutnya saya akan membantu Anda agar Anda dapat berhenti dari kebiasaan buruk ini. Apapun itu, yang terpenting adalah lakukan kebiasaan baik.

#22. Menumbuhkan Kebiasaan Baru
Beberapa contoh kebiasaan baru untuk membantu Anda dalam pengembangan diri diantaranya membaca buku, bangun pagi, berolahraga, membaca sebuah artikel pengembangan diri setiap hari dan bermeditasi.

Selain contoh diatas, apakah Anda menemukan contoh kebiasaan baru lain yang dapat menumbuhkan untuk memperbaiki diri sendiri?

#23. Hindari Bergaul dengan Orang yang Negatif.
Setiap hari kita bertemu dengan orang rata-rata 5 orang, sehingga kita menghabiskan sebagian besar waktu bersama mereka. Kemanapun kita pergi, selalu ada orang yang negatif.

Untuk itu, jangan menghabiskan terlalu banyak waktu Anda di sekitar mereka. Jika Anda terus menerus bergaul dengan mereka lambat laun Anda akan terseret kedalamnya.

#24. Belajar dari Masalah yang Rumit
Ada kalanya ada orang atau situasi yang sulit untuk Anda hindari, seperti di tempat kerja Anda, atau ketika orang itu bagian dari lingkaran dalam kontak Anda.

Pelajarilah cara untuk mengatasi masalah yang rumit maupun berurusan dengan orang yang sulit. Keterampilan manajemen ini akan jauh lebih efektif dan bekerja maksimal dengan sejumlah kejadian di masa depan.

#25. Belajar dari Teman Anda
Setiap orang memiliki kualitas luar biasa di dalamnya. Terserah bagaimana kita ingin memanfaatkan mereka. Dengan semua teman-teman yang mengelilingi Anda, mereka akan memiliki hal-hal yang dapat Anda pelajari dari.

Cobalah berpikir dan belajar dari teman baik Anda sekarang. Pikirkan tentang hanya satu kualitas yang mereka miliki yang Anda ingin adopsi. Bagaimana Anda bisa belajar dari mereka dan mengadopsi keterampilan ini untuk diri sendiri? Sampaikan kepada mereka jika Anda perlu belajar dari mereka, dengan senang hati mereka akan membantu Anda!

#26. Membuat Jurnal
Jurnal merupakan cara terbaik untuk mendapatkan yang lebih tentang kesadaran diri. Ini merupakan bagian dari proses refleksi diri.

Ketika Anda menulis, menjelaskan proses berpikir Anda dan membaca apa yang Anda tulis dari sudut pandang orang ketiga, Anda mendapatkan lebih banyak wawasan tentang diri Anda.

Jurnal Anda bisa berupa diary atau blog online. Saya sendiri menggunakan blog motivasi & pengembangan diri saya sebagai jurnal pribadi dan saya telah belajar banyak tentang diri dari blogging.

#27. Memulai sebuah Blog tentang Pengembangan Diri
Untuk membantu orang lain tumbuh, Anda harus terlebih dahulu menjadi berkembang. Ada harapan dari Anda, baik dari diri sendiri maupun orang lain, yang Anda harus junjung tinggi.

Saya menulis sejumlah artikel dalam Blog, di mana saya berbagi perjalanan pribadi saya dan wawasan tentang bagaimana menjalani kehidupan yang lebih baik. Pembaca kemudian merujuk ke artikel saya untuk memperbaiki diri. Kondisi ini kemudian memaksa saya bahwa saya harus terus meningkatkan kemampuan diri, entah untuk diri sendiri dan orang yang saya temui.

#28. Carilah Seorang Mentor
Tidak ada cara yang lebih cepat untuk meningkatkan kapasitas diri Anda selain memiliki seseorang yang bekerja dengan Anda pada tujuan Anda. Saat saya ingin mahir menulis maka saya kemudian mencari seorang mentor untuk melatih saya, bagaimana dengan Anda?

#29. Mengurangi Waktu Chatting
Saya menyadari memiliki aplikasi chatting terbuka pada hasil default sehingga banyak waktu terbuang percuma. Sebenarnya masih banyak kegiatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan chatting.

Saat dimana saya tidak melakukan chatting, saya malah lebih banyak melakukan sesuatu yang positif. Saya biasanya menonaktifkan status pada aplikasi chatting dan menyisihkan waktu untuk chatting saat saya memiliki waktu untuk itu.

