Tips Menguatkan Sinyal Ponsel



Tips Menguatkan Sinyal Ponsel
The image is Pixabay property

Ada saat dimana waktu sedang menelepon, mendadak koneksi telepon terputus. Setelah dicek, ternyata sinyal pada ponsel anda lemah. Seandainya hal ini terjadi, lihat kemampuan sinyal ponsel di sekitar lokasi Anda. Diantaranya dengan cara lihat bar sinyal pada ponsel Anda.


Tetapi, bar sinyal cuma sekadar salah satu tanda saja dan belum tentu akurat. Karena sampai sekarang ini tidak ada standard yang mengatur masalah jumlah bar sinyal pada suatu ponsel. Berarti bisa saja sinyal dua bar di ponsel brand A nyatanya lebih kuat dibanding dengan sinyal dua bar di ponsel brand B. Ada langkah lain untuk melihat kemampuan sinyal pada ponsel yang akan saya bahas berikut ini.

Cara Mengetahui Kemampuan Sinyal Ponsel

Apabila anda memakai ponsel dengan sistem operasi Android maka anda bisa coba cara ini. Pertama masuk ke Setting, Tentang Ponsel, kemudian pilih Status. Setelah itu kemampuan sinyal akan diperlihatkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Apabila anda memakai iPhone, bisa dengan cara menekan *3001#12345# pada dial pad. Anda akan dibawa masuk ke menu Field Test serta bar sinyal akan beralih jadi satuan decibel miliwatts (dBm).

Sinyal pada -100 dBm mengisyaratkan Anda memperoleh sinyal dengan kualitas yang buruk. Dan angka -70 dBm mengisyaratkan kualitas sinyal pada ponsel Anda sudah cukup baik.

Sesudah mengetahui cara untuk mengetahui kemampuan sinyal, silahkan coba beberapa langkah di bawah ini untuk menguatkan sinyal pada ponsel Anda.

Cara Menguatkan Sinyal Ponsel

1. Buat peta sinyal

Jika Anda berada didalam rumah, buat satu buah denah rumah dengan bentuk yang sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk lihat tanda kapabilitas sinyal.

Setelah itu berjalanlah dari satu titik ke titik lain didalam rumah untuk tahu berapakah kapabilitas sinyal yang anda peroleh disana. Tandai tiap-tiap titik di peta.

Lewat langkah demikianlah anda akan dengan mudah mendapatkan titik mana saja yang mempunyai sinyal kuat. Tiap kali Anda akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut maka suaranya jernih.

2. Airplane mode

Gunakan mode penerbangan (Airplane mode) selama tiga detik, selanjutnya kembalikan ke mode normal. Langkah tersebut akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang Anda pakai.

Diluar itu mungkin ponsel Anda akan tersambung ke pemancar sinyal yang tempatnya paling dekat dengan lokasi Anda. Dengan hal tersebut, sinyal yang dipancarkan serta yang di terima ponsel semakin lebih kuat, suara saat menelepon juga akan lebih jernih.

3. Buka jendela

Apabila ada didalam rumah merasa suara putus-putus saat Anda sedang menelepon, bukalah jendela dan berdirilah di dekatnya. Bila sedang didalam mobil, lakukanlah hal yang sama.

Dengan langkah tersebut, sinyal yang dipancarkan dari luar dapat di tangkap oleh ponsel tanpa ada mesti menembus penghalang. Terlebih bahan logam dalam body mobil termasuk juga bahan yang susah ditembus sinyal seluler.

4. Cek baterai ponsel

Bila SMS atau pesan lain yang anda kirimkan ternyata delay, coba lihat baterai ponsel Anda. Smartphone kebanyakan akan mengaplikasikan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit.

Mode ini mungkin akan memutus sementara koneksi ke jaringan operator ponsel, dikarenakan untuk pindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memanglah mengonsumsi banyak daya. Bila ternyata permasalahan sinyal pada ponsel dikarenakan hal ini, cukup charge saja ponsel anda maka masalah sinyal akan terpecahkan.

5. Dekati pemancar sinyal

Open Signal dapat memberikan koordinat tempat tower pemancar sinyal di sekitar anda. Pertama-tama, Anda harus men-download serta memasang aplikasi Open Signal di ponsel Android Anda. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecheck ada berapakah menara pemancar sinyal di sekitar lokasi Anda berada.

Apabila panggilan suara atau pegiriman SMS anda putus-putus, coba cari pemancar terdekat. Hal dapat membuat Anda memperoleh sinyal yang lebih kuat, serta otomatis koneksi ponsel akan terhubung ke satu pemancar tersebut.

Itulah beberapa cara untuk memperkuat sinyal ponsel. Semoga bermanfaat.


Penulis: Info Menarik
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.tipstrikteknologi.tk


No comments:

Post a Comment