Manfaat Lain Kopi



Manfaat Lain Kopi
The image is Pixabay property

Kopi merupakan salah satu hasil alam Indonesia yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Biji kopi ada yang berwarna hitam, kecoklatan, dan agak putih. Kopi merupakan jenis biji-bijian yang memiliki berbagai macam fungsi dan manfaat. Yang paling umum adalah sebagai minuman. Masyarakat Indonesia maupun dunia juga telah mengenal minuman kopi sejak jaman nenek moyang.


Selain untuk dijadikan minuman, kopi juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit. Berawal dari coba-coba akhirnya menjadi kebiasaan yaitu luluran menggunakan bubuk kopi sachet (tanpa gula) yang dijual dipasaran. Kalau lulur kopi, lulur aroma kopi sudah umum ya, dan harganya juga bervariasi, mulai dari yang murah sampai mahal. Namun, luluran memakai bubuk kopi sachet yang biasa kita minun? Why not, harganya sangat murah, cukup dengan seribu atau dua ribu sudah bisa luluran kopi.

Saat luluran menggunakan bubuk kopi, bagaikan scrub alami memijat kulit dan merelaksasi saraf, aroma kopinya menenangkan pikiran. Malah kadang beberapa merek kopi sachet berisi kopi campur jagung, baunya membuat suasana hati menjadi menyenangkan. Cara untuk luluran drngan bubuk kopi sachet, tidak perlu membayangkan luluran ala salon kecantikan atau spa, cukup dilakukan pada saat mandi saja. Luangkan sedikit waktu, dengan cara:
  • Basuh badan anda dengan air
  • Tuangkan bubuk kopi ke telapak tangan, lalu usapkan ke bagian tubuh anda yang ingin dilulur secara merata
  • Pijat dengan lembut kulit badan anda
  • Setelah dirasa cukup, bilas sampai bersih dengan menggunakan air
  • Bilas dengan sabun dan ratakan ke seluruh tubuh
  • Terakhir bilas sampai bersih dengan menggunakan air

Setelah luluran, rasakan kulit anda. Kulit akan terasa halus dan lebih bersih. 

Manfaat kopi yang lain yaitu kopi sebagai penetral segala aroma atau bau. Aroma kopi yang kuat dan menenangkan mampu menetralisir aroma lain walaupun tidak bertahan lama.

1. Penetral Aroma Parfum

Pernahkah melihat kopi di toko parfum? Biasanya toko parfum menyediakan kopi. Bukan untuk diseduh dan diminum, tapi kopi berfungsi sebagai penetral aroma parfum.

Indra penciuman manusia ada batasnya, dan ketika sedang mencium berbagai macam aroma yang berbeda-beda, penciuman bisa menjadi fals. Ketika penciuman menjadi fals, maka kebingungan dalam memilih aroma parfum pun muncul. Ada perasaan yang timbul bahwa semua aroma parfum menjadi sama. Peran kopi disini sebagai penetral aroma parfum agar penciuman tidak menjadi fals.

2. Penetral Aroma Dapur

Dapur adalah tempat bau-bauan berkumpul. Berbagai macam aroma bumbu menyengat, minyak, dan bisa juga sampah. Letakkan bubuk atau biji kopi di wadah terbuka dan menempatkannya di sekitar dapur membuat aroma dapur tadi menjadi samar.

3. Penetral Aroma Kamar Mandi

Syukurlah jika kamar mandi anda tidak bau sama sekali. Tapi apa bisa? biasanya sebersih-bersihnya kamar mandi tetap  saja berbau khas kamar mandi kan. Cara untuk mengurangi bau kamar mandi yaitu dengan meletakkan kopi di area kamar mandi.

4. Menyamarkan Aroma Bangkai

Pernah merasakan di rumah bau bangkai? biasanya kalau ada tikus atau hewan yang lain mati di sekitar rumah kita. Ini hanya bersifat sementara sampai bangkai ketemu dan kita buang. Tempatkan kopi di beberapa titik rumah untuk mengurangi baunya.

5. Penetral Aroma Apek Udara di Kamar

Jika kamar anda menggunakan AC dan ketika masuk kamar posisi AC mati, tercium aroma-aroma samar apek atau aroma yang tidak dapat dijelaskan. Kopi pun bisa berfungsi menyamarkan aroma itu, sekaligus bisa menjadi aroma terapi yang ditempatkan di kamar tidur anda.

6. Mobil Bau Apek? Coba Kurangi Baunya Dengan Kopi

Kasusnya mirip kamar. Bagi sebagian orang, aroma mobil ketika pertama kali dinyalakan akan tercium aroma-aroma aneh yang mengganggu, bahkan ada beberapa orang yang langsung mual saat masuk mobil. Bagi sebagian orang, aroma pewangi mobil menyebabkan pusing. Maka tempatkanlah kopi dalam mobil untuk mengurangi bau yang tidak sedap.

Demikianlah artikel manfaat lain dari kopi. Semoga bermanfaat.


Penulis: Irfan Ro
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.irfanro.com


No comments:

Post a Comment