Tips Belajar Ketika Malas Melanda



Tips Belajar Ketika Malas Melanda
The image is Pixabay property

Belajar merupakan kewajiban setiap manusia, tanpa belajar, kesalahan yang sudah dilakukan bisa saja terulang, hal tersebut bisa terjadi kapan saja bagi yang tidak mempunyai kemauan untuk berubah menjadi diri lebih baik.

Belajar merupakan komponen utama dalam kehidupan untuk membuat kehidupan lebih baik dan terarah, Namun ada saja malas yang datang. Siapa saja bisa terserang malas, tetapi hal tersebut dapat dicegah dengan mengetahui tips belajar ketika malas datang melanda saat rutinitas berlangsung.

Malas merupakan penyakit masyarakat yang sudah lama bersarang, terbukti dengan adanya banyaknya pengangguran. Diperlukan belajar untuk membuat semua orang menjadi sejahtera, selain menjadi tugas pemerintah Negara, harus ada upaya untuk melawan diri sendiri, salah satunya dengan belajar. Berikut tips belajar ketika malas datang melanda:

1. Niat Belajar

Penting untuk mengetahui belajar untuk apa dan mau dibawa kemana pelajaran yang sudah dipelajari, jangan hanya ingin mendapat gelar S1 tetapi tidak tahu tujuan kuliah sebenarnya.

2. Buat perencanaan

Untuk menghilangkan malas, dibutuhkan membuat perencanaan jadwal belajar dan mata pelajaran apa yang ingin dipelajari.

3. Mengulang pelajaran

Belajar tidak hanya di sekolah maupun di universitas saja, butuh pengulangan di rumah untuk lebih lama mengingat pelajaran, waktu yang tepat untuk mengulang pelajaran adalah ketika sore hari, malam hari menjelang tidur, dan pagi hari.

4. Berdoa

Ini sangat wajib, karena apapun usaha yang sudah dilakukan tidak lepas dari kuasa Tuhan yang sudah melancarkan urusan belajar. Lebih baik berdoa setelah belajar. Belajar tidak hanya dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa yang rata-rata berumur 7-24 tahun, tetapi dari balita, batita orangtua yang sudah pensiun masih berkewajiban untuk belajar.

Dengan memaksimalkan tips belajar ketika malas datang melanda yang sudah direncanakan dan sudah dijalankan dengan baik dan benar, pasti prestasi-prestasi yang positif akan mudah diraih.

Selain itu, tips belajar ketika malas datang, tidak hanya dari bacaan atau pendapat orang lain, tetapi harus bertanya kepada diri sendiri apa yang seharusnya dilakukan untuk lebih baik terutama untuk belajar dan melawan rasa malas. Dengan begitu semangat untuk kembali belajar pun dapat mulai dirasakan.

Tips selanjutnya yaitu cara membangun kembali semangat belajar.

Apa manfaat belajar bagi Anda? Untuk apa melakukan kegiatan belajar? Untuk mengisi waktu luang? Atau untuk menambah dan memperkaya ilmu pengetahuan Anda? Wajib Anda ketahui, belajar untuk menambah ilmu dan pengetahuan lebih baik dari pada belajar karena untuk mengisi waktu luang saja.

Namun tidak dapat dipungkiri, belajar untuk mengisi waktu luang lebih banyak dilakukan dari pada belajar untuk menambah dan memperkaya ilmu pengetahuan.

Bagi Anda yang terbiasa untuk belajar, tentu pernah mengalami malas untuk belajar. Sehingga minat belajar Anda menjadi berkurang karena banyaknya permasalahan, materi pembelajaran yang membosankan, atau materi pembelajaran yang sulit untuk dipahami.

Akibatnya, materi pembelajaran yang seharusnya selesai dalam beberapa jam saja molor menjadi beberapa hari dan mengganggu jadwal kegiatan Anda yang lainnya.

Agar dapat membangun kembali semangat belajar, terkadang sangat menyulitkan. Membangun semangat diatas rasa malas memang sedikit sulit dan memerlukan beberapa cara yang tepat, supaya semangat belajar Anda kembali seperti semula.

Berikut beberapa cara membangun kembali semangat belajar, agar Anda kembali bersemangat dalam belajar:

1. Motivasi diri Anda sendiri

Memberikan motivasi kepada diri Anda sendiri, sangat berpengaruh terhadap kemauan dan meningkatkan semangat belajar Anda. Karena orang yang berhasil adalah orang yang mampu mempertahankan semangat pada dirinya sendiri, ketika orang lain mulai kehilangan semangat mereka dan mempengaruhi semangat Anda.

Dengan begitu, cara yang paling mudah untuk meningkatkan semangat belajar adalah dengan memotivasi diri Anda sendiri untuk terus belajar.

2. Konsentrasi ketika belajar

Ketika sedang belajar, usahakan untuk tetap konsentrasi dan fokus kepada materi yang sedang Anda pelajari. Pelajari setiap materi, tetap fokus ketika belajar, dan buat suasana menjadi nyaman untuk belajar. Sehingga proses belajar akan menyenangkan dan secara tidak langsung Anda sudah berhasil meningkatkan semangat untuk belajar.

Ketika Anda mengalami penat atau lelah saat belajar, cobalah untuk istirahat sebentar dengan mendengarkan musik atau makan cemilan. Kemudian mulai belajarlah kembali, namun secara santai saja. Berkumpul dengan teman yang suka belajar; Cara lain untuk membangun kembali semangat belajar adalah dengan berkumpul bersama teman-teman yang suka atau hobi belajar.

Anda dapat menanyakan, belajar bersama, dan memecahkan masalah ketika belajar. Bila mengalami kejenuhan untuk membaca buku, Anda dapat menutup buku tersebut dan berdiskusi atau mengadakan diskusi bersama teman. Sehingga rasa jenuh untuk belajar akan akan hilang dan berganti dengan semangat belajar kembali.

3. Tempelkan kata-kata motivasi pada dinding kamar

Jangan biarkan dinding-dinding pada kamar kosong, dengan menempelkan kata-kata motivasi dan target apa yang ingin Anda raih dalam waktu dekat hingga panjang.

Usahakan kata-kata motivasi tersebut mudah untuk diingat dan mampu meningkatkan semangat Anda untuk kembali belajar. Tulislah dengan ukuran yang besar, tempelkan pada dinding yang paling sering dilihat, dan hiasi dengan pernak-pernik sesuai selera Anda.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Mas Joko dan Rita Elfianis
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://jokowarino.id


No comments:

Post a Comment