Kanker Rahim, Mengenal Dan Cara Mencegahnya



Kanker Rahim, Mengenal Dan Cara Mencegahnya
The image is Pixabay property

Kanker rahim adalah penyakit yang paling ditakuti oleh semua wanita. Kanker rahim adalah pertumbuhan sel yang abnormal pada dinding rahim. Penyebab penyakit ini antara lain konsumsi makanan yang salah, kurang menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim dan masih banyak lagi yang lainnya. Kanker rahim biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala. Berikut beberapa gejala awal kanker rahim tersebut :


1. Sakit dan nyeri pada perut

Gejala awal kanker rahim yang paling sering dirasakan adalah rasa sakit pada perut dan disertai dengan rasa nyeri. Rasa sakit tersebut tidak dapat tertahankan, jadi saat mengalami kondisi tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter. Rasa sakit yang ditimbulkan dapat kapan saja terjadi. Rasa sakit tersebut disebabkan karena pertumbuhan sel kanker pada dinding rahim akan menekan syaraf, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Sebagai wanita, anda perlu mencari referensi yang banyak mengenai apa saja gejala awal kanker rahim yang lain. Referensi tersebut dapat anda peroleh melalui membaca buku, mencari di internet, konsultasi dengan dokter, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui informasi yang lebih lanjut, maka anda dapat menghindari apa saja yang menjadi penyebab dari kanker rahim.

2. Pendarahan

Pendarahan juga merupakan salah satu gejala awal kanker rahim. Pendarahan tersebut dapat terjadi akibat dari pertumbuhan sel kanker pada dinding rahim. Pertumbuhan sel kanker tersebut akan membuat gesekan pada dinding rahim, sehingga menimbulkan pendarahan. Apabila terjadi pendarahan sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi yang lebih lanjut.

Pendarahan yang terjadi adalah pendarahan di luar menstruasi. Siklus menstruasi dapat dihitung harinya dengan benar apabila anda memiliki siklus menstruasi normal, yaitu 28 hari. Untuk itu anda perlu menghitung siklus menstruasi agar dapat dihitung dengan baik.

3. Menopouse dini

Menopouse dini dapat terjadi pada seorang wanita sebelum waktunya. Menopouse dini juga menjadi gejala awal kanker rahim, jadi apabila siklus menstruasi Anda tidak lancar sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dengan pemeriksaan maka akan diketahui apa penyakit yang sedang terjadi. Menopouse terjadi dimana seorang wanita sudah tidak mengalami siklus menstruasi lagi. Menopouse biasanya terjadi pada seorang wanita dengan umur 40 tahun ke atas.

Menjaga kesehatan tubuh memang perlu dilakukan, khususnya untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker rahim. Kanker rahim adalah penyakit yang berbahaya, untuk itu kita perlu mencegah agar terhindar dari penyakit tersebut. Berikut cara mencegah kanker rahim yang bisa anda lakukan :

1. Konsumsi sayuran segar

Sayuran adalah makanan yang sangat sehat, ini karena sayuran mengandung berbagai vitamin serta mineral. Karena kandungannya tersebut sayuran dapat mencegah timbulnya kanker rahim. Sayuran juga mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Untuk itu dengan konsumsi sayuran yang banyak dapat mencegah kanker rahim. Sayuran yang dapat Anda pilih adalah tomat, bayam, dan brokoli. Pilihlah sayuran yang organik agar terhindar dari pestisida yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

2. Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral sehingga dapat mencegah timbulnya kanker rahim. Buah-buahan memang hasil dari alam yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mencegah kanker rahim. Buah-buahan yang dapat digunakan untuk mencegah kanker rahim antara lain buah naga, ekstrak kulit manggis, umbi buah bit, blueberry, dan buah lainnya yang kaya akan antioksidan. Anda dapat konsumsi buah-buahan tersebut dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, salad buah dan lain sebagainya.

3. Yogurt

Yogurt dapat digunakan untuk mencegah kanker rahim, selain itu yogurt dapat menguatkan tulang, dan menyehatkan organ pencernaan. Pilihlah yogurt yang alami atau yogurt yang belum ditambahkan dengan apapun. Konsumsilah yogurt 2 sampai 3 kali seminggu untuk pencegahan terhadap kanker rahim.

4. Olahraga teratur

Olahraga merupakan cara mencegah kanker rahim yang dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh melalui keringat. Olahraga memang sangat sehat untuk tubuh, bahkan olahraga sangat dibutuhkan tubuh dalam menjaga vitalitasnya. Olahraga yang dapat Anda lakukan seperti jogging, lari, berenang, yoga, dan olahraga lainnya. Olahraga lah secara teratur 2 kali seminggu agar tubuh tetap sehat.

5. Minum air putih yang banyak

Konsumsi air putih yang banyak juga merupakan salah satu cara mencegah kanker rahim yang bisa anda lakukan. Ini karena air putih dapat menjaga metabolisme tubuh. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari kanker rahim.

6. Menjaga kebersihan organ kewanitaan

Menjaga kebersihan juga merupakan hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker rahim, khususnya dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan. Cara menjaga kebersihan organ kewanitaan adalah pertama dengan mencuci bersih organ kewanitaan setelah buang air kecil ataupun buang air besar, selalu mengganti pakaian dalam minimal 2 kali sehari, dan pakailah sabun pembersih kewanitaan yang mengandung susu untuk menjaga pH kewanitaan.

Semoga informasi cara mencegah kanker rahim di atas dapat bermanfaat. Dan semoga sebagai wanita kita dapat terhindar dari kanker rahim. Selamat mencoba.


Penulis:  Dede Setiawan
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.bungdidont.com


No comments:

Post a Comment