Cara Mengembalikan Warna Bibir Yang Menarik



Cara Mengembalikan Warna Bibir Yang Menarik
The image is Pixabay property

Selain mengganggu kesehatan, merokok ternyata juga menjadikan bibir lebih gelap. Keindahan warna alami pada bibir akan menjadi terlihat kusam. Tak hanya itu, pada sekitar mulut serta gusi juga menampakkan warna gelap dan yang paling terpengaruh adalah warna pada gigi yang menguning.

Hal itu terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah kandungan tembakau dan tar yang memberikan warna kehitaman, hawa panas dari asap rokok dan kurangnya suplai oksigen yang baik. Sebagian perokok banyak mencari cara agar mengembalikan warna keaslian bibirnya.

Sangat mudah untuk mengatasinya, dan yang paling utama adalah berhenti untuk merokok. Dengan kita berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mengembalikan warna alami pada bibir, terutama untuk hidup lebih sehat.

Berikut beberapa cara alami untuk mengembalikan warna asli bibir:

1. Minyak Zaitun

Oleskan minyak zaitun (petroleum jelly) pada bibir anda, kemudian sikatlah secara perlahan menggunakan sikat gigi yang lembut. Hal ini dimaksudkan untuk mengelupaskan pada kulit bibir. Lakukan cara ini selama kurang lebih 3-4 menit, kemudian cuci bibir dengan air dan gunakan pelembab untuk menjaga kembali kelembabannya.

2. Lemon

Metode I
Selain lemon, cara ini dibutuhkan beberapa tetes minyak zaitun dan satu sendok teh gula. Campurkan bahan-bahan tersebut hingga menjadi pasta. Oleskan pasta yang tadi kita buat, pijat lembut bibir dengan gerakan melingkar agar kulit pada bibir mengelupas.

Metode II
Cara lain yakni dengan menggunakan madu pada campuran jus lemon, perbandingan sama takarannya. Campur dan oleskan pada bibir anda. Diamkan kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Kelopak Bunga Mawar dan Susu

Selain menjadi bunga yang identik dengan suasana romantis, ternyata bunga mawar bisa menjadi salah satu penawar untuk menghilangkan warna kusam pada bibir. Tumbuk beberapa kelopak mawar, tambahkan susu krim dan madu. Aduk hingga rata dan menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada bibir dan diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian cuci dengan susu dilanjutkan pembersihan akhir dengan air bersih.

Demikian tips untuk mengembalikan warna asli bibir, selanjutnya saya akan memberikan tips untuk membersihkan karang gigi.

Karang gigi (plak) merupakan lapisan lengket yang menempel pada gigi dan sangat sulit untuk dibersihkan. Ternyata, Karang gigi mengandung bakteri yang melepaskan asam perusak bagian pelapis mahkota gigi atau biasa disebut enamel. Bila plak gigi dibiarkan dalam kurun waktu yang lama, plak akan mengeras dan berubah menjadi tartar dan menyebabkan rasa sakit pada gusi dan kerusakan gigi.

Maka, sangatlah penting untuk segera menghilangkan karang gigi agar kesehatan mulut tetap terjaga tanpa mengurangi kepercayaan diri. Berikut beberapa tips untuk menghilangkan plak pada gigi.

1. Menyikat gigi secara teratur

Salah satu cara dan sudah menjadi kewajiban dalam menjaga kebersihan gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Lakukan sikat gigi dua kali sehari dan sebelum tidur di malam hari. Pastikan menyikat gigi dengan benar dengan gerakan dari atas ke bawah dan ke seluruh bagian gigi. Menggunakan sikat gigi elektrik memiliki kelebihan 10-40% daripada sikat gigi biasa.

2. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan karang gigi. Cara penggunaannya yaitu:
  • Tuangkan 1 sendok baking soda
  • Basahi sikat gigi menggunakan air
  • Jadikan baking soda sebagai pengganti pasta gigi

3. Konsumsi Buah

Mengkonsumsi apel tanpa dikupas dapat membantu membersihkan karang gigi secara alami. Manfaat lainya adalah kandungan gizi pada apel berfungsi melindungi gigi dari plak.

4. Berkumur

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan larutan kumur sangat efektif untuk membantu menghilangkan plak gigi. Berkumurlah selama ± 30 detik, namun hal ini sangat tidak dianjurkan secara rutin. Hal ini dikarenakan obat kumur (mouthwash) mengandung zat kimia.

5. Melakukan pemeriksaan ke Dokter Gigi

Lakukan pemeriksaan keadaan dan kesehatan gigi kepada Dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Dokter akan melakukan pembersihan gigi dengan scaling dan root planning apabila terdapat karang gigi yang banyak dan menumpuk.

6. Benang Gigi

Benang gigi mampu menghilangkan karang gigi yang berada diantara permukaan gigi yang tidak mampu dijangkau oleh sikat gigi.

Ada baiknya kita menerapkan kata “mencegah lebih baik dari pada mengobati”, berikut cara mencegah karang gigi : 
  • Mulailah untuk mengurangi makanan ringan, makanan manis & makanan bertepung yang sering kita konsumsi
  • Berhentilah untuk merokok, hal ini dikarenakan rokok dapat meninggalkan noda pada gigi
  • Kurangi konsumsi kopi
  • Berkumurlah setelah makan

Demikian tips untuk menghilangkan karang gigi, semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih. 


Penulis: Qindi Assyauqie
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://mejarapuh.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment