Antibiotik, Kenali Efek Sampingnya



Antibiotik, Kenali Efek Sampingnya
The image is Pixabay property

Zat antibiotik keberadaannya sangat penting didalam dunia kesehatan. Zat antibiotik adalah salah satu senyawa yang bisa mencegah berbagai macam bakteri ataupun mikroorganisme yang sangat bahaya untuk tubuh kita. Antibiotik sendiri sering dimanfaatkan untuk pengobatan pada tubuh yang terkena infeksi. Umumnya adalah dengan menggunakan rekayasa genetik dan bioteknologi. Antibiotik perannya memang sangat dibutuhkan, namun jika penggunaannya berlebihan maka akan menimbulkan efek samping yang juga bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.


Untuk itu, meski antibiotik ini sangat penting, Anda tetap harus memperhatikan efek samping antibiotik untuk kesehatan agar tidak berakibat buruk untuk tubuh kita. Terutama bahaya penggunaan antibiotik dengan mengkonsumsi dalam waktu yang lama dan terus menerus akan menimbulkan efek samping yang bisa mengancam tubuh kita. Maka dari itu, di bawah ini saya akan sampaikan efek samping anti biotik untuk kesehatan.

1. Menyebabkan Infeksi

Antibiotik, jika penggunaannya salah dan berlebihan, ternyata bisa menimbulkan infeksi. Terutama bisa terjadi pada wanita, efek samping antibiotik bisa dan mudah sekali mengenai organ intim para wanita. Dan efeknya biasanya akan muncul gatal-gatal pada organ intim dan muncul cairan dari vagina. Selain itu juga akan menimbulkan keputihan yang tidak teratur.

2. Menimbulkan Gangguan Pencernaan Dan Alergi

Penggunaan antibiotik yang berlebihan juga bisa berakibat pada perut. Efek samping antibiotik ini bisa menimbulkan rasa nyeri, diare, kram dan bahkan juga mual-mual. Selain itu efek samping antibiotik yang buruk bisa menimbulkan alergi yang menahun. Efek samping antibiotik berupa alergi bisa menimbulkan pembengkakan pada mulut, tenggorokan dan juga bisa menimbulkan gatal-gatal yang parah.

3. Gangguan Fungsi Jantung

Antibiotik juga bisa mengakibatkan hal negatif yang lainnya. Efek samping antibiotik untuk kesehatan untuk jantung biasanya akan menimbulkan rasa berdebar-debar dab sakit kepala. Selain itu juga bisa menimbulkan masalah pada syaraf dan ginjal serta juga bisa menimbulkan munculnya penyakit kuning.

4. Menyebabkan Resistensi

Efek samping antibiotik selanjutnya adalah bisa mengakibatkan tubuh tidak mempan lagi dengan penggunaan antibiotik dikarenakan tubuh yang sudah kebal atau sering disebut dengan resistensi. Jika sudah terjadi hal demikian, maka akan diperlukan dosis antibiotik yang lebih tinggi lagi. Dan ini akan membuat kondisi kesehatan tubuh semakin berbahaya.

Selain efek samping antibiotik diatas, ada beberapa efek samping antibiotik yang bisa menimbulkan gangguan serius pada tubuh kita. Efek samping antibiotik yang fatal seperti gangguan fungsi hati, kerusakan sel otak, menurunnya sel darah putih tendon pecah, dan bahkan bisa menimbulkan kematian. Untuk itu, untuk meminimalisir bahaya penggunaan antibiotik ini adalah dengan cara harus disiplin dalam penggunaan antibiotik itu sendiri.

Selain disiplin, Anda juga jangan mudah menggunakan antibiotik jika terkena infeksi. Sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah dengan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter dalam menggunakan antibiotik. Hal ini ditujukan untuk menjaga badan Anda dari berbagai macam efek samping antibiotik yang mungkin saja timbul karena penggunaan antibiotik dalam waktu yang lama dan terus menerus. Jauh lebih baik jika Anda sendiri yang menangani infeksi penyakit Anda bisa menggunakan cara sederhana seperti dengan ramuan alami.

Semoga bermanfaat.


Penulis: Adinda Sofia
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.infomedika.info


No comments:

Post a Comment