#30. Belajar Game Strategi
Saya rasa catur adalah permainan yang hebat untuk belajar strategi dan mengasah kemampuan otak Anda. Anda tidak hanya bersenang-senang, Anda juga bisa berolahraga sekaligus meningkatkan kemampuan analisis Anda. Anda juga bisa belajar strategi dari permainan papan atau permainan online, seperti COC, Point Blank, WarCraft, dan lainnya.

#31. Berhenti Menonton TV
Saya sudah sangat jarang menonton TV bahkan selama saya aktif blogging semua informasi penting saya dapat dari internet. Saya menyadari sebagian besar program acara dan iklan di TV biasanya kurang memberi kesadaran dan tidak memberdayakan.

Sebagai penggantinya waktu saya untuk menonton TV sekarang diganti dengan kegiatan konstruktif, seperti menghubungi teman dekat, melakukan pekerjaan, membaca, berolahraga, dan lainnya.

#32. Membuat Planning 30 Hari
Tetapkan satu tujuan kemudian atur waktu Anda selama 30 hari untuk mencapai hal ini. Tujuannya: Anda bisa tetap dengan kebiasaan baru atau sesuatu yang selalu Anda inginkan tapi belum kesampaian. 30 hari merupakan waktu yang cukup untuk menyusun strategi, membuat rencana, melakukan tindakan, meninjau dan mengevaluasi tujuan Anda.

#33. Meditasi
Meditasi dapat membantu Anda untuk menenangkan diri agar menjadi lebih sadar. Proses meditasi ini akan membersihkan diri dari kekacauan, hal ini sangat membebaskan pikiran Anda.

#34. Bergabung dengan Sebuah Forum
Menariknya, berbicara di depan umum adalah ketakuran pertama saya selain itu ketakutan akan jarum suntik. Setelah saya mencoba berbicara di depan umum sebagai fasilitator, saya telah belajar banyak tentang cara berkomunikasi yang efektif, menampilkan diri dan melibatkan audiens. Agar lebih “PD”, ikutilah sebuah forum untuk sebuah bidang yang ingin Anda geluti.

#35. Belajar pada Ahlinya
Orang-orang yang telah mencapai hasil yang mereka inginkan tentu memiliki sikap yang tepat, keahlian dan pengetahuan. Cara terbaik adalah belajar dari dari orang-orang yang telah ada dan melakukan itu, karena mereka sangat ahli dibidangnya. Anda akan mendapatkan wawasan baru dari mereka tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan dan mencapai hasil yang sama untuk diri sendiri.

#36. Lepaskan Beban Masa Lalu
Apakah ada keluhan atau ketidakbahagiaan dari masa lalu yang Anda telah mengungkung Anda? Jika demikian, saatnya untuk membiarkannya pergi. Membiarkan beban menempel di pundak justru mencegah Anda bergerak maju dan menjadi orang yang lebih baik. Lepaskan diri dari belenggu masa lalu, memaafkan diri sendiri, dan melanjutkan kembali kehidupan, move on dong bro.

#37. Memulai Sebuah Bisnis
Apakah ada sesuatu yang menjadi minat Anda? Mengapa tidak mengubahnya menjadi sebuah usaha dan menghasilkan uang sambil belajar pada saat yang sama?

Memulai sebuah bisnis baru tentu mengharuskan Anda untuk belajar keterampilan manajemen bisnis, mengembangkan ketajaman bisnis dan memiliki keunggulan yang kompetitif. Proses memulai dan mengembangkan bisnis telah melengkapi saya dengan banyak keterampilan, seperti melatih disiplin diri, belajar kepemimpinan, organisasi dan manajemen.

#38. Berbuat Kebaikan pada Orang Sekitar Anda
Kita terkadang tidak pernah menjadi terlalu baik untuk orang lain. Bahkan, sebagian besar dari kita tidak menunjukkan kebaikan kepada orang-orang di sekitar kita. Berbuat baik dapat menumbuhkan kualitas lain seperti kasih sayang, kesabaran, dan cinta.

Saat Anda kembali pada kebiasaan Anda setelah membaca artikel ini nanti, mulailah melakukan lebih banyak kebaikan kepada orang-orang di sekitar Anda, dan melihat bagaimana mereka bereaksi. Tidak hanya itu, perhatikan pula bagaimana Anda merasa bahwa Anda berperilaku ramah kepada orang lain. Kemungkinannya adalah Anda akan merasa lebih baik dari diri sendiri.

