Demensia, Tips Mengingat Nama Kenalan Baru Dengan Mudah



 Tips Mengingat Nama Kenalan Baru dengan Mudah
The image is Pixabay property

Berjumpa atau berkenalan dengan orang-orang baru adalah aktivitas yang sudah biasa kita lakukan. Namun pernahkah ketika anda selesai bersalaman dengan orang yang baru dikenal, sesaat setelah itu anda telah lupa siapa namanya. Sering kali juga kita berpapasan dengan orang lain yang menyapa anda, sementara anda sendiri lupa siapa orang yang menyapa tersebut. Jika anda seorang guru, pasti anda juga terkadang lupa siapa nama-nama murid anda. Saya akan share beberapa tips cara mudah mengingat nama dan wajah seseorang sebagai berikut :


1. Pastikan anda mendengar nama orang tersebut dengan jelas

Sering bertemu dengan orang-orang baru dan berkenalan tentunya menyenangkan, namun biasanya saat anda bertemu dengan orang tersebut dan bersalaman, anda hanya sekilas mendengar nama orang tersebut dan tidak jelas. Saat itu juga biasanya anda malas menanyakan kembali namanya yang jelas. Mulai sekarang dengarlah nama orang tersebut dengan jelas, jika tidak mendengar apa yang disebutkannya dengan jelas, tanyakan saja kembali namanya.

2. Gunakan nama orang yang baru dikenal tersebut pada awal-awal anda memulai percakapan

Mengulang kembali nama orang yang baru anda kenal pada awal-awal percakapan akan sangat membantu melekatkan nama tersebut di otak. Anda bisa memulai percakapan dengan menanyakan pertandingan sepak bola kemarin ataupun pekerjaannya dengan menyebutkan nama orang yang baru dikenal pada awal kalimat.

3. Menganggap orang baru tersebut  dengan mengingatkan anda dengan seseorang

Anda mungkin pernah merasa, A yang baru dikenal mirip dengan teman lama sewaktu SMA, B mirip dengan mantan pacar anda, C mirip artis atau nama D sama dengan nama adik anda. Gunakan cara ini untuk me-recall ingatan anda tentang nama orang yang berkenalan dengan anda. Suatu saat jika bertemu lagi, cara ini akan sangat membantu anda. Contoh nama yang baru anda kenal adalah Eko, anda dapat membayangkan wajahnya berganti dengan pelawak Eko Patrio.

4. Menghubungkan dengan aktifitas rutin atau pekerjaan yang bersangkutan

Ingat nama seseorang yang anda kenal lalu coba buat cerita atau hubungkan dengan pekerjaannya. Contoh nama orang tersebut Sally dan pekerjaannya sebagai sales. Setelah anda berkenalan dengannya coba hubungkan antara nama sally dan sales. Pertama anda ganti dulu nama sally dengan dengan sebuah kata atau benda dengan kesamaan bunyi, seperti sally anda ganti dengan “sale”, lalu anda bayangkan seorang sales menjual.

5. Hubungkan nama dengan wajahnya

Cara ini adalah menurut saya cara yang cukup ampuh, karena dengan metode ini, anda mampu mengingat wajah dan nama orang dengan cepat dalam jumlah yang banyak. Caranya adalah membayangkan suatu bagian wajah seseorang yang terlihat paling unik seperti jidad, hidung, telinga dan lainnya dengan nama orang tersebut yang telah anda ganti namanya dengan bunyian kata yang lebih familiar ataupun anda juga bisa menghubungkannya dengan postur tubuh, gaya bicara ataupun gaya jalan orang tersebut. Makin lucu ceritanya, makin mudah mengingatnya. Saya akan memberikan contoh yaitu selly mempunyai hiding yang mancung, Maka dalam ingatan saya, saya akan menanamkan Selly hidung mancung. Atau jika rambut orang tersebut berwarna Maka akan saya kaitkan seperti Billy rambut pirang.

Itulah artikel cara mengingat nama kenalan baru dengan mudah. Semoga bermanfaat.


Penulis: Faried
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://fariedrj.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment