Menemukan Lokasi Pengirim Email Di Gmail



Menemukan Lokasi Pengirim Email Di Gmail
The image is Pixabay property

Ketika A mengirim pesan email kepada B, alamat IP komputer pengirim akan tercatat  sebagai IP pengirim keluar. Sedangkan penerima (B) dapat mengetahui dengan sudah geolokasi alamat IP geografis pengirim pesan.

Yahoo! Mail dan Hotmail memasukan alamat IP di header pesan keluar,  tetapi jika A mengirim pesan dari alamat email yang menggunakan Gmail, atau Gmail Google Apps, maka alamat IP-nya tidak akan disertakan dalam pesan. Alamat IP ini dapat dianggap sebagai informasi sensitif. Dengan demikian, Gmail dapat menyembunyikan informasi alamat IP pengirim dari header email keluar.

Jika alamat IP A tidak tersedia, karena ia melakukan pengiriman email menggunakan Gmail, bagaimana bisa B menentukan lokasi geografis A berada? Ada dua pilihan :

Pilihan A: Gmail mungkin memasukan alamat IP

The image is Tohir.xyz property

Bagaimana menemukan lokasi pengirim Email di Gmail Anda ?

Gmail tidak memasukan alamat IP pengirim ketika pengirim menggunakan layanan Gmail untuk mengirim email. Namun jika ia menggunakan desktop klien (seperti Microsoft Outlook) atau perangkat mobile untuk mengirim email, alamat IP bisa juga terdapat dalam pesan keluar.

Buka pesan di Gmail, klik pada More-> Tampilkan asli dan cari baris "diterima: dari". Dalam baris tersebut mungkin alamat IP pengirim pesan Anda dapat diketahui di mana lokasi fisik dengan bantuan Wolfram Alpha. Silahkan bisa disimak pada gambar di atas.

Pilihan B: Dengan cara melacak zona waktu pengirim
The image is Tohir.xyz property

Bagaimana menemukan lokasi pengirim Email di Gmail Anda ?

Ketika alamat IP tidak tersedia, Anda dapat menentukan pengirim dengan memperkirakan lokasi dari zona waktu dari mana komputer berasal. Buka halaman Gmail Labs Anda dan aktifkan fitur "pengirim zona waktu".

Sekarang buka pesan di Gmail dan klik pada panah bawah yang bertuliskan "Menampilkan rincian". Pesan akan menampilkan waktu saat pengirim mengirim pesan di zona waktu mereka.

Selanjutnya Anda dapat menggunakan peta zona waktu ini untuk menentukan negara mana waktu saat ini yang sama dengan waktu yang ditampilkan dalam pesan Gmail. Jelas ini bukan metode yang terlalu mudah, misalnya dua negara yang berbeda namun memiliki zona waktu yang berbeda tetapi ketika alamat IP tidak tersedia di Gmail, ini adalah cara yang paling tepat untuk Anda bisa mendapatkan alamat IP.

Kesimpulannya, zona waktu pesan Gmail keluar ditentukan dari zona waktu komputer Anda. Jika Anda ingin pesan Gmail Anda menampilkan zona waktu yang berbeda, cukup rubah zona waktu komputer Anda dalam pengaturan mengubah zona waktu.

Satu tips lagi yang akan saya share melalui artikel ini, yaitu cara mudah memblokir situs dewasa dari anak-anak. Jika anak-anak  Anda menghabiskan banyak waktu untuk berselancar dengan komputer yang terhubung dengan Internet, hati-hati,  mereka mungkin tidak sengaja menemukan situs dewasa yang  pasti Anda tidak ingin mereka untuk melihatnya.

Jaga Anak Anda dari konten dewasa dalam Internet

Hampir mustahil untuk setiap orangtua untuk memonitor secara manual  komputer anak-anak mereka,  Anda membutuhkan solusi yang lebih mudah terutama saat Anda harus bekerja jauh dari Anak Anda.

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda lakukan. Sebagai contoh, YouTube memiliki mode keamanan video blok yang tidak sesuai untuk anak-anak. Maka  Anda dapat mengkonfigurasi dengan router atau komputer untuk memblokir seluruh kategori situs-situs yang berisi konten kekerasan atau dewasa.

Cara mudah memblokir situs dewasa dari anak-anak

Ada beberapa situs yang menyediakan program menghalangi akses pada situs atau konten dewasa (NetNanny misalnya) yang memantau aktivitas anak Anda di komputer dan secara otomatis akan membatasi mereka dari mengunjungi situs-situs yang tidak dimaksudkan untuk mereka. Maka Anda memiliki sedikit slightly-geeky 127.0.0.1 trik yang membantu Anda memblokir salah satu situs yang dikenal pada komputer Anda.

Jika Anda mencari solusi yang lebih sederhana untuk menyimpan semua situs dewasa dari komputer Anda, beralih ke mode FamilyShield. FamilyShield merupakan bagian dari layanan OpenDNS seperti dijelaskan sebelumnya di video,  keuntungannya adalah, Anda tidak perlu melakukan apapun untuk blok konten dewasa cukup mengubah entri server DNS Anda dan web filter akan segera diaktifkan.

Jika Anda memilih untuk men-setup FamilyShield pada router Anda, situs yang berisi konten dewasa secara otomatis diblokir di semua komputer, konsol  game dan bahkan ponsel yang merupakan bagian dari jaringan rumah Anda.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Tochirun toch
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.tohir.xyz


2 comments: