Otak Kanan, Cara Mengaktifkan Dan Mengasahnya



Otak Kanan, Cara Mengaktifkan Dan Mengasahnya
The image is Pixabay property

Otak merupakan salah satu organ tubuh manusia. Otak dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kiri dan kanan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas otak kanan. Lalu, apa fungsi otak kanan? Peranan otak kanan dalam kehidupan sangatlah menakjubkan, menciptakan inovasi, kreatifitas, naluri, inutisi, daya cipta, dan masih banyak lagi.


Peranan logika pada otak kiri dalam membuat orang sukses hanya 5-10%, berbeda dengan imajinasi pada otak kanan yang dalam penelitian dapat membantu orang menjadi sukses sampai dengan 95%, bahkan terkadang melampaui batas yang telah dipikirkan, bukankah itu sangat luar biasa. Apakah anda berniat mengasah kinerja otak kanan? Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan.

1. Aktifkan Non-Dominan

Pernahkah anda bermain bulu tangkis, tangan mana yang anda gunakan untuk memegang raket? Jika biasanya menggunakan tangan kanan, maka berikan kesempatan tangan kiri untuk menggunakan raketnya. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kita harus terbiasa menggunakan tangan non-dominan untuk melakukan sesuatu, misalkan menulis, menyikat sepatu, menggosok gigi, dan masih banyak lagi. Jenis latihan ini dapat memperkuat hubungan syaraf bahkan menciptakan syaraf baru. 

2. Bermain Musik

Jelas anda sudah tahu dengan hal ini, musik adalah sebuah seni irama yang dapat mempengaruhi kinerja otak kanan. Misalkan jika anda sedang suntuk dengan pekerjaan, hanya dengan mendengarkan musik tubuh dapat bergerak dengan lebih cekatan bahkan menghilangkan rasa suntuk sebelumnya. Mengapa demikian? Ketika irama nada terdengar oleh telinga dan diterima oleh otak kanan, system syaraf menggugah semua tubuh untuk merasakannya. Hal ini mempengaruhi emosi dalam diri yang sedang dirasakan. Jadi sering-seringlah mendengarkan musik, atau lebih baik lagi bermainlah seperti bermain gitar, piano, atau alat-alat yang anda kuasai.

3. Menggambar atau Melukis

Menggambar merupakan gerakan membuat sesuatu yang dipikirkan menggunakan beberapa alat dan yang jelas otak kanan (imajinasi), bahkan bila itu mencontek gambar orang lain sekalipun. Ketika anda mulai memikirkan sesuatu, otak kanan akan terus membantu anda menggerakan jari tangan yang sedang menggambar, dengan begitu dapat disimpulakan bahwa “Ketika seseorang menggambar, otak kanan ikut bekerja (Aktif)“.

4. Berimajinasi (Melamun Sejenak)

Tahukah anda, sesuatu yang besar terwujud karena sebuah imajinasi. Jangan pernah katakan “Tidak mungkin” pada imajinasi anda, karena sudah banyak orang yang berhasil mewujudkan imajinasinya didunia nyata. Dengan berimajinasi, berarti kita memberikan kesempatan pada otak kanan untuk membuat sebuah gambaran fiktif yang mungkin “tidak masuk akal” namun sangat luar biasa. Terkadang imajinasi tersebut akan menggugah tubuh untuk mengerjakannya, disinilah letak kekuatannya. Namun, jangan terlalu lama nanti kesurupan.

5. Mengetik Dengan Sepuluh Jari

Apakah anda hobi menulis, misalnya membuat artikel pada sebuah blog? Tanpa anda sadari menggunakan sepuluh jari untuk mengetik pada keyboard ternyata dapat melatih otak kanan dan otak kiri sekalgus. Jika anda masih terbiasa dengan beberapa jari, latihlah jari-jari anda sampai semuanya dapat berfungsi dengan baik.

6. Bermain Game

Game yang saya maksud bukan bermain game pada sebuah aplikasi atau playstation, melainkan game yang biasa digunakan untuk melatih dan mengasah otak kanan manusia hanya dengan menggunakan kedua tangan bahkan beberapa jari saja. Game apakah tersebut, mari kita simak berikut ini:

a. Eight Game
Buatlah angka delapan dengan jari telunjuk tangan kanan dan kiri, namun harus diperhatikan gerakannya harus searah bukan berlawanan. Lakukan ini setiap hari selama minimal 2-5 menit.

b. Thumb Game
Acungkan jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, lalu rubahlah secara bersamaan menjadi kelingking tangan kiri dan jempol tangan kanan. Lakukan ini 2-5 menit setiap harinya.

c. Pattern Game
Gambarlah sesuatu dalam kertas kosong menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secara bersamaan, perhatikan arah saat menggambar haruslah sama. Lakukan 2-5 gambar setiap harinya.

d. Rotated Reading
Anda punya buku, pastinya punya kan. Baiklah sekarang ambil bukunya lalu balik posisi buku tersebut dan bacalah dari kanan ke kiri. Lakukan ini 2 menit saja dalam sehari.

Demikian beberapa cara mengaktifkan dan mengasah kinerja otak kanan, mungkin masih banyak cara yang dapat anda pelajari ditempat lain. Namun, cara diatas adalah cara yang paling ekfektif dan terbilang mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.


Penulis: TeoriDesain
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://teoridesain.com


1 comment:

  1. Mana nih yang suka nge-game kalian udah pada denger belum,ada game yang seru banget nih buat ngisi waktu luang kamu di saat libur sekolah atau kerja.
    Game nya buat kita greget karena begitu seru dan asyiik buat dimainin apalagi kini aplikasi MOJOPAHIT LEGENDS sudah ada di Google Play Store,tinggal download dan install sekarang.
    Jangan lupa download dan install aplikasi game terbaik namanya MOJOPAHIT LEGENDS...
    Enjoy guys buat mainin game terbaik di Handphone kamu...

    ReplyDelete