Teluk Love Jember, Cinta Dengan Pemandangannya

The image is Pixabay property

Sudah pernah ke Teluk Love? Atau malah baru mendengar sekarang nih, Teluk Love, dimana itu? Teluk Love terletak di Pantai Payangan Jember. Saya juga baru beberapa bulan lalu tahu keberadaan Teluk Love ini. Tahu dari beberapa teman yang mengajak pergipedia ke sana, namum sayangnya saat itu saya tidak bisa ikut. Melihat foto-foto teman saya di Teluk Love, saya jadi penasaran.

Pantai Payangan Jember

Teluk Love berjarak sekitar 200 meter ujung timur Di Pantai Payangan. Dinamakan Teluk Love karena penampakannya yang menyerupai love (bentuk hati) jika dilihat dari atas. Karena itu kita harus naik dulu ke bukit yang ada disana, namanya bukit domba. Dinamakan bukit domba karena banyak kambing dan domba  masyarakat yang berkeliaran di bukit itu, tapi sekarang jarang ada domba disana.

Bukit domba ini juga mendapat julukan lain yaitu bukit cinta, karena indahnya Teluk yang berbentuk hati (lambang cinta) banyak pasangan yang pergi ke sana dan menyatakan cinta di atas bukit. Akhir bulan lalu saya mengunjungi tempat wisata ini. Tak hanyaPantai Payangan yang ada teluk love, disana juga ada Pantai Papuma dan Watu Ulo.

Mengunjungi 3 tempat indah dalam sehari, memang kelelahan, tapi sepadan dengan keindahannya.  Tujuan pertama adalah Teluk Love di Pantai Payangan. Dari pusat kota Jember ke Teluk Love, membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Menuju ke bagian Selatan, arah Ambulu. Sampe perempatan ambulu, ambil lurus dan sampai ketemu pertigaan,  Jika belok kekanan menuju Pantai Papuma. Ambil lurus aja untuk sampai di Pantai Payangan. Pantai Payangan ini pasirnya berwarna hitam, berbeda dengan Pantai Papuma yang pasirnya putih.

Melihat bukitnya dari kejauhan, saja mudah indah. Dan harus naik bukit dulu supaya bisa lihat pantai yang berbentuk lambang cinta itu. Sebelum naik ke bukit, bayar tiket Masuk yaitu Rp 5000,-. Menaiki bukit cukup mudah dilakukan, hanya tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada. Bisa lewat kiri atau kanan. Pemandangan teluk Love lebih bagus dari arah kanan. Saat menaiki bukit, bawalah air mineral, karena cukup mengatasinya tenaga.

Bila sudah kelelahan, sebaiknya berhenti beberapa kali, duduk sebentar istirahat, lalu lakukan peralatan. Jalanan setapak naik atau turun kadang agak curam, hati-hati tergelincir. Di bukit domba ini terdapat juga Goa Jepang, anda bisa mampir ke sini dulu sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah sampai dipuncak bukit, terlihat pantai sudah berbentuk love yang menawan hati. Sangat indah.

Melihat keindahan pantai di bawah sana, hilang rasanya segala kelelahan kami mendaki bukit ini. Jangan lupa untuk diabadikan. Setelah selesai foto-foto, saya kemudian turun. Tak perlu waktu lama untuk menuruni bukit ini. Saya turun melalui arah kiri. Memang jarak ke arah kiri lebih pendek daripada ke arah kanan. Jarak kiri bisa dibilang jaraknya hanya seperempat jarak kanan. Akan tetapi, jika lewat kiri harus sangat hati-hati, karena jalanan setapak yang dilalui lebih curam.

Setelah berlelah-lelah hiking, bisa makan ikan bakar dan minum es degan yang menyegarkan. Banyak warung di sekitaran pantai itu, tinggal pilih aja. Saat kami ke Teluk Love ini, waktu awal puasa, warung makan yang ada disana tutup semua, kecuali satu warung aja, tempat kami numpang duduk melepas lelah.

Ibu pemilik warung yang ramah menawari ikan bakar, jadi kami memutuskan makan siang disana. Nikmat sekali makan ikan bakar dengan sambel, lalapan dan minum es degan. Harganya juga tidak mahal, sekitar Rp 230.000 untuk makan sebanyak 10 orang. Sepertinya cuma kami pengunjung pantai saat itu, mungkin karena masih awal puasa, jadi sepi.

Bagi yang sudah biasa jalan kaki, atau yang suka naik gunung, perjalanan ini belum seberapa dibanding naik gunung. Jika ingin naik ke Bukit Domba untuk melihat Teluk Love, ada beberapa hal yang mungkin bisa dipersiapkan :
  • Saat awal naik tangga, ada jalur kanan dan kiri. Oleh petugas akan diarahkan ke jalur kanan untuk memutari bukit dan sampai ke Teluk Love, persiapkan stamina. Jika ingin lebih cepat sampai dan menghemat tenaga, ambil langsung jalur kiri. Tapi mungkin dilarang petugas penjaga karena jalanannya lebih curam.
  • Ke teluk love lebih baik di pagi hari, jika siang akan panas sekali. Sore hari bisa menjadi pilihan juga, bisa melihat sunset di Teluk Love, tapi jangan malam-malam, karena tidak ada penerangan atau lampu disepanjang perjalanan.
  • Bawa topi dan pake lotion yang mengandung tabir surya supaya kulit tidak terbakar matahari.
  • Pakai sepatu yang nyaman untuk jalan, supaya tidak lecet.
  • Lebih amannya ke Teluk Love ini jangan waktu musim penghujan, karena jalanan licin.
  • Boleh bawa tongkat/kayu untuk membantu saat jalanan naik/turun tajam.
  • Bawa air minum saat mendaki bukit. Jika lupa bawa, bisa beli dulu di tempat bayar tiket masuk. Per botol kemasan sedang harganya Rp 3000,-.
  • Sekedar saran, lebih baik tidak membawa anak kecil, karena perjalanan cukup berat.
  • Lebih asyik pergi rame-rame bersama keluarga atau teman, tapi jika mau pergi berdua saja bersama pasangan bisa lebih romantis.

Selamat menikmati indahnya Teluk Love, Pantai Payangan Jember!

Penulis: Lianny
Lihat artikel menarik lainnya dalam http://www.liannyhendrawati.com

1 comment:

1. Pantai ini terletak dibalik bukit dan dibawah karena merupakan pertemuan muara sungai dengan laut. Pantai cocok untuk anak Muda yang ingin menikmati suasana pantai yang beda dari pantai pada umumnya. Namun untuk mencapai titik (Love) nya, anda harus berjalan menaiki bukit selama kurang lebih 20-30 menit dari pintu masuk. Saran saya siapkan energi yang prima dan gunakan sandal atau sepatu gunung karena ketika hujan, sangat licin sekali.