Rekomendasi Tempat Wisata Di Tapanuli Utara



Rekomendasi Tempat Wisata Di Tapanuli Utara
The image is Kekitaan Kekitaan.com property

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati keindahan alam. Hanya perlu jalan dinegeri sendiri, banyak tempat wisata yang mengagumkan. Seperti kolam air soda Tarutung yang bisa digunakan sebagai tempat berenang, walaupun kita tidak bisa berenang.

Kabupaten Tapanuli Utara memiliki luas 3.793,71 meter persegi, ditempat ini terdapat beberapa tujuan wisata yang perlu dikunjungi. Urutan tempat wisata ini saya buat untuk menjadi panduan memulai jalan-jalan disini. Ada 4 Tempat Wisata yang direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara, yaitu:

1. Pemandian Air Soda, di Desa Parbubu Kecamatan Tarutung

Panorama pemandangan indahnya Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara. Salah satu yang direkomendasikan adalah sebuah Pemandian Air Soda, di Desa Parbubu Kecamatan Tarutung.

Kita mulai perjalanan di Kabupaten Tapanuli Utara dari Desa Parbubu Kecamatan Tarutung, disana ada sebuah kolam pemandian. Sebaiknya anda datang pagi-pagi, karena tempat ini sudah buka. Beberapa anak sekolah sudah mandi disana. Usahakan sampai disana antara jam 6-8 pagi.

Sesuai namanya Pemandian Air Soda maka ada buih-buih yang keluar dari dasar air. Bagi anda yang tidak bisa berenang. Tenang saja. Disini kita jadi bisa berenang. Karena akan mengambang dan tidak akan tenggelam. Kalau pun kita benar-benar takut, disediakan ban untuk pertolongan. Disana kita bisa menikmati sarapan sederhana ala Halak Kita, Batak.

2. Salib Kasih di bukit Kecamatan Siatas Barita

Selesai menikmati berendam di Pemandian Air Soda, di Desa Parbubu Kecamatan Tarutung. Kita bergerak ke Salib Raksasa di Kecamatan Siatas Barita diatas bukit. Monumen salib besar itu disebut Salib Kasih. Salib tersebut dibuat untuk mengenang Dr. IL. Nomensen. Seorang misionaris dari Jerman yang menyebarkan Agama Kristen pertama kali di tanah Batak.

Sejak awal kita akan ditemani ratusan tangga untuk naik keatas. Kanan dan kiri ada pohon pinus yang tinggi besar. Bagi anda yang tidak kuat menaikinya, tidak perlu khawatir karena ada tempat istirahat yang disediakan dikanan dan kiri. Sampai akhirnya kita akan disambut oleh Patung Sang Misionaris. Belum sampai disitu kita harus berjalan lagi sampai akhirnya kita tiba tepat dibawah Salib Raksasa itu.

Setibanya disana kita akan menemui orang-orang yang berdoa di Rumah Doa. Jika kita berkunjung di hari minggu. Maka disana kita bisa beribadah bersama dengan ratusan jemaat lainnya.

Bagi anda yang tidak ikut beribadah, tenang saja. Ada tempat yang disediakan untuk menunggu sampai ibadah selesai. Kita bisa menikmati keindahan Kecamatan Tarutung dari atas.

3. Pemandangan Danau Toba di Silangit, Kecamatan Siborongborong

Siang hari, sekitar jam 1 siang, kita bergerak untuk menikmati panorama pemandangan indahnya Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara. Salah satu yang direkomendasikan adalah sebuah Panatapan di Silangit, Kecamatan Siborongborong. Untuk ke tempat wisata ini disarankan anda membawa kendaraan sendiri.

Perjalanan sekitar 1 jam dari Salib Kasih di Kecamatan Siatas Barita ke Pemandangan Danau Toba di Silangit, Kecamatan Siborongborong.

Panatapan adalah bahasa batak yang artinya sebuah bukit atau tempat yang tinggi untuk memandang menikmati keindahan alam. Silangit sendiri adalah sebuah desa di Kecamatan Siborongborong.
Indahnya alam dinikmati lewat mata dan diresapi dalam hati.

Dari Panatapan di Silangit, di Kecamatan Siborongborong ini kita bisa memandang keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir dikejauhan. Sambil memandang kita menikmati makanan hangat dan minuman hangat khas Batak di Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara.

Waktu yang paling cocok untuk berkunjung kesini adalah sore hari mulai jam 4 sore. Sinar matahari yang mulai bergerak tenggelam akan menambah indahnya suasana. 

4. Pemandian Air Panas di Sipoholon, Kecamatan Sipoholon

Setelah selesai dengan suasana yang dingin. Pada sore atau malam harinya kita bisa bergerak ke arah Barat Daya. Pemandian Air Panas di Sipoholon, Kecamatan Sipoholon. Karena berada di jalur lintas utama Sumatera, tempat ini mudah untuk ditemukan. Sekitar 500 meter mendekati tempat ini, kita akan mencium aroma belerang. 

Mandi air panas selain menyembuhkan penyakit juga menenangkan perasaan. Disebelah kanan dan kiri akan berjejer belasan pemandian ari panas. Kita tinggal memilih mana yang paling cocok dengan kita.

Kalau kita bergerak dari Kecamatan Siborongborong ke Sipoholon maka direkomendasikan untuk mengambil tempat mandi yang disebelah kiri jalan. Karena berdekatan dengan sumber air panasnya langsung. Jadi lebih murni.

Sedikit perhatian untuk kita sebagai pengunjung, harus membawa peralatan mandiri sendiri. Khususnya handuk, pasta gigi, gosok gigi, dan sabun. 

Selesai menikmati mandi air panas kita akan disuguhi dengan menu mie rebus hangat dan teh manis hangat dengan asap mengebul. Kalau orang batak bilang teh itu “teh manis”. Makanan dan minuman ini dilengkapi dengan telur rebus dan sambel khas batak yang pedas.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Kita
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://kekitaan.com


No comments:

Post a Comment