Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam



Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam
The image is Pixabay property

Sebagian besar orang menderita ketombe yang disebabkan karena penuaan kulit kering dari kulit kepala. Kadang-kadang menyebabkan gatal yang parah dan membahayakan kulit kepala. Dua jenis ketombe dapat terjadi pada kulit kepala yang kering dan berminyak. Jika  memiliki kulit kepala kering, maka akan menderita ketombe kering. Di sisi lain, jika  memiliki kulit kepala berminyak,  akan menderita ketombe berminyak. Terlalu banyak ketombe pada rambut  membuatnya jatuh pada pakaian  dan bahu dan bahkan mempengaruhi alis  dan bulu mata. Seringkali ketombe mempengaruhi kulit. Hal ini sangat memalukan ketika orang melihat ketombe yang jatuh pada pakaian. Jadi,  harus memperlakukannya dengan benar dan menyingkirkannya sesegera mungkin.


Penyebab ketombe pada kulit kepala adalah:

1. Masalah hormonal 
Perubahan kadar hormon dapat menyebabkan ketombe. Itulah sebabnya ketombe lebih umum terjadi di usia muda karena mereka mengalami banyak perubahan hormon selama proses tumbuh.

2. Kulit kepala terinfeksi 
Ketika kulit kepala terinfeksi, ketombe terikat akan terjadi. Jadi selalu menjaga kulit kepala  bersih dan sehat agar kulit kepala tidak terinfeksi.

3. Tidak membersihkan kulit kepala secara benar 
Jika kulit kepala  tidak bersih,  akan timbul ketombe. Jadi selalu menjaga kulit kepala bersih dengan menggunakan sampo ringan yang tidak membahayakan kulit dan rambut .

4. Stres dan Ketegangan 
Ini adalah alasan utama lain untuk terjadinya ketombe.

5. Sehat diet 
Diet yang tidak sehat membuat rambut kering dan kekurangan semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut. Akibatnya itu lebih rentan terhadap ketombe.

6. Menggunakan berbagai produk kosmetik
Harus menggunakan produk kosmetik yang cocok untuk kulit  dan hindari menggunakan berbagai kosmetik, karena beberapa dari mereka mungkin tidak sesuai dengan kulit  dan menyebabkan pembentukan ketombe.

Saat ini tidak sulit untuk mengobati ketombe  dan memiliki berbagai metode untuk pengobatan ketombe. Mendapatkan banyak shampoo ketombe anti dan minyak di pasar, tapi mereka memberikan  hanya bantuan sementara dari ketombe. Setelah berhenti menggunakan shampo, ketombe mulai muncul lagi. Jika  ingin menyingkirkan secara permanen. Salah satu pengobatan rumah untuk menyingkirkan ketombe adalah untuk mengobati kulit kepala  dengan garam.

Cara Cepat Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Garam

Metode 1:

Ambil garam meja dan masukkan ke dalam shaker garam dan kocok dengan baik pada kulit kepala sehingga garam jatuh pada kulit kepala. Setelah menaburkan garam, kemudian harus membasahi jari-jari  dan pijat kulit kepala  dengan baik dengan jari-jari basah.  Juga dapat meminta orang lain untuk memijat kulit kepala. Pijat kulit kepala secara terus-menerus selama sekitar 10 sampai 15 menit, sehingga serpihan kulit mati dihapus sepenuhnya dari kulit kepala. Setelah menyelesaikan memijat kulit kepala, mencuci rambut  dengan sampo ringan.  Juga dapat menggunakan sampo anti-ketombe yang baik. Setelah dicuci, rambut  harus dikeringkan dengan handuk bersih. Maka akan terlihat perbedaan yang nyata.

Metode 2:

Ambil panci dantuangkan air ke dalamnya. Hangatkan air dan kemudian tambahkan 3 sendok makan garam ke dalam air. Aduk dengan baik sehingga garam akan terlarut di dalamnya. Biarkan air hangat menjadi dingin dan mencapai suhu kamar. Kemudian bilas rambut  dengan air garam dan pijat kulit kepala dengan baik selama sekitar 5 sampai 8 menit. Selanjutnya sama dengan metode 1 yaitu cuci rambut dengan menggunakan shampo dan keringkan.

Manfaat Menggunakan Garam untuk Rambut yaitu;
  • Ketika  menggosok garam pada kulit kepala, serpihan kulit mati yang telah terbentuk pada kulit kepala  akan jatuh, membuat kulit kepala  bersih dan jelas.  Tidak perlu khawatir lagi tentang ketombe jatuh pada pakaian dan mendapatkan perhatikan oleh orang lain. Penggunaan garam ini mudah dilakukan dan juga sangat murah.
  • Keuntungan lain menggunakan garam adalah bahwa garam menyerap kelebihan minyak yang terbentuk pada kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala tidak berminyak dan dengan demikian pembentukan ketombe dicegah.
  • Ketika kulit kepala  basah dan memiliki kelembaban ekstra, hal itu akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada kulit kepala. Garam membantu dalam menghilangkan kelembaban ekstra dari kulit kepala sehingga mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Hal ini pada gilirannya mencegah pembentukan jamur juga.

Memijat kulit kepala  dengan garam sangat mudah dan juga tidak terlalu mahal. Jadi mulailah menggunakan garam untuk mengobati ketombe pada kulit kepala  dan pergi keluar percaya diri tanpa takut ketombe jatuh pada pakaian dan mendapatkan malu di depan orang-orang. Selain merawat rambut  dengan garam untuk menghilangkan ketombe,  juga ikuti tips berikut untuk menyingkirkan ketombe, yaitu: 
  • Pola makan yang sehat dan seimbang, termasuk Vitamin A, B dan E.
  • Harus menyertakan sayuran berdaun hijau, susu, telur dan ayam dalam diet.
  • Cobalah untuk menjauh dari stres dan ketegangan, ini adalah salah satu penyebab utama untuk pembentukan ketombe dan semua masalah kesehatan lainnya.
  • Cobalah untuk tidak bereksperimen dengan menggunakan berbagai produk rambut. Ini dapat merugikan kulit kepala dan rambut.
  • Satu hal penting untuk diingat adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe dengan kualitas yang baik untuk rambut.

Dengan mengikuti tips diatas dan merawat rambut  dengan garam  dapat menjaga ketombe dan memakai pakaian warna apapun termasuk hitam tanpa takut ketombe. Semoga bermanfaat.


Penulis: Siti Ainin
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.belajarsehat.com


No comments:

Post a Comment