Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus



Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus
The image is Pixabay property

Flashdisk merupakan sebuah perangkat keras. Pada umumnya banyak orang menyebutnya dengan sebutan USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive ataupun Microdisk. Sering kali flashdisk digunakan oleh seorang teknisi komputer untuk menginstall sebuah Sistem Operasi Windows menggunakan USB Driver dengan cara membuat bootable windows di dalamnya.

Flashdisk juga bisa digunakan untuk menyimpan dan memindahkan file dari komputer satu ke komputer lainnya. Sebelum anda membeli sebuah flashdisk, anda harus benar-benar teliti terlebih dahulu dan tidak sembarangan untuk membeli sebuah flashdisk.

Pada artikel ini, saya akan  share cara membuat flashdisk kebal virus untuk anda apabila dimasa sekarang atau di kemudian hari flashdisk anda terinfeksi sebuah virus. Anda harus tahu terlebih dahulu  tentang virus. Virus adalah sebuah perangkat lunak atau software yang bersifat perusak sistem atau file. Sampai sekarang pun orang-orang sering bermasalah dengan virus komputer ini.

Virus merupakan sebuah aplikasi yang sengaja dibuat oleh seorang programmer, dimana virus ini dibuat untuk bisa menyerang sistem operasi atau file-file yang ada di dalam sistem operasi tersebut. Sifat dari virus ini bisa menyebar, penyebarannya bisa dari Flashdisk ataupun penyimpanan external lainnya yang bisa dipindah-pindahkan. Maka dari itu karena sifatnya perusak jadi tak ada satu orang pun pengguna komputer atau laptop yang suka dengan virus.

Tapi anda jangan khawatir, walaupun virus ini bisa merusak sistem ataupun file, kita bisa mencegahnya dengan beberapa cara, baik itu menggunakan software antivirus ataupun memprogram sebuah sistem untuk kebal terhadap virus. Tapi kalau untuk mengebalkan sebuah sistem terhadap virus akan saya bahas pada artikel di lain waktu. Karena kali ini saya akan membahas bagaimana membuat sebuah flashdisk kebal terhadap virus.

Kenapa kita harus mengebalkan flashdisk? Karena, pada umumnya flashdisk menjadi salah satu faktor penyebaran dari virus-virus tersebut. Jadi dengan cara sederhana dibawah ini kita akan membuatnya menjadi kebal terhadap virus.

Cara yang saya berikan kepada anda ini terbagi menjadi 2 cara yaitu :

1. Membuat Flashdisk Kebal Virus Tanpa Software

  • Di dalam flashdisk, buatlah sebuah folder baru dan beri nama folder tersebut dengan "autorun.inf".
  • Kemudian buka folder yang baru dibuat tadi. Langkah selanjutnya adalah didalam folder tersebut, buat lah satu file notepad dan beri nama file tersebut dengan "ǼƛΩ℈Ж".
Cukup dengan 2 langkah di atas, anda sudah bisa membuat flashdisk anda kebal terhadap virus.

Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus
The image is Panduanmu.net property

2. Membuat Flashdisk Kebal Virus Dengan Smadav (software antivirus)

Cara ini sangat saya anjurkan, karena dengan menggunakan aplikasi ini, sudah pasti flashdisk yang anda gunakan akan aman dari serangan virus.

Software yang akan kita gunakan ini adalah SMADAV, salah satu software antivirus yang ringan dan mudah di gunakan. Jika anda ingin mengebalkan virus dengan Smadav, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Download terlebih dahulu smadav terbaru di situs resminya www.smadav.net.
  • Setelah itu install smadav terlebih dahulu. 
  • Apabila sudah selesai di install. Masuk ke menu Tools > Smad-Lock (Pengebalan).
  • Kemudian cheklist kolom flashdisk yang akan dikebalkan
  • Kemudian klik tombol Lock
Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus
The image is Panduanmu.net property

Cukup mudah bukan cara mengebalkan flashdisk yang anda sering gunakan. Jadi anda tidak perlu lagi khawatir untuk menggunakan flashdisk anda di komputer atau laptop manapun.


Penulis: Belajar Komputer
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.panduanmu.net


No comments:

Post a Comment