Indahnya Pantai Srau Yang Menawan



The image is Pixabay property

Pantai Srau, Pantai Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan di Pacitan. Selain terkenal dengan sebutan kota seribu goa, kota kelahiran Presiden RI ke-6 ini ternyata juga memiliki banyak sekali pantai pantai indah nan menawan yang sangat sayang jika anda belum pernah mengunjunginya.

Pantai yang terkenal adalah pantai klayar, akan tetapi tak cuma pantai Klayar yang punya daya tarik untuk menarik penggunjung namun masih banyak pantai yang indah di Pacitan yang tak boleh terlewatkan saat sedang berada di kabupaten Pacitan salah satunya adalah pantai Srau.

Pantai Srau ini berada di Kecamatan Pringkuku, atau lebih tepatnya terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Seperti halnya pantai pantai di pesisir kabupaten pacitan yang memiliki ombak besar yang diakibatkan posisinya yang berhadapan langsung dengan samudra Indonesia. Selain memiliki pasir pantai yang berwarna putih terasa berpadu harmonis dengan gulungan ombak yang cukup besar.

Gulungan ombak besar khas pantai selatan jawa yang terdapat di pantai Srau ini agaknya sangat cocok di pilih menjadi tempat untuk melakukan olahraga surfing. Bahkan disini telah banyak para peselancar yang beraksi di sini. Tidak hanya peselancar lokal saja yang sering menunjukkan aksi disini. Tapi juga para Wisatawan dari manca negara pun juga banyak yang jauh jauh datang ke pantai Srau ini hanya untuk sekedar berselancar menantang ombak dari Samudra Hindia.

Selain berbagai keindahan tadi masih ada daya tarik lainnya yang di miliki oleh Pantai Srau yaitu adanya bukit bukit karang yang menjadikan pantai Srau ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian paling barat merupakan bagian pantai yang bisa digunakan untuk bermain-main air dan pasir. Dengan adanya bukit bukit karang yang membelah tiga pantai ini menjadikan pemandangan pantai srau menjadi semakin mempesona.

Pantai Srau ini terbagi menjadi 3 lokasi bagian. Lokasi pertama merupakan lokasi yang terletak paling dekat dengan tempat pos penjagaan masuk ke dalam lokasi pantai srau ini. Dan 3 lokasi bagian dari Pantai Srau tersebut adalah :

1. Bagian Timur untuk melihat panorama sunrise.

Dilokasi pertama ini, hal yang paling menonjol dibandingkan dengan dua lokasi lainnya adalah keberadaan bebatuan karang yang mencuat serta banyak membentuk perbukitkan kecil di sekeliling bibir pantai srau. Di lokasi ini para wisatawan dapat menyaksikan air pantai Srau masih sangat jernih dengan didominasi warna biru yang artinya bahwa air laut di situ tidak terdapat banyak alga serta memiliki kedalaman yang cukup mengerikan. Dan pada saat kondisi wilayah pasang surut lokasi ini memiliki area berpasir dan bukan berbatu, dengan disertai ombak yang cukup ganas meskipun terkadang juga tidak begitu tinggi.

2. Bagian tengah menyajikan pemandangan yang luas ke laut lepas

Lokasi kedua terletak setelah kita menyusuri jalan aspal kecil dari pos penjagaan di pintu masuk ke arah barat. Lokasi kedua ini merupakan lokasi favorit bagi pengunjung atau wisatawan serta muda-mudi. Dan yang bagian tengah menyajikan pemandangan yang luas menghadap ke laut lepas, dan ditambah lagi dengan pemandangan batu batu besar yang berdiri kokoh menjulang di tengah laut yang menambah panorama lokasi ini.

3. Bagian barat untuk menyaksikan panorama matahari terbenam.

Di lokasi yang ketiga ini kita akan dapat menyaksikan indahnya panorama matahari terbenam di petang hari. Lokasi ini merupakan bagian paling barat dari 3 lokasi bagiab di Pantai Srau. Lokasi ketiga ini merupakan tempat ideal untuk menyaksikan sunset mendung. Serta pada bagian ini terdapat sebuah fasilitas berupa anjungan kecil.

Dan di bagian pantai sebelah barat ini ada sebuah sumber mata air tawar. Menurut mitos yang berkembang di sini, tempat ini cukup angker. Dahulu ada sebuah villa di tempat ini tapi kini telah kosong. Dan konon sang pemilik villa memutuskan untuk meninggalkan villa ini dikarenakan sang pemilik villa sering dihantui oleh makhluk halus.

Dan pada saa air sedang mengalami masa surut, maka para wisatawan juga bisa berjalan menuju bukit bukit karang guna mencari spot foto terbaik sebagai kenang kenagan pernah berkunjung ke pantai srau.

Lokasi pantai ini yang cukup tersembunyi membuat surga tersembunyi ini menjadi tidak terlalu banyak pengunjung. Serta keberadaannya bahkan belum terlalu terkenal oleh banyak orang. Sehingga pantai ini untuk anda yang menyukai pantai pantai yang masih sepi dan sangat cocok bag anda yang ingin merasakan suasana di private beach.

Bagi anda yang suka kegiatan berkemah, maka pantai srau ini juga merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk berkumpul bersama teman sambil berkemah dan menikmati indahnya malam di Pantai Srau. Selain bisa berkemah anda juga bisa menumpang tidur di rumah warga sekitar. Namun lebih baik anda mendirikan tenda karena lebih seru dan tidak takut merepotkan si empu rumah.

Informasi rute perjalanan menuju lokasi wisata

Pantai Srau ini berada di Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Yang memiliki jarak kurang lebih sejauh 30 Km ke arah Barat dari alun alun kabupaten Pacitan. Oleh karena itu kita dapat mencapai lokasi wisata ini dengan menggunakan berbagai kendaraan umum yang biasa melewati kawasan ini, seperti kendaraan yang biasa disebut colt maupun berbagai kendaraan pribadi/sewa baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika anda berasal dari jauh (dari Luar Jawa Timur) khususnya yang berasal dari barat dan melalui jalur darat maka anda dapat memilih untuk melewati kota Jogja atau Solo. Jika dari Jogjakarta Untuk mencapi ke lokasi wisata Pantai Srau ini, maka anda dapat menempuh jalur dengan menaiki kereta api, dan berhenti di stasiun Tugu, dan jika melalui jalur udara maka harus landing di bandara Yogyakarta. Kemudian anda carter mobil sewaan dengan harga sekitar Rp.550.000.

Kemudian anda dapat menyewa sepeda motor untuk gunakan selama tinggal di kabupaten pacitan dengan harga hanya sebesar Rp.40.000/hari. Dan kamu bisa menuju Pantai Srau menggunakan motor. Untuk akomodasi sendiri, anda tak perlu khawatir karena di Pacitan telah banyak sekali tersebar homestay dengan harga yang sesuai untuk para wisatawan. Dan rata-rata harga per kamar untuk satu malam dipatok dengan biaya sekitar Rp.60.000 - Rp.130.000.


Penulis: Destinasipada
Lihat artikel menarik lainnya dalam https://destinasipada.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment