Manfaat Bersepeda Secara Rutin



Manfaat Bersepeda Secara Rutin
The image is Pixabay property

Pada artikel ini saya ingin berbagi manfaat bersepeda secara rutin yang sudah saya rasakan manfaatnya pada diri sendiri. Terhitung dari awal bulan Januari 2015 sampai dengan tulisan ini says buat, saya masih bersepeda. Walau hanya bersepeda sekitar 2 – 3 kali dalam seminggu namun banyak manfaat yang saya rasakan dengan menekuni hobi bersepeda ini. Apa saja manfaat-manfaatnya?? Mari kita simak berikut ini:

1. Jantung menjadi sehat

Sebenarnya untuk manfaat yang pertama ini sulit untuk mengukurnya, jika kits tidal pergi ke dokter untuk melakukan checkup, apakah benar jantung kita menjadi lebih sehat setelah melakukan bersepeda dengan rutin. Tapi bagi saya untuk mengetesnya mudah saja. Di awal-awal saya mulai menggeluti hobi bersepeda saya hanya mampu bersepeda kurang lebih 10-15 km dengan tipe jalan datar, jika bertemu tanjakan saya pasti balik kanan atau mencari jalan yang datar. 

Porsi mengayuh sepedanya pun termasuk pelan dan banyak melakukan istirahat untuk mengambil nafas panjang. Namun, saat ini saya justru paling senang ketika diajak untuk menanjak. Sebagai perbandingan saat awal-awal menaklukan tanjakan, saya sempat berhenti untuk mendorong sepeda saya, namun saat ini bisa lancar melewati tanjakan. Kesimpulannya berarti memang benar bersepeda melatih jantung dan juga menyehatkan jantung.

2. Mengencangkan otot kaki

Manfaat yang ini terasa sekali. Dikarenakan saya pergi ke kampus dengan berjalan kaki yang kurang lebih berjarak 1,5 km dengan tipe jalan yang naik turun alias menanjak. Sebelum hobi bersepeda ini saya lakukan, saya sering kehabisan nafas untuk berjalan ke kampus, bahkan sering kaki terasa pegal-pegal. 

Tapi, setelah saya rutin untuk menjalani hobi bersepeda saya jadi lebih santai untuk berjalan dan malah tidak merasakan capek. Selain itu kaki saya juga terasa lebih kencang, ini berarti membuktikan bahwa memang benar otot kaki saya lebih kencang dari sebelumnya. 

3. Stamina Tubuh Bertambah

Bisa dibilang saya adalah orang yang termasuk mudah untuk terserang penyakit seperti flu dan batuk. Apalagi di musim-musim pancaroba, sudah pasti saya akan terkena serangan flu dan batuk. Terlebih jika ada teman atau saudara bahkan keluarga yang terkena flu, pasti saya akan bisa tertular dengan cepat. 

Namun, setelah saya rutin bersepeda untuk terserang penyakit berupa flu dan batuk menjadi lebih jarang. Bahkan hampir tidak pernah. Ataupun jika terserang flu hanya berlangsung sekitar 2-3 hari dan paling lama hanya sekitar 1 mingguan. Padahal sebelumnya jika saya terkena flu dan batuk bisa sampai 2 mingguan dan paling lama bisa sampai 1 bulanan. Dari sini saya bisa menyimpulkan bersepeda dengan rutin bisa meningkatkan stamina dan juga daya tahan tubuh.

4. Bertemu Dengan Orang-Orang Baru

Salah satu manfaat bersepeda yang lainnya adalah kita bisa bertemu dengan orang-orang baru di jalan atau tempat-tempat istirahat. Dimana dengan menyapanya saja kita sudah seperti merasa kenal. Apalagi kalau sudah sampai ngobrol panjang lebar, bisa-bisa malah menjadi teman akrab. 

Hal ini saya rasakan ketika beristirahat di Tahura ataupun Warban. Ketika orang-orang lain atau komunitas-komunitas bersepeda sedang melakukan istirahat, saya biasanya diajak mengobrol atau bahkan saya duluan yang membuka obrolan. Dari sekedar ngobrol biasanya kita bisa tukar kontak dan bisa saling bertukar informasi mengenai sepeda.

Demikian manfaat yang saya rasakan dalam menekuni hobi bersepeda ini. Tentu masih banyak manfaat-manfaat lainnya dari bersepeda, namun disini saya hanya menjabarkan dari apa yang saya rasakan saja. Semoga bermanfaat.


Penulis: Jejeblog
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.jejeblog.net


No comments:

Post a Comment