Awet Muda dengan Pola Makan yang Benar



Awet Muda dengan Pola Makan yang Benar
The image is Pixabay property

Usia boleh merangkak naik, tapi setiap orang ingin tampil awet muda, kulit tetap halus, tidak terlihat banyak kerutan, keriput, kulit kendur serta tidak timbul flek hitam pada wajah. Agar awet muda, ada 2 aspek yang harus diperhatikan, yaitu aspek internal (dari dalam) dan aspek eksternal (dari luar).

Aspek internal terdiri atas faktor makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup. Konsumsi makanan dengan pola yang benar akan sangat membantu segi aspek internal. Sementara faktor eksternal berkaitan dengan paparan sinar matahari dan polusi.

Menjadi tua itu adalah sesuatu yang alamiah. Tetapi seberapa cepat seseorang menjadi tua itu tergantung dari pola hidup dan asupan makanan yang dikonsumsi. Apa yang dimakan akan tercermin pada organ kulit. Karena itu, untuk awet muda maka seseorang harus makan yang benar. Makan yang benar adalah makan makanan yang segar, tanpa bahan pengawet dan penyedap makanan karena akan membuat tubuh rusak dan menjadi cepat tua.

Selain itu, sebaiknya juga mengurangi asupan garam dan gula. Jika terlalu banyak konsumsi garam maka cenderung terkena penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi karena sifat dari garam adalah menyerap air. Sementara jika terlalu banyak konsumsi gula, maka tubuh cenderung rentan terhadap diabetes melitus.  Bahkan ada penelitian, jika seseorang banyak makan gula maka akan cenderung merasa lapar. Akibatnya, seseorang akan sering makan dan membuatnya menjadi gemuk.

Kurangi juga asupan karbohidrat karena akan membuat gemuk. Di dalam tubuh pun, karbohidrat akan diolah menjadi gula. Di dalam tubuh, gula akan mengurangi oksidasi sehingga dampaknya menjadi kurang baik bagi kulit yang menjadi kendur. Selama ini, pola makan orang Indonesia adalah banyak karbohidrat dan lemak tetapi kurang protein. Padahal protein dibutuhkan untuk membentuk otot, rambut dan lain-lain.

Tidur 6-8 jam sehari, olahraga yang rutin agar sirkulasi darah berjalan lancar sehingga kondisi kulit menjadi baik. Selalu berpikiran positif dan hindari stress karena ketika seseorang stress, maka dilepaskan hormon kortisol dimana hormon ini dapat mengakibatkan penuaan dini seperti kulit menjadi keriput dan kusam. Hormon ini juga dilepaskan ketika seseorang begadang.
Jaga pola makan yang baik dengan memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya serat agar awet muda. 

Dianjurkan juga makan kacang-kacangan dan protein seperti ikan segar. Untuk menjadi awet muda sebaiknya juga menjalani gaya hidup yang sehat seperti tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol. Merokok dapat membuat seseorang 30% lebih cepat tua dibandingkan usianya karena merokok sudah terbukti merusak kulit.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai manfaat wortel bagi kesehatan. Wortel merupakan jenis sayuran yang banyak disukai orang karena rasanya yang manis. Sayuran ini banyak tumbuh di daerah pegunungan. Selain dijadikan bahan untuk masakan, wortel juga banyak dijadikan jus. 

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, Vitamin B2, B2, B3, B6, B9 dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium serta sodium. Berbagai manfaat wortel diantaranya :

1. Membersihkan wajah dan mencegah penuaan

Wortel merupakan sayuran yang mempunyai antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dan polusi, yang merupakan penyebab kulit menjadi rusak serta timbulnya penuaan dini. Sehingga dengan konsumsi wortel secara rutin dapat mencegah penuaan dini dan hasilnya wajah tetap awet muda dan segar. Wortel juga baik untuk melembabkan kulit kering.

2. Kesehatan mata

Wortel kaya akan betakaroten atau Vitamin A yang sangat diperlukan oleh mata. Dengan rutin makan wortel maka dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan Vitamin A. Selain itu, antioksidan dalam wortel dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang sering menimpa lansia.

3. Menurunkan kolesterol

Makan wortel mentah setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Tidak hanya kolesterol, wortel yang dikonsumsi setiap hari juga dapat menurunkan resiko stroke. Vitamin A yang terkandung dalam wortel juga dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke.

4. Mencegah kanker paru

Betakaroten serta senyawa lain yang bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker paru, mulut, tenggorokan, lambung dan usus. Untuk mendapatkan manfaat wortel sebagai antikanker, sebaiknya konsumsi wortel dengan dimasak agar senyawa karoten lepas. Dengan dimasak maka karoten akan naik 2 sampai 5 kali lipat.

5. Mengatasi sembelit

Serat yang terkandung dalam wortel akan menaikkan volume feses hingga 25% sehingga melancarkan buang air.

Selain dengan cara dikonsumsi, untuk mendapatkan manfaat wortel bagi kesehatan dan kecantikan wajah, wortel bisa dibuat sebagai masker. Untuk membuat masker wortel pilihlah wortel yang segar dengan ukuran sedang, kemudian cuci bersih wortel. Untuk mendapatkan hasil yang baik bisa ditambahkan dengan madu. 

Wortel segar yang telah dicuci bersih dihaluskan dengan blender atau dapat ditumbuk. Setelah itu dimasukkan madu. Pemilihan madu sebagai bahan campuran masker wortel karena madu mampu menjaga kelembaban kulit dan mencegah penuaan dini. Sebelum mengoleskan masker wortel pada wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian balurkan masker wortel secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 10-15 menit hingga masker kering dan meresap ke dalam kulit. Lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih dan masker terangkat. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan masker wortel secara rutin 2 kali seminggu. Untuk mendapatkan kulit wajah yang lembab, cantik, bersih, halus dan mulus sebaiknya wortel tidak hanya dijadikan masker saja tetapi juga sebaiknya dikonsumsi rutin agar seluruh manfaat wortel bisa dirasakan oleh tubuh. 

Semoga bermanfaat.


Penulis: Frutablend
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://frutablendhwiasli.com



No comments:

Post a Comment