Tanda Smartphone Android Anda Terkena Virus



Tanda Smartphone Android Anda Terkena Virus
The image is Pixabay property

Virus merupakan hal yang meresahkan bagi para pengguna gadget, baik komputer atau smartphone. Untuk Android sendiri biasanya virus hadir dalam bentuk aplikasi, Tapi saya ingatkan virus yang dimaksud bukanlah virus seperti H5N1, Zika,dan sebagainya. Tetapi virus yang menyerang program-program gadget anda. Virus  merupakan program yang bisa menyalin atau menggandakan dirinya sendiri.

Tahun demi tahun jumlah virus semakin bertambah baik jenis maupun tingkat penyebaranya. Bisa dalam bentuk aplikasi atau file unduhan. Makannya bagi anda pengguna smartphone android harus berhati-hati. Lalu pertanda apa yang ada pada smartphoneaAndroid yang terkena virus? Ini jawabannya:

1. Smartphone mati mendadak atau tiba-tiba

Misalkan anda sedang menerima sebuah panggilan telepon lalu menerima panggilan tersebut lalu ditengah percakapan anda, tanpa sebab yang jelas smartphone anda mati. Kalau hal ini terjadi coba cek dulu pulsa telpon, berikutnya daya baterai, terakhir lihat jaringan kartu smartphone anda. Jika masalah mati mendadak itu bukan berasal dari penyebab diatas maka sudah bisa diindikasikan kalau smartphone anda lagi terjangkit sebuah virus.

2. Performa atau kinerja smartphone lambat

Jika anda baru saja membeli smartphone android kira-kira sebulan, lalu anda merasa kok rasanya smrtphone saya lambat sekali. Coba deh cek dulu aplikasi yang sudah anda install, jika banyak sekali aplikasi yang di install sudah pasti kinerja dari smartphone itu akan melambat akan tetapi misalkan aplikasinya masih sama seperti yang sebelumnya, maka sudah dipastikan kalau smartphone anda sudah terjangkit sebuah malware atau virus.

3. Boros baterai

Berikutnya adalah baterai itu cepat habis, hal ini banyak sekali penyebabnya seperti digunakan untuk bermain game, melakukan browsing ditempat yang kurang jaringan internet. Kalau alasan borosnya baterai bukan karena alasan diatas ada indikasi kalau smartphone anda lagi terserang sebuah virus.

4. Penggunaan data internet naik drastis

Misalkan anda membeli paket internet jaringan seluler dengan kuota, lalu anda hanya menggunakan untuk menjalankan aplikasi sosial media saja. Dan biasanya kuota anda bertahan sampai satu bulan akan tetapi jika anda mengalami hal berbeda seperti kuota anda habis dipertengahan bulan seperti itu, coba cek dulu apakah anda sering melakukan kegiatan streaming youtube maupun intensitas penggunaan internet anda mulai meningkat berarti itu hal biasa. Akan tetapi jika aktivitas anda sama seperti bulan lalu, sudah dipastikan kalau smartphone anda lagi terkena virus.

Lalu bagaimana cara menangani virus pada android?  Ini cara tepatnya :

1. Cara pertama yang anda bisa lakukan adalah menghapus aplikasi yang menurut anda rusak atau tidak bisa dibuka, atau juga aplikasi yang kalau anda running dia langsung crash dan menyebabkan android anda menjadi Leg mungkin saja aplikasi tersebut terkena serangan virus jadi anda harus hapus.

2. Cara menghilangkan virus di android untuk cara kedua adalah dengan cara anda menginstall aplikasi antivirus, ini termasuk cara kedua bukan pertama kenapa? Karena dengan anda menginstall Aplikasi antivirus maka android anda akan terasa lebih berat apalagi bagi anda yang memiliki RAM kecil jadi makin luar biasa berat, jadi ini termasuk category kedua menurut saya. 

3. Mungkin ini satu-satunya jalan terakhir cara membersihkan virus di android yaitu anda harus mereset android anda ke pengaturan awal, jadi semua aplikasi ataupun semua file yang anda peroleh semua akan hilang dan semua akan kembali ke pengaturan pabrik jadi seperti awal anda membeli android anda. Tapi ini cara terakhir karena ini akan menyebabkan semua data anda akan Hilang

Diatas mungkin masih cara sederhana, tetapi ingat hati-hati dan awasi smartphone mu. Admin dengar saat ini ada virus yang bisa membuat smartphone android langsung mati total dan tidak bisa digunakan kembali. Sekian dan Terimakasih.


Penulis: Sali Hayakawa
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://letsupdatetekno.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment