Pesona Payakumbuh, Dari Rumah Gadang Sampai Lembah Harau



The image is Pixabay property

Wisata Rumah Gadang Sungai Beringin Payakumbuh

Wisata Rumah Adat Minangkabau ini tidak hanya ada di daeraha Pagaruyung tetapi sobat juga bisa melihat Rumah Gadang di daerah Sungai Beringin Payakumbuh. Rumah Gadang yang diberi nama Rumah Gadang Sungai Beringin ini juga tidak jauh kalah dibandingkan dengan Rumah Gadang Istana Pagaruyuang yang ada di Batu Sangka.


Di Rumah Gadang Sungai Beringin ini kita juga bisa mengenal adat dari Minangkabau sendiri, tidak hanya Rumah Gadang saja tetapi disini juga ada yang berkaitan dengan Adat Minangkabau lainnya. Rumah Gadang peninggalan Pusoko yang sudah berdiri sejak lama ini sekarang telah menjadi tempat wisata yang dibuka untuk umum, dan untuk masuk ke tempat wisata Rumah Gadang Sungai Beringin ini tidak dipungut biaya yang terlalu besar.

Dan untuk anda yang sedang mencari tempat wisata yang unik dan asyik saya sarankan untuk datang ke Rumah Gadang Sungai Beringin ini, untuk menuju Rumah Gadang Sungai Beringin ini anda bisa menggunakan semua transportasi darat, sekitar 15 menit dari Kota Payakumbuh.

Dan untuk anda yang sedang mencari tempat untuk foto prewedding anda juga bisa menggunakan Rumah Gadang Sungai Beringin ini, tetapi tarif untuk orang yang ingin foto prewedding sedikit berbeda dengan pengunjung biasa dan begitu juga untuk anda yang ingin shooting film di Rumah Gadang Sungai Beringin ini. 

Saya rasa tarif tersebut termasuk murah yaa tidak terlalu mahal dan masih bersahabat dengan kantong. Untuk prewedding dikenakan Rp.100.000. Anda tidak akan rugi mengeluarkan uang segitu jika anda melakukan prewedding di Rumah Gadang Sungai Beringin ini, karena tempat ini sangat indah. Tidak hanya sampai disitu kita juga bisa masuk ke dalam Rumah Gadang dan melihat sendiri perabotan uniknya.

Rumah Barbie Di Kuranji Payakumbuh

Tentu anda tahu apa itu Barbie, Boneka yang sering dimainkan oleh anak perempuan diwaktu kecil, tidak hanya waktu kecil perempha  dewasa pun ada yang memainkan boneka barbie. Tetapi Rumah Barbie yang akan saya bahas kali ini bukanlah rumah boneka Barbie tetapi Rumah Manusia yang mirip dengan Rumah Boneka Barbie.

Rumah peninggalan belanda yang terletak di Daerah Kuranji Payakumbuh ini, sangatlah banyak diminati oleh para remaja, terutama remaja perempuan. Karena keunikan rumah peninggalan belanda yang mirip dengan rumah boneka barbie ini menjadi tempat untuk menghabiskan waktu di sore hari.

Rumah barbie berada di daerah kuranji sekitar 15 menit dari kota payakumbuh dan satu hal yang harus anda tahu, untuk menikmati Rumah Barbie ini tidak di pungut biaya sepersen pun alias gratiiis.

Lembah Harau Adalah Surganya Air Terjun

Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota ini memang sangatlah indah dengan pemandangan tebing yang curam ini, tidak hanya dengan pemandangan tebing yang indah, Lembah Harau juga menyajikan kita dengan pemandangan air terjun yang indah. Di Lembah Harau Terdapat beberapa air terjun yang sangat indah dan harus kita kunjungi. Salah satunya yang baru ditemukan belum lama ini yaitu Air Terjun Sarasah Donat.

Dan bagi anda yang suka traveling sangat saya sarankan untuk mengunjungi Lembah Harau. Karena Lembah Harau adalah salah satu lembah terindah di Indonesia, dan saya yakin anda tidak akan kecewa ketika sobat pergi ke Lembah Harau. Untuk menuju Lembah Harau tidaklah sulit, karena semua transportasi bisa digunakan untuk menuju lembah harau dari transportasi umum sampai dengan transportasi pribadi bisa anda gunakan.

Seperti yang saya katakan sebelumnya di Lembah Harau kita tidak hanya dapat menikmati pemandangan tebing yang indah tetapi kita juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah, dan berikut ini adalah daftar air terjun yang terdapat di Lembah Harau.
  • Air Terjun Akar Berayun
  • Air Terjun Sarasa Bunta
  • Air Terjun Sarasa Murai
  • Air Terjun Sarasa Luluih
Dan terakhir yang belum lama ditemukan yaitu Air Terjun Sarasah Donat.

Saya rasa Lembah Harau ini juga bisa dikatakan surganya air terjun. Setiap air terjun di Lembah Harau diatas memiliki pesona dan keunikan yang berbeda. Apalagi Air Terjun Sarasah Donat, yang memiliki pemandangan yang sangat jauh berbeda, bahkan tidak hanya di lembah harau, saya rasa air terjun sarasah donat ini tidak ada di daerah lainya, dari namanya saja kita sudah mengetahui bentuk unik air terjun sarasah donat, yaiĆ„u air terjun yang bulat seperti donat. 

Dari sini anda bisa melanjutkan perjalanan untuk melihat indahnya pemandangan Kelok 9 yang ada di lima puluh kota, dan Panorama Selat Malaka yang menyajikan kita betapa indahnya pemandangan yang hijau. 

Itulah pesona Payakumbuh, banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Semoga bermanfaat.


Penulis: Blogyoiko
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.blogyoiko.com


No comments:

Post a Comment