Cara Memasang Keramik Pada Dinding dan Lantai Rumah



The image is Pixabay property

Berbagai kriteria diambil untuk menentukan type keramik lantai atau lebih terkenalnya marmer dengan kriteria desain dan arsitektur bangunan yang matang. Setelah anda bekerja keras menimbang, menyortir dan pada akhirnya memutuskan untuk memilih type marmer yang anda sukai dengan kriteria warna, pattern, kualitas marmer, waktu pengiriman hingga harga yang harus dibayar. Ini adalah pekerjaan yang sangat melelahkan, anda mempunyai ekspektasi yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Maka tiba pada langkah selanjutnya, yaitu memasang lantai marmer. 


Teknik pemasangan marmer yang tepat dan rapi akan menyempurnakan keindahan dan tingkat kepuasan yang tinggi. Maka langkah cara memasang marmer pada dinding dan lantai rumah yang baik menjadi poin akhir yang sangat penting. Berikut ini kami akan mengulas teknik dan cara memasang marmer pada dinding dan lantai rumah :

1. Memilih jasa pemasangan marmer yang profesional

Ditangan team ahli yang profesional, mereka sangat mengetahui karakteristik marmer dan cara memasang marmer pada dinding dan lantai rumah, sehingga mereka bisa menonjolkan sisi kelebihan dan meminimalisir sisi kekurangan dari material marmer. Mereka akan berkolaburasi dengan arsitek dan desainer interior untuk berorientasi kepada hasil yang baik dan tingkat kepuasan owner. Ditangan ahli pasang yang profesional, marmer dengan kualitas biasapun bisa terlihat rapi  dan indah. Jasa pemasangan marmer yang profesional bisa anda dapatkan melalui rekomendasi dari arsitek dan desainer interior yang anda percaya, tapi kebanyakan supplier marmer juga memilki team khusus untuk pemasangan marmer tersebut.

2. Preview sebelum pemasangan

Walaupun marmer telah melalui proses seleksi yang ketat pada saat pembelian, ada baiknya sebelum dipasang marmer terlebih dahulu digelar untuk proses setting, tujuannya untuk mendapatkan keserasian yang paling tinggi dalam hal gradasi warna, arah urat marmer dan mereduksi waste material dan kesalahan potong. Bila proses setting sudah selesai, marmer akan diberi coding sesuai susunan hasil setting tadi. Coding inilah yang nantinya akan menjadi referensi pemasangan. Kadang proses setting ini juga dilakukan dipabrik, sebelum material dikirim ke lokasi. Ini tergantung dengan perjanjian anda dengan supplier.

3. Persiapan lantai kerja

Lantai kerja sebaiknya di scred, dilevel dan harus dalam kondisi benar-benar kering. Hal ini untuk menghindari perambatan kelembaban dari alas lantai yang berlebihan terhadap marmer. Karakteristik marmer memiliki daya serap air yang cukup tinggi.

4. Metoda pemasangan marmer pada dinding dan lantai

Ada dua jenis metoda pemasangan marmer, yaitu metoda pemasangan system kering dan metoda pemasangan system basah.

Metoda pemasangan marmer system kering
Digunakan untuk aplikasi pemasangan marmer pada dinding. Karena dipasang secara vertikal diperlukan mounting yang kuat yang tujuannya untuk mengikat material dan menghindari marmer yang terlepas karena beban gravitasi dan beban berat material itu sendiri. Metoda ini menggunakan angkur besi sebagai pengikat antara marmer dan dinding. Karena tidak memakai bahan perekat adukan, metoda ini ini klaim lebih menghemat biaya.

Metoda pemasangan marmer system basah
Digunakan untu aplikasi pemasangan marmer pada lantai. Metoda ini menggunakan media adukan sebagai perekat antara marmer dan lantai. Seiring teknologi yang semakin berkembang adukan perekat marmer kini memiliki banyak pilihan. Bahan adukan perekat marmer bisa dengan mudah didapatkan di toko bahan bangunan, namun ada juga perekat marmer yang juga berfungsi sebagai sealant isolator perambatan kelembaban lantai. Setelah pemasangan selesai sebaiknya dikeringkan selama beberapa hari untuk membiarkan adukan perekat hingga benar-benar kering, setelah itu baru dilakukan pengisian nat lantai. 

Bahan pengisi nat lantai disesuaikan dengan warna dominan marmer. Ada beberapa alternatif material untuk pengisi nat yang ada dipasaran, yang umum dipakai adalah resin transparan yang dicampur dengan pigment warna yang sesuai dengan warna marmer. alternatif lain adalah mastic glue semisolid, sejenis pasta yang dicampur dengan pigment warna untuk penyesuaian warna marmer. Namun mastic glue relatif lebih mahal harganya dibandingkan resin transparan. Setelah proses pengisian nat selesai tunggu hingga beberapa hari untuk memastikan sambungan nat benar-benar kering.

5. Nat lantai marmer

Nat lantai adalah jarak atau gap antara bilah marmer. Nat lantai marmer berbeda dengan nat lantai keramik atau sejenisnya. Jarak nat lantai marmer sangat tipis berkisar 0.1 hingga 0.25 mm  sehingga hasilnya akan terlihat sepeti utuh tanpa sambungan. Sedangkan nat lantai keramik memiliki jarak lebih lebar.

