Ciri-Ciri Penipuan Kuis Berhadiah



Ciri-Ciri Penipuan Kuis Berhadiah
The image is Pixabay property

Waspadai beberapa ciri-ciri penipuan kuis berhadiah yang tengah marak di saat acara kuis baik di media cetak maupun televisi. Berhati-hati supaya tidak kecolongan dengan modus baru yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini sangatlah penting.

Kedok Penipuan Kuis Berhadiah

Kedok penipuan kuis berhadiah memang benar adanya dan telah banyak merugikan masyarakat awam. Sayangnya diantara mereka tidak semuanya mau melaporkan kepada pihak yang berwajib dikarenakan merasa malu telah tertipu mentah-mentah. Mari menelusuri bagaimana kedok penipuan akan kuis berhadiah bisa dimanfaatkan pihak-pihak tertentu.

1. Orang suka dengan hal instan. 

Dalam arti ada orang tertentu yang tidak ingin melewati proses panjang dalam mewujudkan atau meraih tujuan yang diinginkan. Ketika ada celah yang dianggap menguntungkan,lantas tanpa berpikir panjang akan menempuh resiko yang ujung-ujungnya bisa merugikan diri sendiri.

2. Lebih memilih jalan pintas. 

Diakui juga sebagian orang lebih mengandalkan jalan pintas yang mudah dan cepat dalam meraih mimpinya. Tanpa perlu pengorbanan dan perjuangan selalu menginginkan hal terbaik.

3. Mudah dipengaruhi dengan hal mustahil apalagi jika diiming-imingi janji muluk-muluk. Tak pelak lagi membuat seseorang kurang waspada dan melakukan sesuatu di luar nalar.

Mengenali Modus Penipuan

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, alhamdullilah tidak sampai terpedaya oleh bujuk rayu para penipu amatiran, mendapatkan sejumlah tips dalam mengenali akal muslihat mereka. Berikut ini modus yang acap digunakan sebagian besar pelaku penipuan seperti :

1. Korban mendapatkan pemberitahuan secara mendadak bisa via pesan singkat di ponsel (SMS), email atau surat edaran pemenang kuis. Yang terasa ganjil adalah surat pemberitahuan perihal mendapat hadiah utama padahal sudah lewat dari tenggat waktu.

2. Pelaku berusaha membujuk sambil meyakinkan, jika hadiah pemenang tidak akan “Hangus” meski sudah terlambat beberapa periode asalkan membayar biaya separuh harga. Ilustrasinya semisal korban memenangkan hadiah motor, berarti korban diminta membayarkan sejumlah biaya 30%-50% dari harga hadiiah melalui transfer rekening.

3. Pelaku seringkali menelpon terus sampai terjadi transaksi secara bank online. Dengan tujuan bisa membujuk serta mempengaruhi korban transfer uang segera mungkin.

4. Korban biasanya kebingungan dengan pemberitahuan kemenangan undian atau kuis karena merasa tidak pernah ikut sama sekali ajang kuis.

Mengantisipasi agar tidak mudah diperdaya oleh para penipu ada baiknya dari awal tidak perlu meladeni untuk kontak telepon. Abaikan saja janji yang menggiurkan kalau perlu bisa dilaporkan pada pihak yang berwajib, kepolisian demi mengusut kelompok penipuan ini.

Menurut beberapa pengalaman para hunter kuis, sebutan untuk orang yang gemar mengikuti beragam kuis ada baiknya seseorang mengamati serta mencermati ketentuan atau syarat yang diberlakukan. Termasuk mempelajari program kuis yang diikuti. Jangan asal ikut saja dengan mengabaikan hal-hal penting lainnya. Meski tampak sepele namun bisa memberikan kontribusi lebih.

Tujuan diselenggarakan suatu kuis berhadiah, untuk memberikan hiburan orang lain agar tidak terlalu jenuh memikirkan nasib hidup yang sedang dijalani. Bahkan lebih baik jika orang yang berpatisipasi dalam kuis bisa tertawa sumringah penuh keceriaan.

Jika mau jeli sedikit dalam mengamati maraknya beragam kuis yang beredar, bisa dipilah-pilah kuis yang akan diikuti berdasar selera dan minat pangsa pasar. Orang yang ingin sukses mengikuti kuis setidaknya paham, kuis yang diikuti sesuai kemampuan.

Beberapa kuis yang ada seperti :
  • Kuis musik yang mengasah serta menguji kemampuan dalam bidang musik seperti hafal sejumlah lagu-lagu terkenal, tahu penyanyi serta pengarang lagu dsb.
  • Kuis olahraga, mengharuskan para peserta setidaknya memiliki dasar pengetahuan dan hobi berita olahraga.
  • Kuis masakan, yang menuntut seseorang paham tentang kuliner makanan, bahan serta resep yang berkaitan dengan masakan.
  • Kuis Pengetahuan Umum, dalam kuis ini peserta harus memiliki dasar-dasar pengetahuan yang mumpuni.
  • Kuis ketangkasan, biasanya mensyaratkan peserta memiliki skill atau keahlian dalam mengikuti.

Agar sukses menang kuis yang ada, sebaiknya peserta mengetahui beberapa trik dan tips mengikuti kuis berhadiah diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pilih jenis kuis berhadiah yang dianggap bisa diikuti sesuai kemampuan. Misalnya peserta adalah orang yang gemar memasak dan piawai membuat resep lezat jangan memaksakan diri ikut kuis musik yang sama sekali tidak dikuasai.

2. Lakukan observasi beberapa kali untuk menjajaki  kemampuan tentang kuis yang akan diikuti. Sehingga nanti setelah ikut main dalam kuis memahami cepat langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

3. Selektif dalam menentukan kuis berhadiah, setidaknya tahu kuis berhadiah tersebut diselenggarakan secara resmi dengan sponsor-sponsor yang dikenal di masyarakat.

Demikian cara mengetahui ciri-ciri penipuan kuis berhadiah dan uraian singkat tentang trik dan tips mengikuti kuis berhadiah. Semoga memberi manfaat.


Penulis: Haikal Palapa
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.kuis-berhadiah.com


No comments:

Post a Comment