Makanan yang Dapat Membersihkan Paru-Paru



Makanan yang Dapat Membersihkan Paru-Paru
The image is Pixabay property

Merokok adalah aktivitas yang sangat buruk bagi kesehatan. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok disamping mengakibatkan kecanduan juga bisa membuat timbulnya beberapa penyakit ganas, yakni bisa meningkatkan tekanan darah dan resiko rusaknya paru-paru. 

Aktivitas merokok yang tidak hanya merugikan para perokoknya, melainkan juga orang disekitar yang tidak merokok atau disebut perokok pasif. Perokok pasif memang berbahaya jika dialami terus menerus. Banyak diantara kita tidak menyadari, menjadi perokok pasif dapat menimbulkan berbagai penyakit serius.

Akan tetapi merokok adalah kebutuhan yang sangat penting bagi perokok. Tanpa rokok hidup mereka seolah ada yang kurang. Jika sudah ketergantungan, biasanya para perokok akan memilih tidak makan dari pada tidak merokok. Mereka mengabaikan kesehatan dan tak menyadari betapa merugikannya jadi pecandu rokok.

Jika kita telaah dengan cermat, ada banyak zat kimia dalam rokok yang sangat membahayakan kesehatan dan zat ini tidak banyak diketahui. Berikut penyakit serius yang diakibatkan saat menjadi perokok aktif dan pasif yaitu:

1. Penyakit Jantung
Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital dan sangat penting bagi tubuh. Bila sesuatu terjadi dengan jantung anda, kematian akan menanti anda. Penyakit jantung tidak hanya beresiko bagi mereka perokok aktif, namun juga bagi mereka perokok pasif. Hal ini disebabkan oleh asap rokok yang dihirupnya akan menganggu pembuluh darah dalam tubuh yang berujung pada penyakit jantung.

2. Penyakit Paru-paru
Kandungan senyawa kimia yang terkandung pada asap rokok juga menyebabkan penyakit paru-paru, dan akan membuat paru-paru anda bermasalah. Dan hal ini tidak hanya mengintai perokok aktif, tapi juga bagi mereka perokok pasif. Tidak hanya itu mereka yang memiliki asma atau PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) juga akan di perparah dengan asap rokok.

3. Penyakit Kanker
Sama halnya dengan penyakit jantung dan paru-paru, kanker juga merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti manusia seluruh dunia. Asap rokok merupakan penyebab utama penyakit ini, salah satunya adalah kanker paru.

4. Gangguan Pernafasan
Dampak asap rokok bagi kesehatan lainnya bagi perokok pasif adalah gangguan pernafasan. Merokok atau terkena asap rokok selain membuat anda batuk dan mengalami gangguan pernafasan, tetapi juga akan memiliki resiko gangguan kerehatan yang lainnya, seperti memperparah asma, sulit bernafas, batuk berkepanjangan, nafas pendek, sampai alergi.

Jika anda perokok, pasti ingin membersihkan paru-paru anda. Berikut makanan yang dapat membersihkan nikotin dari paru-paru, yaitu

1. Brokoli
Sayuran berdaun hijau ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C dan B5. Kebiasaan merokok mengurangi kandungan vitamin C dalam tubuh. Dengan makan brokoli, Anda bisa mengurangi kadar nikotin dari tubuh.

2. Jeruk
Jeruk merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C. Anda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi stres dengan minum jus jeruk secara teratur.

3. Wortel
Nikotin "bersembunyi" di tubuh selama 3 hari, ketika Anda merokok sekali. Kebiasaan buruk itupun lambat laun merusak tampilan kulit Anda. Dengan demikian, konsumsi jus wortel - yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B - yang membantu menghilangkan nikotin dari sistem tubuh.

4. Bayam
Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan asam folat. Jumlah nikotin dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan janin. Setelah berhenti merokok, segera konsumsi bayam untuk menghilangkan nikotin dari tubuh.

5. Kiwi
Kiwi dapat membantu menghilangkan nikotin dari tubuh. Buah ini merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E.

6. Berries
Semua jenis berries sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak antioksidan. Berries juga membantu menghilangkan jumlah nikotin dari tubuh.


Penulis: Serupedia
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.serupedia.com


No comments:

Post a Comment