6. Proses finishing lantai marmer

Setelah proses pemasangan marmer dan pengisian nat lantai selesai dan kondisinya sudah benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah proses finishing. Proses finishing lantai menggunakan mesin poles portable dengan beberapa tahap yaitu calibrating, coating dan polishing. Penjelasannya sebagai berikut :

Proses calibrating
Dengan menggunakan mesin poles dan menggunakan abrasive dengan urutan grain paling kasar hingga halus. Berfungsi untuk levelling lantai marmer, terutama pada bagian sambungan karena ada perbedaan tinggi, mengangkat sisa-sisa material penutup nat dan menghilangkan cacat-cacat goresan yang sering terjadi pada saat pengiriman, pemotongan dan pemasangan.

Proses Epoxy
Proses ini untuk menutup pori-pori dan retakan halus pada permukaan marmer, berfungsi untuk memaksimalkan kekilapan, menonjolkan karakter warna, menghilangkan atau menyamarkan spot sirap putih dan mengurangi daya serap marmer terhadap cairan. Material ini adalah sejenis material epoxy yang lebih encer sehingga mudah menyerap menutupi pori dan retakan halus permukaan marmer. Proses ini bisa saja dilewati tergantung kondisi marmer.

Proses polishing
Proses ini adalah tahapan akhir untuk mendapatkan permukaan lantai marmer yang mengkilap. Proses dimulai menggunakan mesin poles dengan abrasive grain hingga paling halus. Beberapa professional merekomendasikan kristalisasi untuk mendapatkan tingkat kekilapan yang maksimal.

Proses Coating permukaan
Proses laminasi permukaan lantai marmer dengan menggunakan cairan kimia sejenis impregnator, tujuannya supaya lantai marmer lebih kedap air dan memperpanjang efek kilap.

Langkah-langkah tersebut sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu dengan kontraktornya, karena setiap kontraktor bisa saja memiliki standar proses yang berbeda.

Demikian tips cara memasang marmer pada dinding dan lantai rumah, cara memasang, memoles disetiap operator mungkin saja berbeda-beda tergantung dari bahan yang digunakan.

Seiring perjalanan waktu adakalanya lantai marmer mengalami kerusakan, bisa jadi terkena noda tumpahan minuman, makanan, goresan hingga permukaan lantai marmer kesayangan anda terlihat buram, kusam dan kotor. Maka sudah waktunya dilakukan perawatan.

1. Perawatan lantai marmer
Proses polishing juga dilakukan untuk perawatan lantai marmer. Hanya prosesnya berbeda -beda tergantung dari seberapa rusak kondisi lantai marmer anda.

2. Perawatan ringan berkala
Cukup menggunakan mesin buffing dan tambahan polishing powder, untuk menghilangkan goresan halus dan buram hingga permukaan marmer kembali mengkilap seperti baru. Banyak sekali yang menawarkan jasa perawatan lantai marmer, dari artikel diatas anda bisa mempunyai gambaran secara umum tentang marmer.

3. Perawatan berat/restorasi lantai marmer
Pada kondisi ini, lantai marmer terlihat kusam, terdapat banyak goresan, noda dan pori-pori atau urat yang terbuka atau berlubang, maka diperlukan treatmen yang berbeda. Lantai marmer terlebih dahulu dikupas atau dikalibrasi, dilakukan repair dengan mengisi pori dan urat yang terbuka dengan pendempulan hingga coating dan pemolesan ulang. Maka setelah proses ini permukaan lantai marmer akan kembali seperti baru. Inilah salah satu kelebihan lantai menggunakan marmer, dapat direpair!

Apa yang harus dihindari?

Marmer adalah produk alam bagaimanapun juga sifat alamiah tentang kelebihan dan kelemahan marmer pasti ada. Kelebihan yang anda dapatkan adalah keindahan, keunikan, kemewahan dan nilai ekonomis yang tinggi untuk rumah anda. Kelebihan ini yang tak bisa tergantikan dengan material buatan. Namun ada juga sisi kelemahannya, marmer sangat rentan terhadap goresan dan noda, tapi hal ini bisa dihindari dengan langkah-langkah preventif sederhana. 

Resiko goresan bisa bersumber dari banyak hal, misalkan jika anda memeilihara binatang kesayangan seperti anjing atau kucing dirumah, sebaiknya kuku binatang peliharaan dipotong secara rutin. Kuku binatang peliharaan yang tajam dapat menggores permukaan lantai marmer. Ajarilah anak-anak anda agar tidak bermain sepeda atau sepatu roda di lantai marmer. Hindarilah pemakaian bahan kimia untuk lantai marmer anda untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Itulah artikel cara memasang keramik pada dinding dan lantai serta cara pemeliharaanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.


Penulis: Fathiah Utari
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.marmer-granit.com


1 comment:

  1. Bagus gan artikel nya sangat membantu untuk saya sebagai supplier batu alam marmer, granit dan bata expose.. terima kasih atas info nya dan semoga bisa bermanfaat untuk semua yang membaca nya...

    ReplyDelete