Agar Sistem Pencernaan Tetap Sehat



Agar Sistem Pencernaan Tetap Sehat
The image is Pixabay property

Kita semua pasti maklum bila sistem pencernaan terganggu atau tidak sehat akan menimbulkan banyak masalah yang bisa beruntun pada masalah-masalah yang lainnya. Maka sangatlah penting untuk memperhatikan kesehatan sistem pencernaan, dan di bawah ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan

A. Memasukkan bakteri baik dalam diet

Banyak sekali faktor-faktor yang menunjang jadi sebab tidak seimbangnya bakteri pada saluran pencernaan seperti stres,kurang jatah tidur,penggunaan antibiotik, sebab penyakit, pengaruh penuaan dan cara memilih diet yang tidak tepat. Pada probiotik tertentu, yang sebagian besar dapat ditemukan dalam susu produk dan beberapa sereal,akan dapat membantu untuk menjaga keseimbangan bakteri baik yang ada dalam saluran pencernaan. Cobalah untuk membantu asupan harian anda dengan probiotik yogurt, seperti Activia.

B. Memperkaya Serat

Bersikap konsisten dalam makan makanan dengan kadar jumlah serat yang tepat akan dapat membantu meningkatkan fungsi kinerja usus. Makanan dengan kandungan serat tinggi seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian juga dapat membantu Anda menghasilkan kenyang,yang akan dapat membantu untuk menurunkan nafsu makan berlebihan di hari-hari anda. Dengan menjaga kandungan serat pada apa yang Anda konsumsi akan dapat membantu memberikan pada Anda energi lebih banyak.

C. Hidrasi Air Dengan Jeruk Nipis

Kita semua pasti tahu dan paham kalau Air adalah salah satu bagian dari elemen terpenting untuk sistem pencernaan sehat. Hidrasi yang memadai akan memberi sistem pencernaan kelembaban yang sangat dibutuhkan agar berfungsi dengan baik. Juga,kadang-kadang tubuh kita salah dalam lapar dan haus, jadi tetaplah terhidrasi untuk mencegah makan berlebihan yang tidak diperlukan. Cobalah anda hidrasi air dengan irisan lemon untuk membantu meningkatkan asupan.

D. Menjaga Snack

Makan makanan kecil. Sering makan makanan ringan dalam mengisi hari untuk menjaga metabolisme, gula darah dan energi Anda seimbang. Hal ini juga dapat membantu menahan perasaan lapar hingga waktu makan berikutnya,yang pada saatnya nanti akan dapat membuat anda dapat makan dengan porsi lebih besar dari makanan yang mengandung tinggi lemak,yang akan dapat memperlambat digestion. Coba Anda buyarkan selera makan sebelum anda pergi ke tempat pesta atau makan malam dengan camilan padat nutrisi seperti segenggam kacang atau yogurt polos.

E. Olah Raga

Dengan melakukan olahraga, ini akan dapat membantu untuk menciptakan lingkungan pencernaan yang sehat dan memungkinkan makanan untuk bergerak melalui usus besar dengan lebih cepat, juga akan menurunkan jumlah kadar air yang hilang saat tinja. Otot usus yang berkontraksi selama latihan juga berkontribusi terhadap gerakan yang lebih efisien saat tinja.

F. Tenang Waktu Makan

Dari informasi beberapa peneliti yang menyatakan bahwa semakin lama Anda mengunyah makanan, maka akan semakin sedikit Anda makan. Mengunyah makanan secara perlahan dan tenang juga akan meningkatkan zat enzim pencernaan di mulut Anda, yang memungkinkan bagi pencernaan bekerja lebih baik secara menyeluruh ketika makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda. Selain dari itu,untuk menghindari mengeluarkan gas seperti gajah di dalam ruangan disebabkan makan terlalu cepat.

G. Jangan Buat Gara-gara

Hindari liburan dengan makan meriah berlebih, apalagi seperti anggur merah, makanan pembuka udang pedas atau sup tomat bisque,adalah merupakan contoh makanan yang dapat mengiritasi sistem pencernaan anda. Dengan menghindari makanan pemicu yang seperti ini, maka sistem pencernaan Anda akan beroperasi lebih lancar, yang akan membantu Anda menjadi lebih santai dan tenang di hari-hari penting anda.

H. Pertimbangkan Menggunakan Piring

Memiliki piring yang lebih kecil, atau mempertimbangkan menggunakan piring dengan ukuran kecil itu berarti lebih sedikit makanan yang bisa dimuat di atasnya. Dengan sedikit makanan  tersedia, tentu saja akan semakin sedikit pula waktu makan. Penting untuk mengontrol porsi tidak hanya untuk menjaga berat badan akan tetapi juga untuk mengurangi tekanan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh makan berlebihan.

I. Hindari yang digoreng dan diwarnai

Makanan berat, makanan yang dingin, seperti bebek confit, eggnog dan apple pie tidak hanya diam lama dalam sistem pencernaan, akan tapi itu juga bisa menyebabkan memproduksi asam lambung lebih,yang juga dapat menyebabkan refluks lambung. Kenyamanan makanan olahan seperti kentang tumbuk instan, saus kalengan dan saus cranberry mungkin menantang sistem pencernaan Anda,karenanya dengan menghindari itu adalah berarti anda telah berbuat baik pada perut, yang artinya adalah kebaikan bagi anda sendiri.

J. Manjakan Minum Teh

Bagi siapa saja yang terbiasa dengan hidangan yang tidak dapat dikurangi kandungan lemak dan kalorinya, maka tinggalkanlah dengan kesadaran. Hindari perasaan terpaksa dengan hanya memotong sedikit pada bagian dalam dan perasaan terkekang dengan porsi makanan terkontrol. Selalu mengusahakan secangkir teh di tangan,mencoba mint atau teh kayu manis. Ini akan membantu memperlambat makan Anda,yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan jeritan atau kebutuhan tubuh Anda dan jadi lebih berhati-hati.

Demikianlah tips untuk mengusahakan sistem pencernaan agar tetap terkontrol dan tetap dalam keadaan sehat, untuk kerja yang lebih baik dan sempurna. Semoga bermanfaat.


Penulis: Fank Arsip
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://arsip-fank.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment