Obat Sariawan, Mudah Dan Cepat



Obat Sariawan, Mudah Dan Cepat
The image is Pixabay property

Stomatitis aphtosa atau sering dikenal dengan Sariawan merupakan suatu kelainan selaput lendir dalam mulut. Wujud kelainannya dapat berupa luka yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan, permukaan cekung dan menimbulkan sakit yang sangat pada beberapa orang. Penyebab sariawan diantaranya kurang menjaga kebersihan rongga mulut, kekurangan vitamin C dan zat besi serta faktor psikis. Penyebab-penyebab itulah yang harus dihindari ketika sariawan terjadi atau mencegah terjadinya sariawan. Selain menghindari penyebab tersebut, pengobatan yang sering dilakukan adalah dengan pemberian obat kimia untuk sariawan semisal golongan Nystatin. Namun adakah pengobatan alami yang dapat mengatasi sariawan dengan mudah?


Waspada Sariawan

Sariawan, selain mengganggu juga dapat menyebabkan penyakit mulut yang berbahaya, diantaranya Kanker Mulut. Hal tersebut dikarenakan infeksi yang berlanjut pada sariawan dapat menyebabkan gangguan kulit dan selaput lendir pada mulut, jika tidak diatasi dengan baik dan segera, maka sariawan akan merubah sifat dan perilaku kulit dan selaput lendir, sehingga meningkatkan resiko terjadinya Kanker mulut.

Cara Alami Bantu Obati Sariawan

Berikut cara alami yang dapat membantu mengobati sariawan dan mencegah timbulnya sariawan.

1. Madu dan Pisang

Madu merupakan bahan alami yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai macam penyakit. Pisang merupakan buah yang mengandung banyak vitamin dan sangat baik untuk menjaga vitalitas tubuh.

Caranya : 
Ambil Pisang kemudian diblender. Setelah itu campurkan madu. Oleskan hasil campuran tersebut pada sariawan yang ada. Ulangi 2-3 kali sehari tergantung beratnya sariawan yang timbul.

2. Kunyit

Kunyit biasa digunakan untuk bumbu masak. Mengkonsumsi masakan yang mengandung kunyit tentunya sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, ternyata kulit juga dapat digunakan untuk membantu mengobati sariawan yang timbul.

Caranya : 
Ambil kunyit, cuci bersih kemudian haluskan, campur kunyit dengan satu sendok teh gliserin, kemudian tumbuk atau blender. Oleskan pada bagian sariawan. Ulangi 2 kali sehari sampai kondisi sariawan membaik.

3. Air Kelapa

Kelapa memiliki banyak manfaat terutama buahnya. Buah kelapa selain dapat digunakan untuk bahan masakan, air kelapa sendiri dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan, misalnya sariawan.

Caranya : 
Konsumi air kelapa 1 gelas per hari untuk membantu penyembuhan sariawan. Air kelapa boleh dicampur dengan gula pasir atau gula merah sesuai selera Anda.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan masak. Khasiat bawang putih untuk kesehatan diantaranya menjaga kesehatan tubuh secara umum serta dapat dimanfaatkan untuk membantu pengobatan sariawan.

Caranya : 
Ambil bawang putih, potong tipis kemudian tempelkan potongan tersebut pada sariawan yang timbul. Lakukan minimal 2 kali sehari sampai kondisi sariawan membaik.

5. Pepaya

Siapa yang tidak suka buah yang satu ini. Pepaya umumnya menjadi salah satu buah favorit karena mudah didapatkan dan tinggi nya kandungan vitamin C serta antioksidan padanya.

Cara memanfaatkan buah pepaya ada 2 yaitu dengan konsumsi pada saat sariawan menyerang dan dengan memotong tipis kemudian menempelkan pada sariawan tersebut (seperti cara pada bawang putih).

Demikian cara mudah dan alami untuk mengobati sariawan. Umumnya cara tersebut dikombinasikan dan dilihat perkembangannya selama 3-5 hari, apabila dalam jangka waktu tersebut tidak ada perubahan atau bahkan sariawan bertambah berat, segera konsultasikan kepada Dokter terdekat Anda, mungkin ada faktor pemberat lain yang menyertai. Selain itu, jaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah timbulnya sariawan kembali. 

Semoga bermanfaat.


Penulis: Revolusi Ilmiah
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.revolusiilmiah.com


No comments:

Post a Comment