Cara Mengakses Komputer Jarak Jauh



Cara Mengakses Komputer Jarak Jauh
The image is Pixabay property

Pada postingan kali ini saya memberikan tips tentang cara mengakses komputer jarak jauh, Baik itu dalam satu ruangan maupun dalam jarak yang sangat jauh, seperti dari negara lain atau benua lain. Banyak aplikasi-aplikasi yang menyediakan akses komputer jarak jauh. Tips kali ini saya menggunakan aplikasi yang sering di pakai banyak orang yaitu Team Viewer.

Team Viewer merupakan suatu aplikasi yang bisa akses komputer dari jarak jauh serta membuat pertemuan atau meeting. Team Viewer juga Support dengan  Windows, Linux , Mac  serta perangkat selular. Biasanya Team Viewer akan memberikan  masa percobaan atau trial bagi pengguna komersial.

Team Viewer juga sudah menyediakan aplikasi - aplikasi tambahan seperti

1. Team Viewer Quick Support : Modul pelanggan yang mudah dan ringkas, dan dapat dijalankan tanpa instalasi dan tidak membutuhkan hak administratif - dioptimalkan untuk dukungan instan.

2. Team Viewer Host :  Untuk Server tanpa pengawasan.
TeamViewer Host bekerja seperti layanan sistem dan digunakan untuk akses komputer jarak jauh, termasuk login/logout dan booting ulang jarak jauh - dioptimalkan untuk pemeliharaan server atau akses rumah-kantor.

Tambahan: Tidak seperti kebanyakan pesaing, TeamViewer memasukkan host gratis dalam jumlah tidak terhingga pada semua jenis lisensi. Anda hanya perlu membayar untuk lisensi pendukung dan server jarak jauh Anda sudah diberikan secara gratis!

3. Team Viewer Quick Join : Untuk presentasi online
4. Team Viewer Portable
5. Team Viewer MSI

Langsung saja kita ke pokok pembahasan.

1. Download dulu aplikasi nya alamat situsnya www.teamviewer.com
2. Setelah Aplikasi sudah di unduh dan ikuti cara instalasinya. Aplikasi di instal di komputer server dan di komputer client.
3. Setelah Proses Instalasi selesai  jalankan Team Viewernya pada masing-masing komputer yang akan di hubungkan.

Cara Mengakses Komputer Jarak Jauh
The image is www.trikforest.id property

4. Pada Komputer A masukkan ID  lalu Connect to partner.
5. Setelah kita klik Connect to partner maka akan otomatis terhubung ke komputer B. dan langsung bisa komputer B bisa langsung di akses dan serta mengirimkan file.

Gimana mudah bukan. Untuk menggunakan aplikasi ini masing-masing komputer yang akan dihubungkan harus terkoneksi internet. kalau tidak team viewer tidak akan bisa bekerja. Selain komputer dengan komputer, komputer juga bisa dihubungkan dengan smartphone (komputer-smartphone).

Misalnya smartphone digunakan untuk mematikan komputer atau laptop dari jarak jauh. Komputer atau laptop harus terkoneksi internet, begitu pula smartphone harus terkoneksi internet. Kemudian download aplikasi teamviewer di alamat situs resminya https://www.teamviewer.com. Setelah aplikasi team viewer sudah didownload silahkan instal di laptop atau komputer dan smartphone. Ikuti petunjuk instalasinya secara teliti.

Setelah proses instalasi selesai silahkan buka aplikasi teamviewer pada laptop atau komputer dan smartphone. Setelah aplikasi team viewernya dibuka silahkan masukkan ID yang ada pada laptop atau komputer dan masukkan ke partner id yang ada di smartphone.

Setelah ID yang ada pada laptop atau komputer sudah dimasukkan silahkan klik tombol conect to partner yang ada di smartphone, maka akan otomatis smartphone terhubung laptop atau komputer. Tampilan yang ada pada laptop atau komputer akan sama dengan tampilan dalam smartphone.

Setelah smartphone sudah terhubung ke laptop atau komputer maka kita bisa mengakses laptop atau komputer dari smartphone tanpa harus langsung memegang laptop atau komputer. Segala yang ada di laptop atau komputer akan sama dengan di smartphone.

Setelah itu kita coba untuk shutdown laptop atau komputer dari smartphone. Lihat apa yang akan terjadi!  Tentunya laptop atau komputer berhasil di shutdown menggunakan smartphone dengan jarak jauh.

Oke cukup sekian lah trik yang sudah saya bagikan ini, mudah ada manfaatnya bagi anda.


Penulis: Dian Sulastri
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.trikforest.id


No comments:

Post a Comment