Monitoring CCTV Menggunakan Smartphone



Monitoring CCTV Menggunakan Smartphone
The image is Pixabay property

Kali ini saya akan membahas monitoring cctv dengan menggunakan media smartphone. Caranya cukup mudah degan menyediakan aplikasi hardware seperti; kamera webcam, satu unit komputer atau laptop, koneksi internet dan smartphone. Software yang akan digunakan adalah "Mobiscope". Untuk aplikasi dikomputer atau laptop harus install "Mobiscop Desktop for Windows" dan untuk di smartphone harus install "Mobiscop Desktop for Java atau android". Langsung saja untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah pertama:
Install program "Mobiscop Desktop for Windows" yang sudah didownload ke komputer atau laptop, setelah selesai install lakukan registrasi program tersebut, ingat! Usahakan untuk melakukan registrasi secara manual dengan memasukan nama dan alamat e-mail.

Langkah kedua:
Pada langkah selanjutnya diharuskan mengisi "password" untuk keamanan pada saat log-in.

Langkah ketiga:
Install "Mobiscop for Android atau iOS" ke dalam smartphone, aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk sistem operasi berbasis symbian dulunya tapi sekarang sudah support semuanya, dengan menggunakan program PC Suite lakukan instalasi mobiscop pada smartphone.

Langkah keempat:
Setelah anda selesai install program mobiscop baik di komputer atau laptop maupun di smartphone, langkah selanjutnya adalah melakukan setting dengan mensinkronisasikan (synchronizes) antara hasil video dikamera cctv (komputer atau laptop) dengan smartphone sehingga memiliki persamaan.

The image is Kriteriaku.com property

Langkah kelima:
Masukan kode "computer number" yang ada pada program mobiscop (di komputer atau laptop) ke aplikasi mobiscop yang ada pada smartphone.

Caranya :

  • Pilih New dimenu Option, kemudian masukan Computer number (contoh; 20000602).
  • Isikan Description (contoh; Video-Webcam).
  • Kemudian Save dan pilih menu Conect to computer


Seperti contoh gambar dibawah ini, terlihat hasil dari penggabungan antara kamera yang ada di komputer atau laptop dengan smartphone, ketepatan antara video di komputer atau laptop dengan di smartphone ada sedikit keterlambatan (delay) tergantung koneksinya.

The image is Kriteriaku.com property

Cukup mudah bukan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan  terimakasih.


Penulis: Kriteriaku
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.kriteriaku.com


No comments:

Post a Comment