Penyebab AC Mobil Tidak Dingin



Penyebab AC Mobil Tidak Dingin
The image is Pixabay property

Saat kita masuk ke dalam mobil, biasanya udara dalam mobil terasa panas, apalagi jika udara dilingkungan sekitar panas. Saat menyalakan AC mobil, kadang ada AC yang bekerja lambat, sehingga membutuhkan waktu yang agak lama untuk membuat udara didalam mobil menjadi sejuk. Dan ada pula AC yang rusak sehingga sama sekali tidak membuat udara sejuk.


Untuk melakukan perbaikan AC mobil yang tidak dingin, baiknya kita cermati terlebih dulu dibagian mana berlangsung rusaknya dalam komponen AC mobil itu. Terdapat banyak type rusaknya serta langkah menangani AC mobil tak dingin yang perlu Anda kenali seperti berikut :

1. AC Dalam Kondisi Hidup Namun Tak Dingin

Jika Anda menjumpai masalah yang seperti ini, umpamanya saja AC mobil dalam kondisi hidup namun masih tetap tak bekerja dengan harusnya. Penyebabnya AC tak dingin sendiri dapat dikarenakan oleh beragam jenis hal, seperti ada rusaknya pada kompresor sekring magnetic cludt penyumbatan pada filter dryer serta evaporator.

Mengenai langkah melakukan perbaikan AC Mobil tak dingin dengan masalah seperti ini, yakni dengan mengecek sisi sekring atau fuse, lalu check desakan sisi refrigerant atau pendingin apakah ada kebocoran. Bila berlangsung kebocoran, jadi Anda dapat tahu tempat kebocoran serta dapat memperbaikinya. Lalu Anda dapat lakukan vacuum lalu lebih oli, lantas isi lagi memakai refrigerant baru.

Terkecuali mengecek sisi refrigerant, Anda dapat mengecheck kompresor jika rusak jadi Anda dapat menggantinya atau memperbaikinya. Diluar itu, langkah menangani AC mobil tak dingin untuk masalah ini dapat lewat cara bersihkan kotoran pada evaporator.

2. Switch AC Dengan Keadaan ON, Blower Tak Hidup

Jika Anda menjumpai masalah switch AC ON namun blower tak hidup, jadi Anda dapat lakukan langkah melakukan perbaikan AC mobil tak dingin di siang hari dengan mengecek sisi komponen dari motor blower yang ada pada evaporator. Jika berlangsung rusaknya jadi Anda dapat melakukan perbaikan atau ganti sisi motor blower evaporator itu. Diluar itu, Anda dapat mengecek sisi aliran listrik di blower evaporator tadi. Jika berlangsung kabel yang putus atau switch blower rusak, mesti selekasnya memperbaikinya.

3. AC Mobil Yang Kurang Dingin

Jika AC mobil Anda kurang dingin saat dinyalakan jadi Anda dapat memprediksi pemicunya, seperti persoalan pada kondensor, thermostat, kondensor ataupun evaporator yang berlangsung kebocoran. Langkah menangani AC mobil tak dingin ini dapat lewat cara mengecek keadaan thermostat serta mengecek sisi stelat.

Apakah masihlah berperan terbaik atau mungkin tak. Jika tak berperan, jadi Anda dapat ganti sisi ini. Diluar itu, saksikan sisi kondensor apakah tertutup oleh benda lain atau mungkin tak. Hal semacam ini mungkin berlangsung lantaran benda lain seperti plastik dapat mengakibatkan kondensor tak optimal melepas kalor refrigant yang datang dari kompresor.

4. Tak Berperannya Kipas Kondensor

Jika berlangsung masalah kondensor AC pada mobil tak berperan seperti harusnya, jadi akan menyebabkan AC mobil jadi tak dingin. Hal semacam ini karena kalor yang dilepaskan oleh kondensor sendiri tak bekerja optimal. Mengenai langkah menangani AC mobil tak dingin pada masalah ini yaitu dengan mengecek sisi sekring, kabel, konektor elektrik blower, serta socket kabel.

Jika ada yang rusak jadi mesti selekasnya memperbaikinya. Anda dapat juga mengecek sisi relay pada motor kipas, bila ada rusaknya jadi Anda mesti ganti relay itu.

Itulah sebagian penyebab AC mobil tidak dingin dan cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat.


Penulis: Zanuri
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://zanuri.edublogs.org


No comments:

Post a Comment