Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat



Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat
The image is Pixabay property

Terkadang setelah wajah Anda sembuh dari jerawat yang membandel masih tetap menyisakan masalah yang ada pada kulit wajah, yaitu adanya bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Berikut akan kita bahas bagaimana cara cepat menghilangkan bekas jerawat yang bisa dilakukan.

Sekarang ini banyak sekali produk-produk yang dijual dipasaran untuk memghilangkan bekas jerawat yang ada pada wajah, untuk memilih produk-produk tersebut sebaiknya haruslah berhati-hati karena salah memilih produk bisa fatal akibatnya, bukannya menghilangkan bekas jerawat malah merusak kulit wajah Anda. Sebaiknya pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami karena lebih aman  dan tidak ada efek samping untuk kulit dibandingkan dengan produk yang terbuat dari bahan-bahan kimia.

Cara cepat menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami, yaitu: 

1. Bubuk Kayu Cendana Yang Dibuat Menjadi Pasta
Bubuk kayu cendana mempunyai fungsi ajaib untuk kulit yaitu bisa menutup pori-pori kulit yang besar bekas jerawat. Caranya sangat mudah yaitu oleskan pada bekas jerawat saat menjelang tidur dan didiamkan semalaman, bilas dengan air bersih pada pagi harinya. Pemakaian rutin setiap hari bisa memberikan hasil yang maksimal.

2. Bubuk Kayu Cendana dicampur Dengan Air Mawar
Caranya sama dengan diatas, yaitu oleskan pada bekas jerawat pada malam hari menjelang tidur dan diamkan semalaman sampai pagi hari dan bilas dengan air bersih. Tetapi apabila kulit menjadi kering bisa dicoba dengan menambahkan susu dalam ramuan bubuk cendana tersebut dan gunakan untuk beberapa jam saja tidak perlu sampai semalaman.

3. Es Batu
Pori-pori kulit sehabis berjerawatan biasanya akan menjadi membesar, untuk mengencangkannya kembali bisa menggunakan es batu diwajah secara rutin setiap hari selama kurang lebih 15 menit.

4. Timun atau Tomat
Dengan menggosok-gosokkan kulit bagian dalam ketimun atau tomat kewajah yang terdapat bekas jerawatnya adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu kemudian bersihkan dengan air bersih. Tomat bukan saja mengecilkan pori-pori tetapi juga menghilangkan komedo dan cocok juga untuk pengobatan kulit berminyak.

Kebanyakan wanita merasa risih saat diwajahnya terdapat bekas jerawat, karena bisa membuat penampilannya secara keseluruhan menjadi kurang menarik. Maka tak heran banyak wanita yang menutupi bekas jerawat tersebut dengan menggunakan riasan yang berlapis-lapis, bolehkah hal tersebut dilakukan?

Menurut Dr. Wardhani Wisesa, SpKK mengatakan menggunakan makeup dibagian wajah yang terdapat bekas jerawat tidaklah masalah. Hal ini diperbolehkan saja selama jangan menempatkan makeup pada bagian jerawat yang sedang aktif. Lalu bagaimana cara menyembunyikan bekas jerawat menggunakan makeup, berikut langkah-langkahnya :

1. Gunakan Pelembab
Gunakan pelembab pada wajah anda dan pastikan wajah anda dalam keadaan bersih terlebih dahulu sebelum menggunakan pelembab. Hal ini bertujuan agar riasan awal atau alas bedak menempel dengan benar.

2. Primer Wajah
Gunakan jari-jari tangan, oleskan primer pada seluruh bagian wajah untuk menghasilkan alas bedak yang merata. Lalu diamkan selama beberapa menit hingga primer meresap kedalam kulit.

3. Oleskan Concealer
Sebelum menggunakan alas bedak, oleskan terlebih dahulu concealer pada area bekas jerawat. Pastikan anda menutupi bekas jerawat dengan gerakan yang menyilang seperti membentuk huruf X. Selanjutnya ratakan dengan menggunakan jari tangan dengan menggunakan tekhnik ‘dabbing’ atau ditepuk-tepuk supaya concealer tidak berantakan. Jangan lupa juga untuk memoles concealer pada bagian area bawah mata.

4. Keringkan Dengan Tisu
Untuk membersihkan concealer yang tidak meresap pada kulit wajah gunakanlah tisu. Ha lini dilakukan agar mendapatkan hasil riasan yang natural dan tidak terasa berat.

5. Alas Bedak
Selanjutnya gunakan alas bedak dengan menggunakan kuas untuk menutupi bekas jerawat sehingga hasil riasan terlihat sempurna. Pulaskan alas bedak cair dengan cara tekhnik memutar sehingga concelear yang telah dioleskan sebelumnya tidak terhapus. Apabila riasan masih belum  bisa menutupi bekas jerawat, pulaskan satu lapis lagi alas bedak dengan cara yang sama.

6. Bedak Tabur
Apabila Anda sudah memulaskan alas bedak, tunggulah beberapa saat sehingga meresap kedalam kulit wajah. Kemudian gunakan bedak tabur supaya alas bedak tidak cepat luntur dan juga tahan lama. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan finishing spray atau semprotan wajah untuk ‘mengunci’ riasan.


Penulis: Ichwan NurHakim
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.infotentangkesehatan.com


No comments:

Post a Comment