Penyebab Koneksi Internet Menjadi Lambat



Penyebab Koneksi Internet Menjadi Lambat
The image is Pixabay property

Koneksi internet melambat? Wah pasti kesal bukan main untuk masalah yang satu ini, apa lagi jika anda memiliki tugas atau pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet yang kencang dan stabil, dan juga anda yang hobi mengecek sosial media anda, satu jam tidak melihat sosmed anda mungkin anda sudah gelisah kesana kemari untuk bisa mengeceknya bisa saja anda mencari WiFi gratis untuk bisa mengakses internet yang kencang dan stabil. Nah kali ini saya akan memberikan tips bagi anda yang mengalami koneksi internet menjadi lambat, yaitu:

Perangkat Anda

Spesifikasi dan jenis prosesor yang kualitasnya baik akan membuat akses internet menjadi cepat karena , spesifikasi tersebut proses pada perangkat anda menjadi lebih ringan untuk membuka browser dan menjalankan koneksi internet semakin mudah dan ringan, dan coba anda bandingkan dengan spesifikasi yang buruk, proses pada perangkat tersebut pasti sudah berat ,

Virus

Virus trojan tongji yang bisa menyerang bandwith atau kecepatan untuk koneksi ke internet sehingga akses internet yang anda gunakan menjadi lemot. Banyak yang sudah terinfeksi oleh virus ini karena cara penyebarannya melalui internet. Jika anda masuk kedalam website yang tidak jelas, biasanya di situ terdapat virus yang akan otomatis masuk kedalam hardisik anda dan menggerogoti jaringan internetmu.

Biasanya yang terjadi setelah berberapa saat virus tersebut menyebar di hardiskmu, komputer atau laptop yang anda gunakan akan mendadak hang dan hanya bisa direset atau dimatikan secara paksa. Ini berbahaya karena jika komputer atau laptop sering dimatikan secara paksa, hardisk akan rusak.

Cara termudah untuk mengatasi virus tersebut adalah dengan mengaktifkan anti virus. Jika anda sudah terjangkit virus trojan tongji dan mengalami kejadian seperti ciri-ciri di atas, segeralah install anti virus yang anda percaya. Sebagai rekomendasi, karena virus yang menyerang ini berasal dari internet dan juga membuat internet lemot, gunakanlah anti virus internet security. Anti virus internet security akan membantumu untuk mendeteksi virus yang ada di setiap halaman browser yang anda akses.

Overload Traffic

Nah ini bisa juga menyebabkan internet anda menjadi lambat,sebab banyak pemakaian akses internet secara bersamaan dalam satu provider,hal ini bisa terjadi tidak mengenal waktu,walaupun malam hari pun hal ini bisa terjadi sebab pengguna yang memakai bisa saja dan kapan saja menggunakan internet tanpa harus menjadwalkan internet mereka di siang atau malam hari.

Sinyal

Hal ini emang sudah sepatutnya anda ketahui,sebab sinyal yang di terima dari perangkat anda dari sebuah BTS (Tower Hp) lemah,sehingga data yang di transfer ke perangkat anda menjadi lama, untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan Antena (Pengguna Modem)

Qos (Quality Of Service)

Merupakan batas maksimal yang terdapat dalam paket internet yang anda gunakan, provider biasanya membatasi akses internet melalui paket tertentu, contohnya saja paket unlimited yang di berikan Indosat hanya memiliki batas 1 Mbps dan juga paket internet lainnya. untuk bisa mengecek qos hanya modem tertentu yang bisa melihatnya yaitu Huawei dan untuk software anda bisa menggunakan aplikasi MDMA.

Settingan Internet

Nah mungkin anda salah mensetting modem anda, biasanya settingan modem ialah bagian APN,Dial Number dan juga jaringan yang anda pakai, untuk itu anda bisa mensetting APNnya sesuai dengan provider yang anda pakai,tentunya juga anda harus mensetting jaringan anda ke 3G Only atau HSPA Only hal tersebut bisa di artikan hanya jaringan 3G dan HSPA jadi jaringan anda tidak berubah ubah ke EDGE atau GPRS

Provider

Tidak semua di daerah akses internet yang di sediakan provider kencang,kecuali daerah kota kota besar, hal ini terjadi hanya di daerah tertentu contohnya saja provider A memiliki kualitas akses internet kebut sedangkan provider B memeiliki kualitas internet lambat, di sini anda bisa menyesuaikan dengan provider yang anda rasa paling kebut. dan tentunya anda bisa menelpon pihak provider untuk memberitahukan masalah akses internet yang lambat dengan mengirimkan informasi kepada provider,provider tersebut akan mengecek dan menanganinya sehingga akses internet anda menjadi kebut apa yang seperti anda inginkan.


Penulis: Satriyawan N.R
Lihat artikel menarik lainnya dalam https://www.carasatria.com


No comments:

Post a Comment