#39. Berteman dengan Orang yang Memusuhi Mu
Jika Anda pernah memasang badan untuk sesuatu, Anda akan mendapatkan orang yang membenci Anda. Sangat mudah untuk membenci orang-orang yang membenci kita. Hal ini akan jauh lebih menantang untuk mencintai mereka kembali.

Mampu memaafkan, melepaskan dan menunjukkan kasih kepada orang-orang ini membutuhkan kebesaran hati dan hati yang terbuka. Apakah ada orang yang tidak suka atau membenci Anda dalam hidup Anda? Jika demikian, bertemanlah dengan mereka. Tunjukanlah bahwa Anda peduli dengan mereka. Mencari resolusi dan membebaskan diri pada keluhan masa lalu. Bahkan jika mereka menolak untuk ini tetaplah cintai mereka semua. Ini jauh lebih baik dan membebaskan daripada membenci mereka kembali.

#40. Beristirahat
Apakah saat ini Anda telah bekerja terlalu keras?
Pengembangan diri juga tentang mengenali kebutuhan kita untuk mengambil istirahat saat berjalan jauh di depan. Anda tidak dapat mengendarai mobil jika tidak memiliki bensin. Luangkan waktu untuk beristirahat, mulailah me time setiap minggunya. Bersantai, manjakan diri Anda dan mengisi diri untuk apa yang akan terjadi di kemudian hari.

#41. Baca 1 Artikel Pengembangan Diri Setiap Hari
Beberapa pembaca blog saya kembali lagi berkunjung untuk membaca setidaknya satu artikel pengembangan diri setiap hari. Saya pikir ini adalah kebiasaan sederhana yang memiliki dampak besar. Ada banyak blog hebat tentang pengembangan diri di luar sana, Anda tentu dapat menemukannya sendiri sesuai selera Anda.

#42. Anda Adalah Apa yang Anda Pikirkan
Saat orang lain meragukan Anda, sebaiknya Anda jangan berkecil hati. Lakukanlah terus menerus dan jangan pernah berhenti karena mendengar kicauan orang lain. Pikirkanlah diri Anda sendiri, dan jangan ukur diri Anda dari pembicaraan orang lain.

Kemampuan Anda bukan berdasarkan asumsi orang lain, bahkan Anda bisa lebih hebat dari yang Anda bayangkan. Jadi jangan gantungkan kemampuan Anda atas penilaian orang, dan berbuatlah lebih baik setiap harinya.

#43. Memulai Saat Ini juga
Langkah paling baik untuk memulai kebiasaan baik maupun pengembangan diri adalah memulai saat ini juga. Semakin cepat memulainya kita semakin cepat mengetahui, apakah kita bisa melakukannya. Jika belum berhasil coba ladi dan lagi hingga berhasil.

#44. Ketekunan adalah Kekuatan
Segala sesuatu yang terjadi didunia ini pasti melalui proses, karena ini dunia nyata. Tidak seperti sulap atau sihir, sekali baca mantra bim sala bim, langsung terjadi saat itu juga. Dalam mencapai hasil pengembangan diri yang optimal, diperlukan ketekunan. Batu kusam dan berlumut, jika di asah terus menerus pasti akan berkilau, demikian halnya kita.

#45. Komitmen dalam Hal Pengembangan Diri
Saya pikir sangat mudah menulis daftar artikel 10 cara, 25 cara, 42 cara atau bahkan 1.000 cara untuk memperbaiki diri sendiri. Akan tetapi jika kita tidak punya niat dan berkomitmen untuk pertumbuhan pribadi Anda, maka itu sangat mustahil.

Tidak ada yang akan mendapatkan menjamin itu semua. Andalah yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan pribadi Anda bukan orang lain. Tidak ibumu, ayahmu, teman Anda, bukan saya atau bukan presiden. Membuat keputusan untuk berkomitmen itu amat penting dalam pengembangan diri. Lakukan perubahan dengan berkomitmen memilih beberapa langkah di atas dan lakukanlah dengan konsisten.

Hasilnya mungkin secepat yang Anda bayangkan, tetapi saya yakin bahwa selama Anda tetap melakukannya, Anda akan mulai melihat perubahan positif dalam diri Anda dan kehidupan Anda.

Terakhir, Saya ingin mendengar pendapat anda tentang artikel ini atau segala sesuatu tentang pengembangan diri. Hindari keraguan untuk berbagi pengalaman anda dengan saya, dan sejujurnya saya akan selalu mengapresiasi Anda!


Penulis: Daniel Nagata
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.danzierg.com


No comments:

Post a Comment