Tips Mengobati Nyeri Otot Mendadak



Tips Mengobati Nyeri Otot Mendadak
The image is Pixabay property

Rumah Anda adalah gym Anda. Kalimat itu mungkin tidak terlalu berlebihan buat Anda yang tidak punya waktu untuk pergi ketempat gym, Jadi dalam pembentukan tubuh ideal sebenernya tidak harus pergi ke tempat gym, karena tempat gym bukanlah satu-satunya jalan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.


Sebenarnya banyak latihan yang bisa anda lakukan dirumah untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal yang banyak orang-orang idamkan. Tapi jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Karena tubuh kita atau lebih tepatnya otot bisa syok dan terasa nyeri atau sakit.

Rasa nyeri pada otot merupakan gejala yang sering dialami banyak orang jika anda pernah merasakanya maka tidak perlu panik karena penyebab nyeri pada otot mungkin bukan sesuatu yang berbahaya. Dalam nyeri otot bentuk rasa nyerinya itu bisa berbeda-beda, dapat menyerang ditempat berbeda pula dan hal itu merupakan gejala yang mewakili beragam masalah kesehatan.

Jangan pernah meminum obat-obat pereda sakit, karena itu hanya akan menambah gejala-gejala lainya. Saya sarankan anda mengobati dengan cara alternatif yang bisa dilakukan dengan :
  1. Bermeditasi
  2. Menghirup aroma apel hijau
  3. Penuhi kebutuhan vitamin D
  4. Terapi magnetik
  5. Teknik pernapasan


1. Bermeditasi
Bermeditasi mempunyai efektivitas dalam meringankan nyeri tidak memberikan efek samping, meditasi juga dapat meningkatkan aktifitas otak yang bertugas untuk memetakan berbagai bentuk rasa nyeri yang diterima oleh otak dari sinyal saraf kepada berbagai bagian dalam tubuh.

2. Menghirup Aroma Apel Hijau
Menurut penelitian dari the smell & taste treatment and research foundation effek menghirup aroma apel hijau memberikan kontraksi otot yang terjadi di bagian kepala dan leher, sehingga memebrikan rasa melegakan dibagian kepala. aroma apel hijau juga dapat melawan kegelisahan juga.

3. Penuhi Kebutuhan Vitamin D
Ternyata kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan nyeri otot kronis. untuk memenuhi kebutuhan tersebut anda bisa mendapatkannya melalui makanan seperti ikan selain makanan juga anda bisa menggunakan sinar matahari pagi sebagai sumber terbesar vitamin D, taukah anda rata-rata setiap orang memerlukan  vitamin D sekitar 200 IU per hari.

4. Terapi Magnetik
Terapi Magnetik ini merupakan metode terbaru yang minim dengan resiko dengan menggunakan medan magnet yang bertujuan terapeutik (pengobatan). Medan magnetik alias terapi magnetik ini biasa digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah dan terapi maghetik ini diyakini mampu membatasi aliran darah ke area yang mengalami cidera.

5. Teknik Pernapasan
Ternyata dengan menarik napas dalam-dalam dapat membantu kita meringankan sakit kepala dan nyeri punggung. Teknik pernapasan dapat digunakan untuk meringankan pikiran hingga nyeri pada tubuh dapat dikurangi. Yang lebih menggembirakan, selain terapi ini mudah dilakukan setiap orang, terapi ini juga tidak memerlukan biaya apapun terkecuali anda sudah tidak bernapas. Untuk caranya ada bisa mencoba mengisi paru-paru anda dengan udara dari bawah hingga atas dengan mendorong perut anda kedalam, lalu dada anda terasa penuh dengan udara, tahan selama tiga sampai empat detik setelah itu hembuskan pelan pelan, saya saran kan untuk melakukan hal ini dipagi hari dikala udara masih sejuk dan belum terkontaminasi polusi.

Dan ada satu cara lagi yaitu menggunakan balsem pereda nyari otot. Balsem ini biasanya terasa panas dikulit dan jika digunakan berlebihan maka dapat merusak kulit. Jadi gunakan saja secukupnya. Itulah beberapa cara untuk meringankan nyeri otot. Semoga bermanfaat.


Penulis: Tia Nadia Ali
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.kesehatann.com


No comments:

Post a Comment